SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi mengenakan baju adat Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). (Setpres)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju adat Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara, dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Pakaian yang dikenakan Presiden Jokowi berwarna sangat cerah, yakni merah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” ujar Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, beberapa waktu sebelum upacara dimulai, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (17/8/2022).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse, mengatakan, pakaian yang dikenakan Presiden Jokowi disebut dengan baju dolomani.

Baju adat ini sering dipakai Sultan Buton ke-35, Sultan Muhammad Ali, dalam berbagai kesempatan.

Tetapi, baju yang dipakai Sultan Buton biasanya berwarna hitam. Sementara yang dikenakan Presiden Jokowi kali ini berwarna merah menyala.

Pakaian adat yang satu ini sarat makna filosofis. Salah satunya yaitu sulaman bermotif bunga rongo yang melambangkan perjalanan seorang pemimpin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya