Sragen PPKM Level 3, Pemeriksaan Vaksinasi dan Swab Test Digencarkan

Pelaku perjalanan yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan langsung dibawa ke tempat isolasi terpadu di Tehcnopark atau Kragilan Sragen.

 Tim gabungan memeriksa surat kelengkapan pengguna jalan yang terjaring penyekatan di jembatan timbang Toyogo, Sambungmacan, Sragen, Sabtu (15/5/2021). (Espos/Moh. Khodiq Duhri)

SOLOPOS.COM - Tim gabungan memeriksa surat kelengkapan pengguna jalan yang terjaring penyekatan di jembatan timbang Toyogo, Sambungmacan, Sragen, Sabtu (15/5/2021). (Espos/Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN — Pemeriksaan ketat dokumen vaksinasi dan tes swab akan kembali dilakukan tim gabungan di Sragen saat PPKM level 3 diberlakukan pada 24 Desember 2021-2 Januari 2022. Sasarannya adalah pelaku perjalanan yang melintas wilayah Bumi Sukowati tersebut.

Pemeriksaan akan dilakukan oleh aparat Polres bersama Pemkab dan Kodim Sragen. Bila ditemukan ada warga yang positif Covid-19 maka langsung digiring ke ke tempat isolasi terpusat (isoter) di Technopark Sragen maupun di Isoter Kragilan, Gemolong, Sragen.

PromosiPeningkatan Ekspor Kopi Bisa Dimulai Dari Penanganan Masalah di Petani

Warga Sragen juga dilarang menggelar pesta, pawai, konvoi, atau arak-arakan yang menimbulkan potensi kerumunan menjelang Tahun Baru. Peraturan Daerah (Perda) tentang Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 akan diberlakukan secara efektif.

Baca Juga: Jelang Momen Nataru, Bupati Sragen: Jangan Abai Prokes!

Poin-poin tersebut menjadi kesepakatan bersama dalam rapat koordinasi lintas sektor untuk menentukan langkah-langkah dalam PPKM level 3 di Ruang Sukowati Sekretariat Daerah (Setda) Sragen. Rapat yang berlangsung hanya 37 menit tersebut dipimpin Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

“Ya, rapatnya hemat, efektif, dan efisien, jadi cepat. Penekannya pada pengondisian wilayah Sragen agar tidak terjadi kerumunan dan potensi yang menimbulkan lonjakan kasus Covid-19. Upaya yang dilakukan dengan penegakan Perda tentang Prokes Covid-19 oleh Satpol PP [Satuan Polisi Pamong Praja],” jelas Yuni, sapaan Bupati, saat ditemui wartawan seusai rapat.

“Bagi pelaku perjalanan yang mudik saat Nataru [Natal dan Tahun Baru] sudah disepakati untuk dilakukan pemeriksaan di exit tol dan diberi stiker sehingga kapan datang dan pulang bisa terdeteksi,” tambahnya.

Baca Juga: Ikut Vaksinasi, Warga Guworejo Sragen Ini Dapat Hadiah Motor Baru

Yuni menerangkan dalam pemeriksaan itu bila menemukan pelaku perjalanan belum swab antigen maka langsung swab antigen di tempat. Demikian pula, bila menemukan pelaku perjalanan belum vaksin, kata Yuni, harus divaksin hari itu juga di lokasi pemeriksaan.

“Lampu di Alun-alun Sragen juga dimatikan mulai 30 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 karena Alun-alun sering dipakai sebagai tempat nongkrong,” jelasnya.

Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi, menambahkan dalam rapat tadi disepakati ada empat tempat check point. Yakni di rest area tol 519 A dan 519 B, exit tol Pungkruk, dan exit tol Toyogo Sambungmacan. Pemeriksaan di check point itu meliputi pemeriksaan dokumen vaksinasi, hasil swab antigen.

Baca Juga: 3.065 Guru Honorer di Sragen Berebut 807 Formasi PPPK

“Selain itu, kami meminta kepada polsek dan kecamatan melakukan pendataan pemudik atau pelaku perjalanan di wilayah masing-masing dengan mengecek kelengkapan kesehatannya. Di tingkat desa/kelurahan itu yang diefektifkan,” ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Bikin Deg-degan, Damkar Wonogiri Tangkap Ular Sanca di Permukiman Warga

Petugas Damkar Wonogiri membantu warga mengevakuasi ular sanca jenis Pythonidae yang masuk ke pekarangan rumah warga di Pokoh Kidul, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri pada Kamis (19/5/2022).

Kenapa Jalan Solo-Boyolali Kerap Terjadi Kecelakaan?

Kira-kira kenapa jalan di Solo-Boyolali kerap terjadi kecelakaan, bahkan ada korban yang meninggal dunia?

Bupati Karanganyar: Pilih Pengurus PGRI yang Rajin!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meminta Konferensi Kerja tahun ke-2 Kabupaten (Konkerkab) Karanganyar PGRI untuk memilih pengurus yang rajin.

Disdik Kota Solo Izinkan Kantin Sekolah Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah tidak melarang kantin sekolah membuka usahanya selama pembelajaran Tatap Muka (PTM) saat ini.

KPU Sukoharjo Bocorkan Cara Memelihara Data Pemilih, Begini Lo...

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyampaikan beberapa cara memutakhirkan atau memperbarui Daftar Pemilih Tetap (DPT), salah satunya untuk mempersiapkan Pemilu 2024.

Simak! Inilah Daftar SMK Negeri di Kabupaten Boyolali

Berikut daftar SMK Negeri yang tersebar di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pemkab Wonogiri Berniat Hentikan PTM Terbatas, Lo... Kenapa?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berniat menghentikan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Catat Gaes, Ini Daftar Lengkap SMA Negeri di Boyolali

Inilah daftar SMA Negeri di Kabupaten Boyolali.

Terbaru! Laka Kereta Kelinci di Andong Boyolali, Begini Kondisi Sopir

Sopir kereta kelinci yang terlibat kecelakaan maut di wilayah Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Rabu (11/5/2022) belum dapat dimintai keterangan karena masih sakit.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik di Sukoharjo Hari Ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sukoharjo, Jawa Tengah, pada hari ini, Jumat, 20 Mei 2022.

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.