Tutup Iklan -->
Sragen University Expo Hadirkan Informasi 61 Kampus di Satu Lokasi
Sejumlah pelajar mengunjungi Sragen University Expo yang digelar di Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS) Jumat (25/1/2019). (Solopos-Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN – Hujan cukup lebat mengguyur kawasan Kota Sragen, Jumat (25/1/2019) siang. Jalanan mulai becek oleh genangan air. Namun, hal itu tidak menyurutkan para pelajar SMA untuk datang ke Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS), tempat diselenggarakannya Sragen University Expo.

Sambil menenteng sejumlah brosur, Aziz Wahyu Alfansyah, 17, berkeling dari satu stan ke stan lainnya. Siswa Kelas XII SMK Bina Wiyata Sragen itu punya keinginan melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Hal itulah yang mendasarinya datang ke acara Sragen University Expo.

“Program keahlian di sekolah saya itu Teknik Mesin. Jadi, inginnya berkuliah di kampus yang ada jurusan Teknik Mesin. Ada banyak kampus yang memiliki jurusan ini. Tapi, saya masih bingung mau pilih mana. Kemungkinan di UNS [Universitas Sebelas Maret] yang jaraknya lebih dekat dengan Sragen,” jelasnya saat berbincang dengan Solopos.com di lokasi.

Berbeda dengan Aziz, Mursyid, siswa Kelas XII MAN 1 Sragen punya keinginan kuliah di Jurusan Ilmu Tasawuf di perguruan tinggi Islam. Ia membidik UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai destinasi tempat menuntut ilmu berikutnya setelah lulus sekolah.

“Menurut saya, Jurusan Ilmu Tasawuf yang unggulan itu ya di UIN Sunan Ampel. Saya belum berminat di kampus Islam lain. Ini datang ke sini ya dalam rangka mencari informasi seputar Jurusan Ilmu Tasawuf di UIN Sunan Ampel,” terang Mursyid.

Mursyid dan Aziz merupakan satu dari ratusan siswa yang mendatangi Sragen University Expo. Kegiatan ini digelar oleh Keluarga Mahasiswa Sragen (KMS) yang meliputi enam regional yakni Soloraya, DIY, Jabodetabek, Semarang, Jawa Timur (Jatim) dan Sragen. Mereka berasal dari 61 perguruan tinggi negeri maupun swasta dari enam regional tersebut. Mereka membuka 61 stan yang melayani jasa informasi terkait kampus masing-masing.

“Sasaran kegiatan ini adalah pelajar Kelas XII SMA/SMK/MA. Tujuannya untuk memperkenalkan sekaligus menyosialisasikan jurusan, kegiatan mahasiswa, prestasi kampus dan lain-lain. Harapannya, mereka bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan setelah lulus sekolah,” terang Korlap Sie Acara Wildan Mushoffa saat ditemui di lokasi.

Selain stan yang diisi 61 kampus, terdapat stan yang menyajikan aneka jajanan atau kerajinan tangan yang berada di sebelah selatan Gedung SMS. Digelar pula lomba mural, baca puisi, parade band, lomba fotografi dan videografi dan lain sebagainya.

Pada Sabtu (26/1/2019) siang, digelar acara inti yakni talkshow yang menghadirkan pembicara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, CEO Buka Lapak Achmad Zaky dan petani buah naga sukses Gun Sutopo. “Pada Sabtu malam, pengunjung akan dihibur dengan pentas seni dan fashion show persembahan mahasiswa anggota KMS di tiap regional,” jelas Wildan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho