SOLOPOS.COM - Hamzah Haz (Detik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar terus berkeliling menemui sejumlah tokoh nasional sebagai manuver menuju Pilpres 2024.

Menurut rencana, Cak Imin sapaan akrab Muhaimin Iskandar, bakal menemui mantan Wakil Presiden Hamzah Haz pada Kamis (11/5/2023).

Promosi Tumbuh Pesat, Agen BRILink Catatkan Transaksi Rp370 Triliun di Kuartal I-2024

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, Cak Imin akan sowan ke kediaman Hamzah Haz di kawasan Matraman, Jakarta Timur sekitar pukul 10.00 WIB.

“Jadi insya Allah nanti hari Kamis [11/5/2023], Pak Muhaimin akan lebaran sekaligus sowan ke kediaman Pak Hamzah Haz,” ungkap Jazilul saat dihubungi, Selasa (8/5/2023).

Dia menjelaskan Cak Imin akan menyerap ilmu dan pengalaman Hamzah Haz, terutama selama tokoh Nahdlatul Ulama (NU) itu jadi wakil presiden pada era Presiden Megawati Soekarnoputri (2001-2004).

Wakil Ketua MPR itu tak menampik tujuan Cak Imin sowan ke Hamzah Haz terkait Pilpres 2024.

Memang Cak Imin berambisi maju jadi calon wakil presiden (cawapres) pada kontestasi politik 2024.

“Ya kalau musim pilpres tentunya apa sih sekarang yang enggak ada hubungannya dengan pilpres,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jendera PKB Syaiful Huda mengatakan Cak Imin berencana mengunjungi empat mantan wakil presiden.

Cak Imin sudah mengunjungi Jusuf Kalla pada Sabtu (6/5/2023). Selanjutnya, Cak Imin akan sowan ke Wakil Presiden Periode 2022-2004 Hamzah Haz, Wakil Presiden 2009-2014 Boediono, dan Wakil Presiden 1993-1997 Try Soetrisno.

Cak Imin juga sebelumnya sudah bertemu mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Huda yakin hasil pertemuan Cak Imin dengan para mantan wapres ini akan bermanfaat untuk Wakil Ketua DPR itu ke depannya.

Memang, Cak Imin berambisi maju setidaknya sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

“Kita tahu bersama para wakil presiden ini telah memberikan bukti dengan keahlian dan kemampuan masing-masing untuk bersama para presiden menakhodai Indonesia dalam kurun waktu pengabdian masing-masing. Pandangan dan masukan mereka ini tentu akan menjadi modal berharga bagi Gus Imin baik sebagai pemimpin partai maupun kandidat yang akan bersaing dalam Pilpres 2024,” jelas Huda dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/5/2024).

Hamzah Haz yang lahir pada 15 Februari 1940 adalah Wakil Presiden Republik Indonesia Ke-9.

Ia menjabat sejak tahun 2001 bersamaan dengan naiknya Megawati Soekarnoputri menjadi Presiden Republik Indonesia.

Dalam kepartaian, Hamzah Haz menjabat sebagai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tahun 1998–2007.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Cak Imin Akan Sowan ke Hamzah Haz, Belajar Ilmu Jadi Cawapres”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya