SOLOPOS.COM - Gedung DPRD Karanganyar. (Google Map)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Karanganyar mulai menyiapkan Sri Hartono sebagai anggota DPRD pergantian antarwaktu (PAW).

Sri Hartono akan mengisi kekosongan kursi Rohadi Widodo yang meninggal dunia pada 24 Januari lalu. Rohadi Widodo yang duduk sebagai Wakil Ketua DPRD ini meninggal karena sakit leukimia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua DPD PKS Karanganyar, Anwar Susilo, mengatakan penggantian sebagai anggota DPRD periode 2019-2024 ini dilakukan melalui mekanisme pergantian antarwaktu (PAW). Proses PAW tersebut mulai dilakukan pembahasan di internal partai.

Pihaknya juga telah melakukan konsultasi kepada Sekretaris DPRD Karanganyar perihal berbagai persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan PAW.

“Sedang proses untuk pengajuan PAW ke DPRD. Saat ini masih dibahas di internal dulu,” katanya kepada Solopos.com, Senin (6/2/2023).

Selanjutnya, DPD PKS akan meminta rekomendasi ke DPP PKS. DPP kemudian akan mengeluarkan surat rekomendasi atau persetujuan dilakukan PAW.

Dijelaskannya, almarhum Rohadi Widodo terpilih sebagai anggota DPRD Karanganyar periode 2019-2024. Almarhum berasal dari daerah pemilihan (Dapil) I yang meliputi Kecamatan Karanganyar Kota, Mojogedang dan Matesih dengan perolehan lebih dari 6.000 suara.

Sedangkan urutan kedua ditempati Sri Hartono dengan perolehan lebih dari 2.500 suara. Secara otomatis Sri Hartono akan menggantikan kursi Rohadi Widodo karena berada di urutan kedua perolehan suara terbanyak.

Apabila seluruh proses dilalui dan memenuhi persyaratan, akan diajukan ke Setwan untuk pelantikan.

“Prosesnya masih lama. Kami juga masih menghormati almarhum. Apalagi saat ini pihak keluarga juga masih berkabung atas meninggalnya almarhum,” katanya.

Terkait posisi wakil ketua DPRD Karanganyar yang ditinggalkan Rohadi Widodo, dia mengatakan masih dibahas lebih lanjut dengan internal partai. Empat anggota DPRD dari PKS masing-masing Muh. Syamsul Bahri, Darwanto, Andri Budiono dan Suwarjo berpeluang menduduki kursi Wakil Ketua DPRD.

“Nanti akan kami ajukan dua nama ke DPP. Siapa yang ditunjuk itulah menjadi wakil ketua Dewan,” katanya.

Diketahui dalam pemilu legislatif 2019 lalu, PKS Karanganyar memperoleh 5 kursi serta menempatkan satu wakilnya yakni almarhum Rohadi Widodo sebagai wakil ketua DPRD Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya