SOLOPOS.COM - Ilustrasi tol (JIBI/Solopos TV)

Solopos.com, SOLO — Di bawah ini terdapat spesifikasi lengkap dari jalan tol Solo-Jogja yang diklaim akan mempersingkat waktu perjalanan dari 1,5 jam menjadi 20 menit.

Prediksi tersebut dinilai masuk akal karena jalan tol ini dilalui tanpa adanya hambatan. Kepala Desa (Kades) Senden, Kecamatan Ngawen, Klaten, Setya Sugiyanto, berharap pengguna tol Solo-Jogja mampir di rest area wilayah Klaten. Dia mengharapkan agar Klaten jangan hanya dilewati.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kalau ada pernyataan Solo-Jogja via tol menjadi 20 menit memang sangat masuk akal. Soalnya jalan tol kan jalan bebas hambatan. Tapi yang kami harapkan, jangan sampai Klaten ini hanya dilewati pengguna jalan tol. Setidaknya, kami diberi kesempatan memanfaatkan rest area,” kata Setya Sugiyanto saat ditemui Solopos.com, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga:  Tugu Sepuser Temanggung, Jejak Majapahit yang Diklaim Titik 0 KM Jawa

Bisa memangkas waktu perjalanan jadi 20 menit, bagaimana spesifikasi jalan tol Solo-Jogja?

Mengutip rilis yang tayang di situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, jalan tol ini akan menghubungkan Solo dengan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Vaksin Booster, yang Mulai Diberikan Hari Ini

Diharapkan dengan adanya jalan tol ini bisa semakin memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, barang, dan jasa. Selain itu, juga bisa meningkatkan aksesibilitas menuju kawasan pariwisata di selatan Pulau Jawa, salah satunya kawasan Candi Borobudur.

Adapun spesifikasi dari jalan tol Solo-Jogja yang menghubungkan hingga Bandara YIA ini memiliki panjang total 96,57 km yang dibangun dalam tiga seksi.

Baca Juga:  Potret Sisa Bangunan Hotel Pertama di Solo

Seksi I menghubungkan Kartasura di Sukoharjo dengan Purwomartani di Sleman dengan panjang 42,37 km. Pembangunan jalan tol untuk seksi ini direncanakan akan rampung pada 17 Agustus 2023.

Kemudian seksi II menghubungkan Purwomartani dengan Gamping di Sleman dengan panjang 23,43 km dan seksi III Gamping – Purworejo sepanjang 30,77 km.

Baca Juga: Dipijat Jan Ethes, Kaesang Pangarep Auto Diteriaki Netizen

Spesifikasi jalan tol Solo-Jogja yang juga menghubungkan Bandara YIA ini juga memiliki sembilan simpang susun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya