SOLOPOS.COM - Interior mobil Timor 1997 milik Dian Rustamaji

Mobil Timor 1997 milik Dian Rustamaji

''
Interior mobil Timor 1997 milik Dian Rustamaji

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

SOLO–Dua tema tampil dalam satu mobil. Tampil sport dan elegan. Itulah yang dilakukan Dian Rustamaji dalam mendandani mobil Timor 1997 kesayangannya. Tama, biasa ia dipanggil melakukan berbagai perubahan mobil berwarna biru metalik tersebut.

Selain mengubah tampilan di bagian belakang, ia juga mengubah beberapa bagian eksterior mobil tersebut. Pemasangan goldwing di bagasi, membuat tampilan sporty semakin kentara. Tak hanya itu, penggunaan cutting stiker di sisi kanan dan kiri mobil juga menambah kesan sporty.

Menurutnya, modifikasi itu dilakukan secara bertahap. Awalnya, ia mengubah suspensi mobil hingga membuatnya ceper. “Suspensi diturunkan beberapa sentimeter dibandingkan dengan tampilan standar, sehingga lebih berkesan menyentuh tanah bodi mobilnya,” ujarnya saat ditemui Espos di sekretariat Timlo di kawasan Colomadu, Karanganyar.

Setelah perubahan suspensi, ia kemudian menambah body kit di bagian bumper depan dan belakang. Tak hanya itu, bagian samping kanan dan kiri di bawah pintu juga ia tambahkan body kit. Keseluruhan body kit itu, tambah Tama, ia lakukan di sebuah bengkel di Jogja dengan biaya mencapai Rp3 juta.

Dengan adanya penambahan body kit ini, menurut Tama, justru menjadi masalah baginya. Ia sudah mengganti body kit ini hingga empat kali akibat jebol saat berada di jalan raya yang berlubang.

“Pernah saat perjalanan Jogja hingga ke Solo, body kit jebol. Akhirnya hanya aku pasang tali sementara agar tidak rusak,” jelas pria asal Banaran, Jenggrik, Kedawung, Sragen ini.

Meski begitu, Tama tak menyerah. Ia kembali memasang body kit di mobil yang dibeli dari uang hasil tabungannya sendiri tersebut. Bahkan, modifikasi yang ia lakukan itu telah mencapai belasan juta rupiah. Hal itu karena ada penggantian aksesoris, seperti peleg yang mencapai Rp4 juta.

 

Minibar

Sementara di bagian interior mobil, Tama memilih untuk tampil elegan. Hal itu ditandai dengan karpet bulu warna putih di bagian dasbor. Dan setir. Tak hanya itu, penambahan lampu kristal di bagian tengah atap, juga menambah elegan tampilan interior Timor 1997 itu. Selain itu, adanya minibar di bagian dasbor juga menambah unik mobil ini.

“Awalnya hanya tempat minum. Tetapi karena kurang bagus, akhirnya aku buat dari bahan fiber dan besi agar tampilan lebih maksimal,” tambahnya.

Dengan karpet bulu itu, Tama mengaku justru lebih mudah untuk merawat dan membersihkannya. Ia cukup menggunakan vacuum cleaner untuk mengangkat debu. Selain itu, pemasangan karpet bulu itu juga mudah, karena menggunakan sistem lem semi permanen. Sehingga, bisa dilepas, jika ingin mengganti warna bulu.

Tama mengaku ia akan terus melakukan eksperimen modifikasi mobil kesayangannya tersebut. Termasuk, melakukan perubahan di bagian mesin. Meski saat ini baru perubahan posisi knalpot yang berada di bawah pintu samping kanan mobilnya.

“Perubahan posisi knalpot itu hanya untuk variasi saja. Kalau mesin saat ini masih orisinal,” pungkas mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta di Kota Solo ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya