SOLOPOS.COM - Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama (kanan) berfoto bersama President Director of BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan (kiri) usai acara serah terima mobil resmi KTT ASEAN BMW iX di Jakarta, Kamis (13/4/2023). (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Solopos.com, JAKARTA-Mobil listrik BMW iX menjadi mobil resmi dalam KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, 9-11 Mei 2023. Berikut spesifikasi mobil listrik premium yang menjadi kendaraan para delegasi KTT tersebut.

Untuk mendukung perhelatan penting negara-negara di kawasan Asia Tenggara itu, BMW telah menyerahkan 13 unit BMW iX itu kepada Kementerian Sekretariat Negara selaku penyelenggara, Kamis (13/4/2023) di Jakarta.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

“BMW Indonesia merasa sangat bangga dan bersyukur karena terpilih menjadi kendaraan resmi untuk KTT ASEAN 2023. Melalui proses yang panjang, akhirnya BMW dapat menjadi sustainable mobility partner pada kegiatan penting ini,” kata Vice President of Sales & Network Development BMW Group Indonesia, Bayu Rianto, pada acara tersebut.

Sementara itu, BMW iX merupakan mobil listrik Sports Activity Vehicle (SAV).

BMW menyebut, mobil ini secara umum memiliki teknologi BMW eDrive yang efisien dengan sistem penggerak semua roda yang sepenuhnya listrik. BMW iX mencapai jangkauan yang luar biasa dan memberikan akselerasi yang kuat dari posisi diam. Sistem Operasi BMW cerdas 8 selalu tetap terbaru dan dapat dioperasikan secara intuitif.

Dengan jangkauan lebih dari 600 km, BMW iX xDrive50 (BMW iX xDrive40: lebih dari 400 km) adalah kendaraan yang cocok untuk penggunaan sehari-hari dan ideal untuk perjalanan di kota maupun perjalanan jarak jauh.

Selain itu, kendaraan ini memiliki sifat aerodinamis yang sangat baik berkat desain yang sangat efisien, yang juga berkontribusi pada rating konsumsi energi yang rendah kurang dari 21 kW/h dan nilai cd yang luar biasa hanya 0,25 tak tertandingi di segmen kendaraannya.

Dikutip Solopos.com dari laman Bmwstore.id, dengan dua motor listrik dan sistem penggerak semua roda listrik BMW xDrive, BMW iX menawarkan performa listrik yang setara dengan lebih dari 500 tenaga kuda (hp).

Tenaga ini mendorong BMW iX xDrive50 dari 0 km/jam hingga 100 km/jam dalam waktu kurang dari 5 detik (BMW iX xDrive40: 300 hp; 0 km/jam-100 km/jam dalam waktu sekitar sedikit lebih dari 6 detik).

Torsi yang tersedia secara instan dan akselerasi dari posisi diam memungkinkan BMW iX merespons dengan tepat dan spontan setiap gerakan pedal gas.

Dengan kapasitas pengisian hingga 200 kW (BMW iX xDrive40: hingga 150 kW), pengguna dapat mengisi baterai BMW iX di stasiun publik pengisian cepat dari 10 hingga 80% dari total kapasitas dalam waktu kurang dari 40 menit.

Di rumah, pengguna dapat mengisi baterai BMW iX xDrive50 menggunakan BMW Wallbox dengan daya hingga 11 kW-dan mencapai pengisian baterai 100% dalam waktu kurang dari 11 jam (BMW iX xDrive40: dalam waktu kurang dari 8 jam).

Sementara itu, dari segi penampilan, BMW iX ini terlihat sangat modern dengan bentuk monolitik yang unik. Desain eksterior yang aerodinamis dan sangat efisien adalah penentu nilai cd yang luar biasa sebesar 0,25, dengan detail mencolok seperti grafik jendela yang menyempit ke arah belakang, “streamflow”. Untuk kali pertama, pegangan pintu yang rata dan pintu tanpa bingkai dapat ditemukan pada mobil ini.

Sedangkan konsep Shy Tech yang diusung mobil ini berfokus pada penumpang dan memungkinkan teknologi modern di BMW iX.

Kecerdasan di bagian eksterior dan interior, misalnya grille yang memuat teknologi kamera, fungsi radar, teknologi sensor terbaru, dan elemen pemanas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya