SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pretoria — Spanyol berhasil meraih kemenangan tipis 2-1 atas Chile dalam laga di Loftus Versfield Stadium, Sabtu (26/6) dinihari WIB. Hasil itu juga membawa keduanya lolos ke babak 16 besar.

Spanyol yang tampil dominan sejak awal–memenangi penguasaan bola 69:31–, tampil trengginas dengan mengandalkan David Villa di lini depan. Mereka pun menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Chile yang harus bermain dengan 10 orang sejak menit 37–setelah Marco Estrada dikartu merah–, baru bisa memperkecil ketertinggalan di menit 47. Sial bagi La Roja, sampai akhir laga mereka gagal mencetak gol penyama kedudukan.

Berkat kemenangan ini, Spanyol tampil sebagai juara Grup H dengan nilai 6. Chile menyusul di urutan dua dengan koleksi nilai yang sama. Namun, La Furia Roja unggul dalam jumlah selisih gol.

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan hasil ini, Spanyol bakal berhadapan dengan Portugal di perdelapanfinal. Sementara Chile akan bertemu Brasil.

Jalannya Pertandingan

Spanyol langsung menekan sejak awal pertandingan. Mereka mendapatkan peluang ketika laga baru berjalan tiga menit. Tetapi, sundulan Fernando Torres melewati mistar gawang Chile.

Di menit 11 Mark Gonzalez buang peluang di depan mata!! Tak terkawal siapapun, dapat umpan silang dari Jean Beausejour, Gonzalez menendang bola ke atas walaupun sudah di depan gawang!

Chile menekan lagi di menit 13. Alexis Sanchez menjajal Iker Casillas dengan tendangan “dadakan” langsung ke arah gawang. Bola ditepis si kiper Spanyol. Kans kedua Chile.

Spanyol akhirnya unggul 1-0 lewat gol Villa di menit 24. Gol Villa tercipta setelah kiper Chile, Claudio Bravo, pergi terlalu jauh meninggalkan gawangnya. Maksudnya, ia ingin menghalau pergerakan Fernando Torres. Siapa sangka bola bakal jatuh ke kaki Villa.

Villa pun langsung melepaskan tendangan melengkung kaki kiri, dan bola pun melaju ke dalam gawang yang sudah kosong.

Keunggulan pasukan arahan Vicente Del Bosque ini melebar kala Andres Iniesta membobol jala Bravo di menit 37.

Gol Iniesta tersebut tercipta berkat kerjasama antara Fernando Torres dan David Villa di luar kotak penalti Chile. Terakhir, Villa mengirimkan operan kepada Iniesta yang berdiri bebas.

Lewat satu sepakan keras kaki kanan, Iniesta pun membobol jala Chile.

Dalam proses gol kedua Spanyol, Chile harus kehilangan satu pemain. Marco Estrada diusir dari lapangan setelah menerima kartu kuning kedua akibat melanggar Torres yang tengah berlari.

Namun, kala babak kedua memasuki menit 47, Chile berhasil memperkecil kedudukan. Tendangan kaki kanan Rodrigo Millar dari luar kotak penalti membentur kaki pemain Spanyol. Bola pun berbelok arah dan mengecoh kiper Iker Casillas.

Memasuki menit 63, Spanyol mulai menekan intensif. Dua kali Villa menusuk ke kotak penalti, tapi masih bisa dihalau bek-bek Chile.

Tetapi 10 menit menjelang laga berakhir, tempo pertandingan menurun. Spanyol seperti tak punya kreasi lain, Chile tinggal berharap Swiss tidak tiba-tiba menang atas Honduras.

Akhirnya peluit panjang pun dibunyikan. Skor 2-1 untuk kemenangan Spanyol bertahan dan kedua tim sama-sama lolos.

Susunan Pemain

Chile: 1-Claudio Bravo; 4-Mauricio Isla, 17-Gary Medel, 3-Waldo Ponce, 8-Arturo Vidal, 11-Mark Gonzalez (20-Rodrigo Millar 46), 13-Marco Estrada, 18-Gonzalo Jara, 10-Jorge Valdivia (22-Esteban Paredes 46), 15-Jean Beausejour, 7-Alexis Sanchez (16-Fabian Orellana 65).

Spanyol: 1-Iker Casillas; 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 5-Carles Puyol, 11-Joan Capdevila; 14-Xabi Alonso (20-Javi Martinez 73), 8-Xavi, 6-Andres Iniesta, 16-Sergio Busquets; 9-Fernando Torres (10-Cesc Fabregas 55), 7-David Villa.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya