SOLOPOS.COM - Salah satu spanduk dukungan untuk Gibran Rakabuming Raka di Jl. Sam Ratulangi, Joho, Manahan, Banjarsari, Solo, Minggu (22/9/2019). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Spanduk dukungan kepada Gibran Rakabuming Raka untuk maju Pilkada Solo 2020 bertebaran di berbagai sudut kota, Minggu (22/9/2019).

Pantauan Solopos.com, spanduk tersebut di antaranya terlihat di Jl. Jaya Wijaya dan Taman Jaya Wijaya Kelurahan Mojosongo, Jebres. Spanduk yang sama juga dipasang di Persimpangan Lampu Merah Jembatan Kandang Sapi, Kelurahan/Kecamatan Jebres.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Spanduk itu berukuran sekitar 50 cm x 3 meter itu bertuliskan nama Gibran Rakabuming Raka lengkap dengan gambar wajah dia yang mengenakan kaca mata. Di spanduk dengan warna dominan merah tersebut juga terdapat tulisan Solo Masa Depan Kita.

Spanduk dukungan untuk Gibran Rakabuming Raka dengan corak berbeda juga terpantau di pinggir Jl. Sumpah Pemuda Solo. Spanduk dengan warna biru dan kuning muda itu bertuliskan nama Gibran Rakabuming Raka lengkap dengan gambar wajahnya.

Ada juga tulisan Solo Rumah Kita Bersama di spanduk tersebut. Sebagai informasi, Kecamatan Jebres dan Banjarsari merupakan wilayah dengan jumlah pemilih terbanyak. Dua kecamatan itu juga merupakan basis terbesar kader PDIP di Kota Bengawan.

Pemasang spanduk dukungan untuk Gibran kemungkinan sengaja membidik dua wilayah itu untuk menyosialisasikan sosok Gibran. Tujuannya tentu agar popularitas dan elektabilitas Gibran semakin meningkat mendekati dimulainya tahapan Pilkada 2020.

Ketua PAC PDIP Jebres, Honda Hendarto, saat dimintai tanggapan perihal munculnya spanduk dukungan untuk Gibran menyatakan tidak tahu siapa pemasangnya. Tapi dia menjamin struktur PDIP Jebres tidak terlibat pemasangan spanduk itu.

“Struktur pengurus partai mulai dari anak ranting, ranting, hingga PAC, solid mendukung pasangan [Achmad] Purnomo-Teguh [Prakosa]. Hal ini sudah kami aspirasikan kepada DPC PDIP Solo untuk diusulkan agar mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP,” tutur dia.

Politikus senior Kota Solo itu mengakui selama beberapa pemilu terakhir Jebres merupakan wilayah dengan jumlah pemilih terbanyak kedua setelah Banjarsari. Di Jebres ada 11 wilayah kelurahan, sedangkan Banjarsari terdiri dari 13 wilayah kelurahan.

“Tapi sejauh ini kader kami tidak ada yang merisaukan atau mempermasalahkan spanduk itu. Artinya kami tidak merasa kemasukan atau kecolongan. Semua kader biasa saja, tetap adem ayem. Apalagi beberapa spanduk itu pun sudah dicopoti,” imbuh dia.

Penuturan senada disampaikan Ketua PAC PDIP Banjarsari, Joko Santoso. Menurut dia, sejauh ini belum ada laporan dari pengurus dan kader partai perihal terpasangnya spanduk dukungan untuk Gibran Rakabuming di wilayah Banjarsari.

Dia juga memastikan pemasangan spanduk dukungan untuk Gibran bukan dari struktur PDIP. “Kami PDIP Banjarsari tetap solid mendukung pasangan Purnomo-Teguh. Jadi tidak mungkin struktur kami memasang spanduk dukungan untuk Gibran,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya