SOLOPOS.COM - Salah satu SPBU yang menerapkan sistem self-service di Kota Semarang, Jateng. (Facebook.com-Alwi Basori)

SPBU di Kota Semarang sebagian telah menerapkan sistem self service meskipun masih dalam taraf pengenalan.

Semarangpos.com, SEMARANG — Sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kota Semarang mulai menerapkan sistem self service bagi konsumen. Namun, saat ini, sistem melayani diri sendiri bagi konsumen itu masih dalam taraf pengenalan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Layanan self service ini masih dalam proses pengenalan, baru dijalankan sejak Minggu [19/2/2017] dan sudah berjalan selama empat hari ini,” ungkap Bagus, salah seorang petugas SPBU Kaliwiru Semarang, Rabu (22/2/2017).

Dia mengatakan sejauh ini SPBU yang sudah menerapkan layanan tersebut adalah SPBU milik PT Pertamina (Persero) yakni SPBU Kaligarang dan SPBU Kaliwiru. Dia mengatakan tujuan diterapkannya layanan tersebut agar nantinya masyarakat yang membeli BBM dapat mandiri dan dapat melakukan pengisian sendiri tanpa dibantu oleh petugas.

Untuk prosedur self service ini, lanjut Bagus, konsumen terlebih dahulu membayar di kasir sebelum mengisi. Selanjutnya, volume BBM yang terbeli akan dikontrol kasir dengan komputer. Sistem ini sudah tersambung otomatis dengan tangki SPBU.

Dengan otomatisasi tersebut, konsumen cukup mengisinya langsung secara mandiri. Meskipun belum banyak yang memilih layanan tersebut, pihaknya optimistis ke depan akan semakin banyak konsumen yang mau memafaatkan layanan self service itu seiring dengan tingkat pemahaman yang lebih tinggi.

“Nantinya setelah lama berjalan dan masyarakat memahami sistem pelayanan ini pasti akan semakin banyak yang coba,” katanya. Pihaknya merencanakan pelayanan self service itu nantinya dapat diterapkan di SPBU-SPBU lain di Kota Semarang.

Annisa, seorang konsumen mengatakan bahwa pelayanan madiri justru dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap petugas karena volume BBM yang dibeli sesuai dengan yang dibayarkan. Meski demikian, Kantor Berita Antara dalam pantauannya melihat ada beberapa pegunjung yang masih kebingungan untuk mengisi bahan bakar sendiri, ada pula yang enggan untuk mengisi sendiri dan lebih memilih petugas kasir yang mengisikannya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya