Tutup Iklan

Sragen University Expo Hadirkan Informasi 61 Kampus di Satu Lokasi

Sragen University Expo digelar oleh Keluarga Mahasiswa Sragen (KMS) yang meliputi enam regional yakni Soloraya, DIY, Jabodetabek, Semarang, Jawa Timur (Jatim) dan Sragen. Mereka berasal dari 61 perguruan tinggi negeri maupun swasta dari enam regional tersebut.

Sragen University Expo Hadirkan Informasi 61 Kampus di Satu Lokasi

SOLOPOS.COM - Sejumlah pelajar mengunjungi Sragen University Expo yang digelar di Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS) Jumat (25/1/2019). (Solopos-Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN – Hujan cukup lebat mengguyur kawasan Kota Sragen, Jumat (25/1/2019) siang. Jalanan mulai becek oleh genangan air. Namun, hal itu tidak menyurutkan para pelajar SMA untuk datang ke Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS), tempat diselenggarakannya Sragen University Expo.

Sambil menenteng sejumlah brosur, Aziz Wahyu Alfansyah, 17, berkeling dari satu stan ke stan lainnya. Siswa Kelas XII SMK Bina Wiyata Sragen itu punya keinginan melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Hal itulah yang mendasarinya datang ke acara Sragen University Expo.

“Program keahlian di sekolah saya itu Teknik Mesin. Jadi, inginnya berkuliah di kampus yang ada jurusan Teknik Mesin. Ada banyak kampus yang memiliki jurusan ini. Tapi, saya masih bingung mau pilih mana. Kemungkinan di UNS [Universitas Sebelas Maret] yang jaraknya lebih dekat dengan Sragen,” jelasnya saat berbincang dengan Solopos.com di lokasi.

Berbeda dengan Aziz, Mursyid, siswa Kelas XII MAN 1 Sragen punya keinginan kuliah di Jurusan Ilmu Tasawuf di perguruan tinggi Islam. Ia membidik UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai destinasi tempat menuntut ilmu berikutnya setelah lulus sekolah.

“Menurut saya, Jurusan Ilmu Tasawuf yang unggulan itu ya di UIN Sunan Ampel. Saya belum berminat di kampus Islam lain. Ini datang ke sini ya dalam rangka mencari informasi seputar Jurusan Ilmu Tasawuf di UIN Sunan Ampel,” terang Mursyid.

Mursyid dan Aziz merupakan satu dari ratusan siswa yang mendatangi Sragen University Expo. Kegiatan ini digelar oleh Keluarga Mahasiswa Sragen (KMS) yang meliputi enam regional yakni Soloraya, DIY, Jabodetabek, Semarang, Jawa Timur (Jatim) dan Sragen. Mereka berasal dari 61 perguruan tinggi negeri maupun swasta dari enam regional tersebut. Mereka membuka 61 stan yang melayani jasa informasi terkait kampus masing-masing.

“Sasaran kegiatan ini adalah pelajar Kelas XII SMA/SMK/MA. Tujuannya untuk memperkenalkan sekaligus menyosialisasikan jurusan, kegiatan mahasiswa, prestasi kampus dan lain-lain. Harapannya, mereka bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan setelah lulus sekolah,” terang Korlap Sie Acara Wildan Mushoffa saat ditemui di lokasi.

Selain stan yang diisi 61 kampus, terdapat stan yang menyajikan aneka jajanan atau kerajinan tangan yang berada di sebelah selatan Gedung SMS. Digelar pula lomba mural, baca puisi, parade band, lomba fotografi dan videografi dan lain sebagainya.

Pada Sabtu (26/1/2019) siang, digelar acara inti yakni talkshow yang menghadirkan pembicara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, CEO Buka Lapak Achmad Zaky dan petani buah naga sukses Gun Sutopo. “Pada Sabtu malam, pengunjung akan dihibur dengan pentas seni dan fashion show persembahan mahasiswa anggota KMS di tiap regional,” jelas Wildan.

Berita Terkait

Berita Terkini

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Pencurian Toko Ponsel di Madiun Terekam CCTV, Pelaku Kenakan Masker

Aksi pencurian terekam dalam CCTV atau kamera pengintai yang terpasang di dalam toko ponsel Majuhardware, Caruban, Kabupaten Madiun.