Sriwijaya Air Stop Rute Solo-Makassar
Sriwijaya Air (JIBI/Bisnis Indonesia/Andi Rambe)

Rute Solo-Makassar untuk sementara ditutup.

Solopos.com, SOLO —- Maskapai penerbangan Sriwijaya Air menutup sementara rute penerbangan Solo-Makassar. Penutupan rute penerbangan ke Indonesia bagian timur itu sudah dilakukan sejak pertengahan Januari lalu.

Manajemen maskapai akan mengubah jadwal penerbangan ke Makassar yang selama ini dinilai terlalu malam, yakni pukul 19.20 WIB dari Bandara Adi Soemarmo Solo.

District Manager Sriwijaya Air Solo, Taufik Sabar, menyampaikan pasar untuk wilayah Indonesia timur cukup potensial. Selama melayani rute Solo-Makassar dan sebaliknya sejak 20 Desember 2017 hingga pertengahan Januari lalu, rata-rata load factor pesawat mencapai 70%.

“Jadi selama kami buka rute itu, rata-rata tingkat keterisiannya bisa mencapai 70%. Namun, karena terlalu malam, kami tidak bisa memaksimalkan load factor itu, salah satunya kami tidak ambil penumpang untuk tujuan Ujung Pandang termasuk Papua,” kata Taufik, Jumat (16/2/2018).

Untuk penerbangan ke arah timur, paling ideal berangkat dari Bandara Adi Soemarmo Solo pukul 17.00 WIB. “Jadwal ini yang sedang kami usulkan. Kalau berangkat pukul 17.00 WIB, sampai sana [Makassar] pukul 20.00 WIB, kami kira masih cukup sore bagi penumpang yang akan melanjutkan perjalanan selanjutnya.”

Taufik berharap rute Solo-Makassar segera dibuka lagi, namun pihak maskapai masih harus mengurus kembali perizinan kaitannya dengan slot time. “Kalau Februari ini kemungkinan belum bisa karena kami harus urus kembali izin slot time-nya. Paling cepat Maret mendatang, semoga sudah bisa buka lagi,” tutur Taufik.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho