SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

SLEMAN—Satuan Reserse Kriminal Polres Sleman berhasil meringkus tersangka pencurian disertai kekerasan (Curas) yang sering beraksi di lokasi objek wisata.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tersangka adalah Triyanto alias Kotrek, 35, warga Godean, Sleman, ditangkap, Senin (19/11/2012) saat sedang mencuci mobil di salah satu steam di Umbulharjo Jogja.

Hasil penyidikan kepolisian, Kotrek yang sudah dua kali keluar masuk bui di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan dan Lapas Wirogunan ini diketahui sudah lima kali melakukan aksi penjambretan di kawasan Wisata Kaliurang dan Musium Merapi.

Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Heru Muslimin memaparkan, penangkapan tersangka bermula dari laporan penggelapan telpon selular milik Sumirah, 54, warga Mojorejo, Tempel pada Agustus 2012 lalu.

Kala itu Kotrek meminjam telpon selular di rumah Sumirah dengan alasan akan menelpon temannya untuk mencarikan pekerjaan. Namun setelah pertemuan itu Kotrek malah melarkan diri. “Sejak korban lapor Agustus lalu, kita baru menemukan tersangka kemarin” paparnya, Selasa (20/11/2012).

Penangkapan itu berdasarkan ciri-ciri tersangka sesuai dalam laporan korban. Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan diketahui tersangka merupakan salah satu karyawan pencucian mobil. Menurut Heru, berawal kasus penggelapan itu, diperoleh keterangan bahwa Kotrek juga pernah melakukan aksi penjambretan dengan korban para pengunjung Objek Wisata Kaliurang dan Museum Merapi. “Rata yang dicuri pelaku adalah dompet. Satu motor. Total 5 TKP” katanya.

Namun, Laporannya di polsek mana saja, polisi masih mengembangkannya. Akibat perbuatannya, Kotrek dijerat pasal 378 tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. Sementara kepada polisi, Kotrek mengaku serangkaian aksi curasnya dilakukan karena tuntutan ekonomi.

Ngakunya mencuri karena kepepet ekonomi,” tandas Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya