SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

AKSI LEAK-- Sosiawan Leak (kedua kiri) bersama kelompok musik Atisejati membawakan puisi saat tampil di Balai Soedjatmoko, Jl Slamet Riyadi, Solo, Rabu (16/11/2011) malam. (dok Solopos)

SOLO–Zaman sekarang, teater tak lagi hanya dianggap sebagai media hiburan pun kritik sosial. Keberadaan seni peran ini mulai berkembang sebagai sarana menggali kreativitas, apresiasi dan solidaritas siswa sekolah. Hal itu terbukti dengan banyaknya ekstrakulikuler teater yang tumbuh di lingkup SMA.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Merespons perkembangan ini, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Teater Institut Seni Indonesia (ISI) Solo mengajak generasi SMA untuk maju bersama. Dalam ajang bertajuk Srawung Teater Ing Solo yang dihelat Senin-Kamis (26-29/12/2011), dramawan-dramawan muda dikumpulkan untuk mengasah talenta.

Ekspedisi Mudik 2024

Dipaparkan Ketua panitia, Ade Kristiawan, acara tersebut akan menyajikan workshop dan pementasan teater bagi siswa SMA. Pihaknya mengundang tiga perwakilan siswa dari 14 kelompok teater SMA dari Solo dan Karanganyar untuk menimba ilmu bersama dramawan senior seperti Hanindawan, Sosiawan Leak dan Gigok Anurogo.

“Akhir-akhir ini, sangat jarang ada kegiatan yang melibatkan pegiat teater lintas generasi. Adanya Srawung Teater diharapkan mampu mewadahi interaksi dan transfer ilmu lintas generasi,” ujarnya saat ditemui di Warung Makan Mbak Trini, Pasarnongko, Senin (26/12/2011).

Di kesempatan itu, pihaknya mengundang Teater Jejak ISI Solo, Kelompok Lantai Dua, Teater Gidag-Gidig dan Teater Surakarta (Tera) untuk menyuguhkan aksinya.

Berikut  agenda pentas Srawung Teater Ing Solo:

27 Des 2011, mulai pukul 19.00 WIB
Korban karya Putu Wijaya
(teater Jejak) std. Damar Tri A
De Lipa karya Hanindawan
( kelompok Lantai Dua ) Std. Retno Sayekti Lawu

28 Des 2011 mulai pukul 19.30 WIB
Dramatic Reading
Perempuan dari Masa Lalu Judul asli : Die Frau von Fruher – Karya Roland Schimmelpfenning (Jerman) – Terjamahan : Dewi Noviami
( teater Gidag Gidig) Std: Hanindawan
– Monolog Sarung karya Sosiawan Leak
Std. Sosiawan Leak

29 Des 2011 mulai pukul 19.30 WIB
don’t cry kumbakarno Karya : Muchus B.R.
(Teater Surakarta “TERA” ) Sutradara : M. Gigok Anurogo

(m99)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya