SOLOPOS.COM - Burung Capito fitzpatricki (Cornell University-Phys.org)

Burung Capito fitzpatricki (Cornell University-Phys.org)

LIMA—Tim peneliti Cornell University berhasil menemukan burung spesies baru di pegunungan Andes, Peru. Burung pemakan buah itu berwarna mencolok, kombinasi hitam, merah, kuning dan cokelat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penemuan itu dipublikasikan dalam The Auk edisi Juli 2012. Peneliti telah menemukan spesies tersebut pada 2008 dalam sebuah ekspedisi yang beranggotakan ahli ornitologi (ilmu perburungan) Michael G. Harvey, Glenn Seeholzer dan Ben Winger. Mereka ditemani Daniel Cáceres, dari Universidad Nacional de San Agustín di Arequipa, Peru, serta warga lokal Ashéninka.

Burung itu ditemukan di hutan berkabut dan dingin di Cerros del Sira range sisi timur Andes. Medan yang cukup sulit membuat burung unik tersebut terisolasi dan belum pernah ditemukan manusia.

Setelah melalui sejumlah penelitian, mereka menyimpulkan burung tersebut merupakan spesies baru yang mereka namai Capito fitzpatricki. Nama itu digunakan untuk menghormati salah satu peneliti Cornell Lab of Ornithology, John W. Fitzpatrick yang telah menemukan tujuh spesies burung di Peru sepanjang 1970-1980-an.

“Fitz adalah sosok inspiratif bagi generasi baru pakar ornitologi dalam melakukan penelitian ilmiah dan konservasi,” ujar Winger seperti dilansir Phys.org, Selasa (7/8).(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya