SPANYOL Vs FINLANDIA: Menu Pembuka
Timnas Spanyol. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters
Timnas Spanyol. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

MADRID—Tantangan terbesar pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, menuju kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup I kontra Finlandia, Sabtu (23/3) dini hari WIB, adalah mencari pengganti Xavi Hernandez.

Playmaker Barcelona yang menjadi instrumen penting dalam kesuksesan Spanyol menjuarai Euro 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010 tersebut kemungkinan besar tidak bisa dimainkan. Dalam beberapa pekan terakhir Xavi menjalani pemulihan dari cedera hamstring.

Melihat duel penting lawan Prancis di Paris digelar hanya berselang empat hari seusai pertandingan ini, Del Bosque tentunya tak mau mengambil risiko menurunkan Xavi dalam duel di Stadion Municipal El Molinon, Gijon, Spanyol. Del Bosque kemungkinan menyerahkan tugas yang ditinggal Xavi kepada Andres Iniesta, Cesc Fabregas atau Santi Cazorla.

“Hari ini kami tidak akan mengatakan apa pun yang baru mengenai Xavi, kami semua tahu betapa pentingnya dia bagi Barcelona dan tim nasional. Kami berharap dia pulih secepatnya,” ujar gelandang Spanyol, Javi Garcia, seperti dilansir Reuters, Kamis (21/3).

“Jika dia bisa bergabung dengan kami berarti dia sudah cukup fit dimainkan dan membantu kami setidaknya dalam satu pertandingan,” imbuh pemain Manchester City itu. Bagi Spanyol, memetik kemenangan atas Finlandia sangat penting untuk menjaga bara persaingan tetap panas saat menghadapi Prancis.

Spanyol dan Prancis yang bermain imbang 1-1 di Madrid pada Oktober lalu menjadi pemuncak klasemen bersama Grup I dengan koleksi tujuh poin dari tiga pertandingan. Namun La Furia Roja, julukan Spanyol, superior dalam selisih gol.

Pertandingan ini pun tak ubahnya sebagai menu pembuka bagi Spanyol sebelum menuju menu utama menghadapi Les Bleus, julukan Prancis, di medio pekan depan. Di hari yang sama Prancis menghadapi peringkat kedua Georgia di Stade de France.

Kendati begitu, striker Spanyol, Juan Mata, menegaskan akan menjadi sebuah kesalahan fatal jika meremehkan Finlandia yang menjadi penghuni dasar klasemen grup dengan hanya mengoleksi satu poin.

“Seperti yang dikatakan pelatih kepada kami, akan sangat salah memulai berpikir mengenai pertandingan lawan Prancis karena sebelum pertandingan itu kami harus terlebih dahulu memenangi pertandingan di Gijon,” ujar Mata.
“Ada enam poin sangat penting yang akan membantu kami menuju tujuan kami dan semoga saja kami mendapatkannya,” imbuh pemain Chelsea itu.

Seperti problem mengenai Xavi, Des Bosque juga harus memutuskan kiper pengganti Iker Casillas yang masih menjalani pemulihan dari patah tangan.
Pepe Reina, Victor Valdes dan David De Gea memiliki plus minus untuk menggantikan Casillas. Reina memiliki pengalaman lebih banyak di level internasional dengan 26 kali tampil namun baru saja sembuh dari cedera betis. Valdes baru memiliki 11 caps sedangkan De Gea baru dua kali dipanggil memperkuat tim senior namun belum pernah melakukan debut.

Sementara pelatih Finlandia, Mixu Paatelainen, akan memilih line-up paling berpengalaman. Kali terakhir kedua tim bertemu saat hasil imbang tanpa gol dalam laga persahabatan di Helsinki, Oktober 2007. “Kami tidak akan membangun kastil di udara, namun kami akan membuat Spanyol akan sangat kesulitan untuk menang,” ujar Paatelainen.(aeranie@solopos.com)

Prakiraan susunan pemain
Spanyol (4-3-3)
12-Victor Valdes; 17-Alvaro Arbeloa, 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba; 14-Xabi Alonso, 16-Sergio Busquets, 6-Andres Iniesta; 21-David Silva, 7-David Villa, 10-Cesc Fabregas

Finlandia (4-3-2-1)
12-Lukas Hradecky; 22-Jukka Raitala, 4-Joona Toivio, 3-Niklas Moisander, 13-Kari Arkivuo; 14-Tim Sparv, 19-Alexander Ring, 10-Perparim Hetemaj; 7-Roman Eremenko, 8-Teemu Tainio; 9-Mikael Forssell


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho