SOLOPOS.COM - Rektor UIN Salatiga Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. (Istimewa)

Islam melarang ekstremisme dan sikap berlebihan. Bukti awal dari ekstremisme adalah intoleransi fanatik, di mana seseorang memegang teguh prasangka. Orang-orang fanatik tidak mengizinkan dialog dan postur chauvinisnya adalah bukti nyata dari ekstremisme.

Orang yang terobsesi dengan ideologi hampir tidak pernah setuju dengan orang lain. Kesepakatan dan kompromi hanya mungkin terjadi melalui moderasi, namun orang yang terobsesi secara ideologis tidak mengakuinya. Masalah menjadi semakin kritis ketika seseorang mulai memaksa atau menekan orang lain, tidak harus secara fisik tetapi dengan menuduh mereka bid’ah, lalai, atau kufur dan korup. Terorisme psikologis sama hebatnya dengan terorisme fisik.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Ciri lain dari ekstremisme adalah komitmennya yang kuat terhadap sikap tidak bertoleransi, yang diwujudkan dengan memaksakan keinginan seseorang pada orang lain meskipun ada jalan yang memfasilitasi kompromi. Allah Swt. melarang kekuatan seperti itu. Seseorang yang dimotivasi oleh kesalehan dan kehati-hatian dapat, jika dia menginginkannya, memilih posisi intoleransi hanya dalam keadaan tertentu.

Ciri ketiga ekstremisme adalah membesar-besarkan persoalan agama pada waktu dan tempat yang tidak tepat. Contohnya adalah memaksakan prinsip-prinsip Islam pada masyarakat non-Muslim atau pada orang-orang yang baru saja masuk Islam.

Penekanan afirmatif seperti itu tidak boleh ditempatkan pada isu-isu kontroversial yang tidak signifikan tetapi hanya pada masalah-masalah fundamental lainnya. Perhatian utama adalah upaya untuk memperbaiki kesalahpahaman dengan mengklarifikasi apa yang Islami.

Untuk membangun iman dan keyakinan dengan tepat, seseorang menjelaskan lima pilar dan kemudian secara bertahap berfokus pada penekanan pada semua aspek agama. Ini lebih tepat untuk memudahkan keimanan dan amalan sehingga seluruh cara hidup seorang mualaf mewujudkan apa yang Allah izinkan.

Aspek keempat dari ekstremisme adalah kekerasan terhadap masyarakat umum. Kekerasan hati dan pendekatan yang kasar untuk mengajak orang-orang masuk Islam bertentangan dengan Al-Qur’an dan Sunnah. Allah memerintahkan kita untuk berdakwah dan mengajar dengan kebijaksanaan dan kelembutan, bukan dengan paksaan.

Al-Qur’an tidak mengizinkan sikap tegas tanpa kompromi kecuali di dua tempat: Pertama, di tengah pertempuran, saat berhadapan dengan musuh di medan perang.

Dalam hal ini Allah Swt berfirman:

Hai kamu yang beriman! Melawan orang-orang kafir yang berada di sekitar Anda (yang menjadi ancaman langsung bagi Anda dan dakwah Islam), dan biarkan mereka menemukan ketegasanmu. Ketahuilah bahwa Tuhan menyertai yang menghormati Tuhan, saleh yang menjaga kewajiban mereka kepada-Nya.

Kedua, ketika kamu ingin menjalankan hukum Tuhan pada orang-orang yang berhak menerimanya, saat itulah dimaksudkan agar memberi kelonggaran dan kelembutan dalam menegakkan hukum Tuhan di bumi.

Ini sesuai dengan perintah-Nya:

Orang yang berzina lelaki dan perempuan – cambuklah mereka masing-masing dengan seratus cambukan; dan jangan biarkan belas kasihan mereka menahanmu dari melaksanakan hukum Tuhan, jika kamu benar-benar percaya pada Tuhan dan Hari Akhir; dan biarkan sekelompok orang percaya menyaksikan hukuman mereka.”

Kecurigaan dan ketidakpercayaan juga manifestasi dari ekstremisme. Orang-orang fanatik sering tanpa pandang bulu menuduh orang dan dengan cepat menanggapi dengan cara yang bertentangan dengan norma yang diterima secara umum tentang “tidak bersalah sampai terbukti bersalah”.

Rasa bersalah diasumsikan saat kecurigaan muncul. Mereka seringkali menarik kesimpulan tanpa klarifikasi. Kesalahan kecil dalam penilaian bisa menghancurkan segalanya; perbuatan salah menjadi dosa dan dosa adalah ciri kekufuran. Jenis kebodohan reaksioner ini melanggar dan mencemari semangat dan ajaran Islam, yang mendorong orang untuk berpikir positif tentang orang lain sambil berusaha menemukan setiap alasan untuk perilaku yang baik.

Ini sejalan dengan pandangan Yusuf al-Qardawi, sejarah telah menunjukkan bahwa ekstremisme adalah konsekuensi utama dari kondisi yang tidak aman dan berbahaya. Darah para martir di tangan para ekstremis telah melukis sejarah kelam. Periode setelah kematian Rasulullah melihat tiga dari empat Khulafa al-Rashidin meninggal di tangan para ekstremis.

Jika kita merefleksikan sejarah umat manusia, kaum ekstremis selalu menggunakan kekerasan untuk mencapai tujuan mereka. Di antara penjahat paling terkenal ini adalah Sicarii dan Assassin; yang pertama pada masa Nabi Isa dan yang terakhir dari abad ke-11 hingga ke-13. Senjata yang digunakan adalah pedang dan belati primitif, kedua kelompok tersebut terinspirasi oleh fanatisme agama dan keduanya sangat merusak dan aktif secara internasional.

Zealot-Sicarii, sebuah kelompok Yahudi yang hanya bertahan dua puluh lima tahun, sangat memengaruhi seluruh komunitas dan sejarah Yahudi. Mereka menghunus belati dan pedang lalu bergerak ke medan perang terbuka. Tujuan mereka adalah pemberontakan besar-besaran melawan pemerintah Yunani-Romawi di Yudea. Revolusi itu tidak terduga dan menghancurkan, dan akhirnya menyebabkan kehancuran kuil, bunuh diri massal, dan pemusnahan genosida orang Yahudi di Mesir dan Siprus, yang mengakibatkan penurunan populasi yang nyata.

Assassin (Ismailis-Nizari) beroperasi selama dua abad (1090–1275). Seperti ekstremis Islam hari ini, tujuan mereka adalah untuk menyebarkan Islam yang “lebih suci” dan “lebih murni”. Mereka sering menikam musuh mereka dari jarak dekat di siang hari bolong ketika tidak mungkin melarikan diri.

Seperti pelaku bom bunuh diri masa kini, mereka menganggap jiwa mereka sebagai korban persembahan. Namun, mereka jauh lebih selektif terhadap target dan hanya membunuh para pemimpin politik atau agama penting yang menolak menerima aliran pemikiran baru mereka.

Teknik mereka, meskipun konservatif, sangat mengancam pemerintahan di beberapa negara, termasuk Kekaisaran Turki Seljuk di Persia dan Suriah. Di abad ke-21, teror suci Zealot-Sicarii dan Assassin telah muncul kembali.

Kehancuran yang disebabkan oleh ekstremisme agama juga berlaku untuk agama Kristen. Kekristenan arus utama sering mengeksekusi hukuman mati terhadap mereka yang memiliki pandangan berbeda tentang Salib. Selama abad ke-11, orang Yahudi, Muslim dan Kristen Ortodoks Timur menjadi korban dari tindakan yang diambil atas nama Nabi Yesus. Para ekstremis ini juga didorong oleh iman dan percaya bahwa apa yang mereka lakukan sejalan dengan perintah dalam teks suci.

Artikel ini ditulis oleh Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag., Rektor UIN Salatiga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya