Sragen PPKM Level 3, Pemeriksaan Vaksinasi dan Swab Test Digencarkan

Pelaku perjalanan yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan langsung dibawa ke tempat isolasi terpadu di Tehcnopark atau Kragilan Sragen.

 Tim gabungan memeriksa surat kelengkapan pengguna jalan yang terjaring penyekatan di jembatan timbang Toyogo, Sambungmacan, Sragen, Sabtu (15/5/2021). (Espos/Moh. Khodiq Duhri)

SOLOPOS.COM - Tim gabungan memeriksa surat kelengkapan pengguna jalan yang terjaring penyekatan di jembatan timbang Toyogo, Sambungmacan, Sragen, Sabtu (15/5/2021). (Espos/Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN — Pemeriksaan ketat dokumen vaksinasi dan tes swab akan kembali dilakukan tim gabungan di Sragen saat PPKM level 3 diberlakukan pada 24 Desember 2021-2 Januari 2022. Sasarannya adalah pelaku perjalanan yang melintas wilayah Bumi Sukowati tersebut.

Pemeriksaan akan dilakukan oleh aparat Polres bersama Pemkab dan Kodim Sragen. Bila ditemukan ada warga yang positif Covid-19 maka langsung digiring ke ke tempat isolasi terpusat (isoter) di Technopark Sragen maupun di Isoter Kragilan, Gemolong, Sragen.

Warga Sragen juga dilarang menggelar pesta, pawai, konvoi, atau arak-arakan yang menimbulkan potensi kerumunan menjelang Tahun Baru. Peraturan Daerah (Perda) tentang Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 akan diberlakukan secara efektif.

Baca Juga: Jelang Momen Nataru, Bupati Sragen: Jangan Abai Prokes!

Poin-poin tersebut menjadi kesepakatan bersama dalam rapat koordinasi lintas sektor untuk menentukan langkah-langkah dalam PPKM level 3 di Ruang Sukowati Sekretariat Daerah (Setda) Sragen. Rapat yang berlangsung hanya 37 menit tersebut dipimpin Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

“Ya, rapatnya hemat, efektif, dan efisien, jadi cepat. Penekannya pada pengondisian wilayah Sragen agar tidak terjadi kerumunan dan potensi yang menimbulkan lonjakan kasus Covid-19. Upaya yang dilakukan dengan penegakan Perda tentang Prokes Covid-19 oleh Satpol PP [Satuan Polisi Pamong Praja],” jelas Yuni, sapaan Bupati, saat ditemui wartawan seusai rapat.

“Bagi pelaku perjalanan yang mudik saat Nataru [Natal dan Tahun Baru] sudah disepakati untuk dilakukan pemeriksaan di exit tol dan diberi stiker sehingga kapan datang dan pulang bisa terdeteksi,” tambahnya.

Baca Juga: Ikut Vaksinasi, Warga Guworejo Sragen Ini Dapat Hadiah Motor Baru

Yuni menerangkan dalam pemeriksaan itu bila menemukan pelaku perjalanan belum swab antigen maka langsung swab antigen di tempat. Demikian pula, bila menemukan pelaku perjalanan belum vaksin, kata Yuni, harus divaksin hari itu juga di lokasi pemeriksaan.

“Lampu di Alun-alun Sragen juga dimatikan mulai 30 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 karena Alun-alun sering dipakai sebagai tempat nongkrong,” jelasnya.

Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi, menambahkan dalam rapat tadi disepakati ada empat tempat check point. Yakni di rest area tol 519 A dan 519 B, exit tol Pungkruk, dan exit tol Toyogo Sambungmacan. Pemeriksaan di check point itu meliputi pemeriksaan dokumen vaksinasi, hasil swab antigen.

Baca Juga: 3.065 Guru Honorer di Sragen Berebut 807 Formasi PPPK

“Selain itu, kami meminta kepada polsek dan kecamatan melakukan pendataan pemudik atau pelaku perjalanan di wilayah masing-masing dengan mengecek kelengkapan kesehatannya. Di tingkat desa/kelurahan itu yang diefektifkan,” ujarnya.

Berita Terkait

Espos Plus

Volume Kubah Lava Merapi Bertambah 400 Bak Truk/Hari

+ PLUS Volume Kubah Lava Merapi Bertambah 400 Bak Truk/Hari

Aktivitas erupsi efusif Gunung Merapi membentuk kubah lava yang salah satunya di bagian barat daya dengan volume mencapai 1.670.000 m3. dan pada bagian tengah mencapai 3.007.000 m3.

Berita Terkini

Atasi Kekeringan Sekitar WKO Sragen, Komunitas Gelar Aksi Tanam Pohon

Butuh upaya kolaborasi penanaman pohon untuk mengatasi kekeringan pada musim kemarau di sekitar sumber air di Desa Gilirejo Baru, Kecamatan Miri, Sragen.

Gerdu Wonogiri Longsor, Warga Langsung Gelar Kerja Bakti

Kerja bakti dilakukan oleh warga di lingkungan Gerdu serta petugas dari BPBD Kabupaten Wonogiri dan Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri.

+ PLUS Volume Kubah Lava Merapi Bertambah 400 Bak Truk/Hari

Aktivitas erupsi efusif Gunung Merapi membentuk kubah lava yang salah satunya di bagian barat daya dengan volume mencapai 1.670.000 m3. dan pada bagian tengah mencapai 3.007.000 m3.

Mau Naik BRT Trans Jateng Solo-Sragen? Ini Daftar Lengkap 76 Haltenya

BRT Trans Jateng Solo-Sragen berjalan dari Terminal Tirtonadi Solo sampai Terminal Sumberlawang, Sragen, melewati 76 titik pemberhentian atau halte.

Wah, Bank Sampah RW 008 Purwosari Solo Kurangi 2 Ton Sampah per Bulan

Pengelolaan bank sampah di RW 008 Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan, Solo, mampu mengurangi volume sampah hingga dua ton dalam sebulan.

Ndayu Park Sragen Punya Atraksi Baru Lho, Keliling Naik Skuter Listrik

Pengunjung taman Ndayu Park Sragen kini bisa menikmati atraksi baru yakni keliling taman naik skuter listrik yang bisa disewa di lokasi.

Takut Bingung, Pedagang Pasar Legi Solo sampai Keluar Jemput Pelanggan

Para pedagang Pasar Legi Solo sampai rela keluar menjemput pelanggan yang sudah janji mau datang karena takut si pelanggan bingung menemukan lokasi lapak mereka di bangunan baru.

Down For Life Dedikasikan Lagu Terbaru untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Down For Life (DFL) mempersembahkan lagu terbaru berjudul Children of Eden untuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK).

Ada Jembatan Gantung, Perekonomian Girpasang Terdongkrak

Sejak proyek pembangunan jembatan girpasang rampung, jumlah kunjungan wisatawan ke Girpasang naik drastis.

Kelar Direhab, 4 Stadion Pendamping Manahan Solo Dikelola Pihak Ketiga?

Empat lapangan dan stadion mini pendamping Stadion Manahan Solo yang sudah selesai direhab bakal diserahterimakan kepada Pemkot Solo.

Jembatan Girpasang Banjir Pengunjung, Gondola Penumpang Ikut Untung

Akses lain menuju ke Girpasang seperti gondola penumpang  pun turut kebanjiran pengunjung.

Agar Maksimal, Papi Sarimah Solo Harus Ditopang Bank Sampah di Tiap RW

Program paksa pilah sampah dari rumah atau Papi Sarimah di Solo dinilai akan maksimal kalau ditopang dengan bank sampah minimal satu di tiap RW.

Menikmati Sensasi Goyang-Goyang Melintasi Jembatan Gantung Girpasang

Jembatan gantung Girpasang membentang sejauh 120 meter di atas jurang sedalam 150 meter.

Jadi Pusat Budaya Jawa, Penataan Taman Balekambang Solo Segera Dilelang

Kementerian PUPR segera melelang proyek penataan Taman Balekambang Solo yang akan dijadikan pusat kebudayaan Jawa.

Sedih, 2 Tahun Pemkab Sukoharjo Tak Peroleh PAD dari Sektor Pariwisata

Pemkab Sukoharjo selama dua tahun terakhir tidak memperoleh pendapatan asli daerah atau PAD dari sektor pariwisata karena pandemi Covid-19.