SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua dari kiri), Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi (kedua dari kanan), dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kanan) menghadiri Sosialisasi Kebijakan Amnesti Pajak di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (9/8/2016) malam. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Sri Mulyani memprediksi ekonomi Indonesia akan menjadi kekuatan terbesar ke-7 dunia pada 2030.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memproyeksikan Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi ketujuh terbesar dunia pada 2030 karena sekarang mulai diperhitungkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Indonesia diproyeksikan menjadi negara terbesar ke-7 di dunia pada 2030. Indonesia dianggap sebagai negara yang cukup diperhitungkan,” ujar Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Rabu (24/8/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Akan tetapi, dia memberi catatan bahwa peluang itu bisa diraih kalau pemerintah mampu mengelola perekonomian nasional dengan baik. Menurutnya, sebagai negara dengan sumber daya alam yang melimpah, peluang untuk menjadi motor penggerak ekonomi dunia bisa terwujud.

Apalagi, ujarnya, Indonesia juga didukung dengan bonus demografi yang relatif besar. Bahkan apabila dibandingkan dengan negara ekonomi terbesar kedua, Tiongkok, tingkat populasi di Indonesia jauh lebih memberikan kontribusi terhadap perekonomian global.

“Walaupun Tiongkok saat ini kekuatan ekonomi terbesar kedua, prospeknya akan sangat menantang, karena dihadapkan pada kondisi demografi yang menua. Ini yang menyebabkan Tiongkok mengalihkan ekonominya ke sektor yang high value added,” ujarnya .

Untuk itu, ujarnya, perencanaan kebijakan yang matang haruslah menjadi prioritas pemerintah ke depan. Menkeu mengatakan, meskipun berpeluang menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar, bukan berarti jalan untuk menuju ke arah sana lebih mudah.

“Pemerintah terus melakukan upaya untuk membuat potensi negara ini terealisasi. Tapi kami juga menghadapi berbagai tantangan,” ujar Sri Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya