Srimulat hingga Jokowi, 7 Film Ini Juga Berlokasi Syuting di Solo Lho

Sedikitnya ada tujuh film layar lebar yang melakukan pengambilan gambar atau syuting di Kota Solo, termasuk film tentang Srimulat dan Jokowi.

 Barikade terpasang untuk menutup akses menuju Pasar Gede, Solo, yang tengah dipakai untuk film layar lebar Srimulat: Hil yang Mustahal, Minggu (12/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Barikade terpasang untuk menutup akses menuju Pasar Gede, Solo, yang tengah dipakai untuk film layar lebar Srimulat: Hil yang Mustahal, Minggu (12/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo kerap menjadi lokasi pengambilan gambar atau syuting film layar lebar. Sejumlah film yang dibintangi aktor dan aktris top nasional menjadikan Solo sebagai latar tempat.

Terbaru, Solo menjadi lokasi syuting film komedi romantis bikinan PIM Pictures berjudul Nagih Janji Cinta. Produksi film ini mendapat dukungan penuh dari Pemkot Solo melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

Selain dibintangi artis top Tanah Air, film ini juga menggunakan artis atau warga lokal Solo dan sekitarnya untuk memerankan beberapa karakternya. Open casting sudah dimulai untuk mencari tujuh pemeran karakter dari kalangan warga Solo, Sabtu (14/1/2022), di Solo Paragon Mall.

Baca Juga: Film Nagih Janji Cinta, Ini 7 Karakter yang Diperankan Artis Lokal Solo

Sebelum Nagih Janji Cinta, Solopos.com mencatat ada tujuh film layar lebar yang mengambil gambar atau syuting dengan latar tempat Kota Solo. Berikut daftarnya:

1. Miracle: Jatuh Dari Surga

Miracle: Jatuh dari Surga adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 3 Desember 2015. Film ini dibintangi Darius Sinathrya, Naomi Ivo, serta Anneke Jodi. Disutradarai Wisnu Adi, dengan produser Ichwan Persada.

2. Tania

Tania adalah film drama Indonesia tahun 2014. Film ini dibintangi oleh Ferly Putra, Dianeersky, Afdhal Yusman, dan Wulan Guritno. Disutradarai Agung Ns Nanda, dengan produser M Reza Kacawijaya

Baca Juga: Syuting di Solo, Film Nagih Janji Cinta Buka Casting Pemain Lokal Lho

3. Yowis Ben 3

Film berikutnya yang syuting di Solo ini bergenre drama-komedi Indonesia tahun 2021 dan disutradarai Fajar Nugros bersama Bayu Skak. Film ini dibintangi Bayu Skak, Joshua Suherman, Brandon Salim, dan Tutus Thomson.

Serial ketiga ini menceritakan kisah grup musik Yowis Ben yang terancam kehilangan salah satu personel dan manajernya di tengah ketenaran grup musik tersebut. Yowis Ben 3 rilis di bioskop Indonesia pada 25 November 2021

4. Finding Srimulat

Finding Srimulat adalah film drama komedi Indonesia yang dirilis pada 11 April 2013. Film ini disutradarai Charles Gozali dan dibintangi Reza Rahadian dan Rianti Cartwright. Film tentang perjalanan menemukan Srimulat ini juga didukung sejumlah pemain Srimulat asli seperti Mamiek Prakoso, Djujuk Djuariah, dan Gogon.

Baca Juga: Legenda Bulu Tangkis asal Solo Pulang Kampung, Mampir ke Kafe Ini

5. Srimulat: Hil yang Mustahal

Film biografi bergenre komedi ini disutradarai Fajar Nugros. Film kerja sama IDN Pictures dengan MNC Pictures ini dibintangi Bio One, Elang El Gibran, Dimas Anggara, Ibnu Jamil, Teuku Rifnu Wikana, Erick Estrada, Zulfa Maharani, Morgan Oey, Rukman Rosadi, dan Erika Carlina. Proses syuting dimulai pada 11 Desember 2021 dan ditargetkan tayang pada tahun 2022.

6. Sobat Ambyar

Film pertama mendiang Didi Kempot yang dibalut dalam genre komedi romantis ini juga berlokasi syuting di Solo. Film ini diproduksi pada 2021 oleh sutradara Charles Gozali dan Bagus Bramanti. Film ini diangkat berdasarkan perjalanan karier Didi Kempot berkarya hingga dikenal sebagai maestro campursari.

Cerita film diambil dari sudut pandang Sobat Ambyar dengan menampilkan perjalanan seseorang yang sangat mengidolakan Didi Kempot. Sobat Ambyar tayang perdana di Netflix pada 14 Januari 2021.

Baca Juga: Berjaya di Solo Era 1980-An, Apa Kabar Teater Gapit, Ruang, dan Tera?

7. Jokowi The Movie

Drama biografi yang diproduksi tahun 2013. Film ini dibintangi oleh Teuku Rifnu Wikana dan Prisia Nasution. Film dirilis pada Kamis, (20/6/2013) untuk menyambut hari ulang tahun Jokowi ke-52. Bersamaan dengan perayaan ulang tahun Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang ke-486 , Sabtu (22/6/2013).

Berita Terkait

Berita Terkini

Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di Asale Sumur Songo Cepogo Boyolali

Dari jalan, plang nama Situs Sumur Songo terlihat cukup jelas namun warnanya sudah mulai memudar.

Ahli Strategi, Putut Gunawan Pernah Pimpin Pemenangan Jokowi-Rudy

Putut Gunawan punya sederet prestasi mentereng, salah satunya pernah memimpin tim pemenangan pasangan Jokowi-Rudy sebagai cawali-cawawali Solo dalam Pilkada 2010.

Nelayan Tepian Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Sewakan Perahu untuk Wisata

Nelayan di tepian Waduk Gajah Mungkur, tepatnya dekat Pasar Sapi Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah menyediakan daya tarik wisata baru, yakni perahu wisata.

Obituari Putut Gunawan: Salah Satu Penggagas Musrenbang

Politkus senior PDIP Solo, Putut Gunawan, menjadi salah satu penggagas lahirnya musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) yang kini diadopsi di semua daerah.

Anak Bawah Umur di Tanon Sragen Diduga Diperkosa Hingga Hamil

Kasus dugaan pemerkosaan terhadap anak di bawah umur dan penyandang disabilitas mental hingga korban hamil terjadi di Desa Jono, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Dinas Pertanian Klaten Gagas Pengadaan Drone Penyemprot Hama

Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten memiliki rencana untuk membeli drone pertanian meski belum jelas kapan.

9 Kasus Omicron Terdeteksi di Jateng, di Solo Ada?

Sembilan kasus Covid-19 varian Covid-19 di Jawa Tengah salah satunya ada di Sukoharjo. Sementara di Kota Solo belum ditemukan.

Putut Gunawan Sumber Ilmu hingga Katalog Hidup Kuliner Soloraya

Sejumlah kolega di DPRD Sragen menyebut Putut Gunawan adalah sosok yang berpengalaman dan katalog kuliner. Politikus PDIP dan Ketua Komisi IV DPRD Kota Solo itu meninggal Sabtu (22/1/2022).

Belum Sebulan, Warga Laweyan Solo Dua Kali Terendam Banjir

Belum genap sebulan, warga Kelurahan Pajang, Laweyan, Kota Solo, dua kali diterjang banjir luapan Kali Jenes. Banjir terbaru dinilai lebih parah kondisinya ketimbang sebelumnya.

DLH Sukoharjo Belum Punya Data Terbaru Soal Ruang Terbuka Hijau

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo mengaku hanya memiliki data soal luasan ruang terbuka hijau (RTH) hasil pendataan 2017.

Pariwisata Solo Butuh Atraksi dan Inovasi

Asita Jogja memberikan masukan perihal pariwisata Kota Solo yang masih membutuhkan atraksi dan inovasi agar wisatawan lebih lama berkunjung di Kota Solo.

Soal Komentar Paundrakarna, Lilik: Biar Saja, Enggak Perlu Ditanggapi

Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, K.R.M.T. Lilik Priarso Tirtodiningrat, mengaku tak memiliki wewenang untuk mengomentari pernyataan GPH Paundrakarna soal Suksesi Mangkunegaran.

Bus Sekolah Gratis Wonogiri Beroperasi Lagi Pekan Depan, Ini Rutenya

Layanan Bus Sekolah tersebut baru dioperasikan kembali karena Dishub Kabupaten Wonogiri perlu menyiapkan hal-hal administratif terlebih dahulu.

Karanganyar Bakal Punya Training Camp untuk Atlet Paralympic

Karanganyar dipilih menjadi lokasi pembangunan traning camp atlet Paralympic oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

BPBD Sukoharjo Waspadai Banjir Susulan, Siagakan 70 Personel

BPBD Sukoharjo mewaspadai banjir susulan menyusul masih tingginya potensi curah hujan. Mereka menyiagakan 70 personel yang ditempatkan di masing-masing pos.