Sport Tourism Didorong Jadi Tulang Punggung Pariwisata di Indonesia

Pemerintah konsisten mendorong pengembangan sport tourism menjadi salah satu tulang punggung pariwisata di masa mendatang.

 Pembalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu melakukan "burnout" disaksikan ofisial timnya seusai balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/hp.

SOLOPOS.COM - Pembalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu melakukan "burnout" disaksikan ofisial timnya seusai balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/hp.

Solopos.com, SOLO – Pemerintah konsisten mendorong pengembangan sport tourism menjadi salah satu tulang punggung pariwisata di masa mendatang. Sport tourism diharapkan menjadi katalisator untuk mendongkrak kembali industri pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Pemerintah baru-baru ini menggelar sejumlah event olahraga akbar seperti seperti World Superbike (WSBK) di Mandalika serta Indonesia Badminton Festival (IBF). Selain itu pemerintah juga punya gawe Piala Presiden Esports 2021 di Bali yang sukses menggeliatkan pariwisata di Pulau Dewata.

PromosiJembatan Jurug: Saksi Modernisasi Masyarakat Kuli di Kota Bandar, Solo

Baca Juga: Raih Hadiah Total Rp20 Juta di Solopos Diplomat Jogja Esport Arena 2021

Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani Mustafa, mengatakan pemerintah sangat mendukung ajang olahraga untuk menunjang pariwisata. “Sports event saat ini juga sesuai lifestyle sekarang yang perhatian dengan kesehatan. Harapannya lifestyle ini turut mendorong orang untuk berwisata,” ujar Rizki dalam bincang media virtual bertema Piala Presiden Esports 2021 dan Upaya Mendorong Pertumbuhan Sports Tourism yang digelar Rabu (8/12/2021).

Kepala Seksi Peningkatan Prestasi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bali, Cokorda Raka Satrya, mengatakan perekonomian warga Bali sempat terpukul hebat akibat pandemi Covid-19. Hal itu lantaran mayoritas roda ekonomi di Pulau Dewata ditopang sektor pariwisata maupun kegiatan yang berkaitan dengan olahraga.

Baca Juga: Ganjar: Borobudur Marathon 2021 Momen Majukan Sport Tourism Indonesia

Pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan grand final Piala Presiden Esports 2021 di Bali dan berharap ajang itu dapat mengangkat kembali pamor Bali di kalangan turis. Grand final rencananya digelar 17-19 Desember. “Kami berharap keadaan semakin membaik sehingga kegiatan olahraga terus bertumbuh dan memberi dampak perekonomian di Bali.”

Sekretaris Jenderal Piala Presiden Esports 2021, Mathew Airlangga, mengatakan konsep penyelenggaraan Piala Presiden Esports mengusung berbagai elemen dalam sports tourism agar mampu memberi dampak positif bagi pariwisata, khususnya di Bali. Ia mencontohkan tema lomba yakni Land of Wonders ingin memperlihatkan berbagai visual menarik yang berasal dari keindahan alam dan budaya Indonesia.

“Kami juga berkolaborasi dengan seniman, pelaku industri dan UMKM di Bali pada grand final. Selain itu ada lebih dari 200 atlet esports yang bakal hadir di Bali,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

+ PLUS Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Masa Jawa Kuno meninggalkan sejumlah peradaban di Kota Susu Boyolali, di mana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Leiden Belanda dalam riset disertasinya pada 2009, mengungkap tiga dari 10 situs dinyatakan hilang.

Berita Terkini

Mau ke Surabaya Fisik Pemain Malah Ngedrop, Persis Solo Bergerak Cepat

Pelatih Jacksen Tiago menyatakan Persis Solo pasti tidak akan dalam kondisi siap 100 persen menghadapi laga uji coba di Surabaya.

Gagal Raih Medali Nomor Lari, Lalu Muhammad Zohri Sebut Belum Rezeki

Dalam perjalanan menuju SEA Games Vietnam, Zohri sempat mengalami cedera hamstring saat turun dalam Kejuaraan Dunia Atletik Indoor di Stark Arena, Belgrade, Serbia, pada 18-20 Maret.

Timnas Futsal Indonesia Cetak Sejarah di Arena SEA Games

Indonesia sudah menuntaskan empat jadwal pertandingan mereka, sedangkan tuan rumah Vietnam dan Thailand akan bertemu di rangkaian laga hari terakhir pada Jumat (20/5/2022).

Andri Ibo Pilih Gabung Persis Solo karena Faktor yang Satu Ini

Andri Ibo kenal Persis Solo untuk kali pertama dari Juan Marcelo Cirelli.

Penjualan Tiket Persebaya Vs Persis Resmi Dibuka, Ini Ketentuannya

Tiket dijual secara offline dengan pembelian maksimal 1 tiket untuk 1 orang mengacu pada regulasi yang ditetapkan oleh manajemen Persebaya Surabaya selaku pihak penyelenggara.

Datangkan Pemain Bertahan, PSIS Semarang Lengkapi Kuota Pemain Asing

Saat ini, para pemain PSIS Semarang sudah mulai menjalani program latihan untuk menghadapi Liga 1 musim depan rencananya mulai bergulir Juli 2022.

Jepang Siap Gantikan China Sebagai Tuan Rumah Piala Asia 2023

Jepang memiliki infrastruktur stadion yang siap menggelar turnamen pada Juni dan Juli tahun depan itu setelah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.

Striker Spanyol Ini Jadi Pembicaraan Penggemar Persis Solo, Ada Apa?

Sejauh ini Persis Solo belum memperkenalkan pemain asing mereka.

SEA Games 2021: Final Bulu Tangkis, Tim Putri Indonesia Kalah Telak

Tim putri Thailand adalah langganan emas SEA Games dengan meraih juara dalam empat edisi berturut-turut.

Wow Luar Biasa, Panahan Indonesia Sapu Bersih Empat Emas SEA Games 2021

Tim panahan Indonesia sejauh ini sudah mengoleksi empat medali emas dan satu perak SEA Games 2021.

Liverpool Kembali Buka Peluang Cetak Quadruple, Begini Hitungannya

Juara Liga Inggris musim ini akan ditentukan pada laga pamungkas. Pada laga terakhir yang akan dimainkan serentak pada Minggu (22/5/2022) waktu setempat tersebut, City akan menjamu Aston Villa sedangkan Liverpool menjamu Wolves.

Profil Kevin Gomes: Pemain Belakang Serba Bisa Siap Kawal Persis Solo

Kevin Gomes mengawali karier sepak bola di Brasil. Dia bergabung bersama klub pemuda Copinha sebelum bergabung ke Araxa Esporte Clube pada 2018 yang berlaga di Campionato Mineiro.

Danjen Kopassus Shooting Championship 2022 Berhadiah Rp150 Juta

Danjen Kopassus Shooting Championship 2022 akan mempertandingkan tujuh kategori.

Jadwal Siaran Langsung Final Bulu Tangkis SEA Games 2021, Rabu 18 Mei

Indonesia lolos ke final setelah mengalahkan tuan rumah Vietnam dengan skor 3-1, Selasa (17/5/2022) siang WIB. Sementara itu, Thailand ke final setelah mengalahkan Singapura dengan skor 3-0 pada hari yang sama.

Futsal SEA Games 2021, Indonesia Siapkan Balas Dendam demi Rebut Emas

Timnas futsal Indonesia saat ini berada di posisi pertama klasemen futsal putra SEA Games 2021, yang diisi lima tim, dengan tujuh poin dari tiga pertandingan.