Alisson Becker (Reuters/Andrew Yates)

Solopos.com, SOUTHAMPTON—Bulan April adalah masa-masa genting bagi Liverpool dan Manchester City dalam perburuan gelar juara Liga Premier.

Selain harus menghadapi empat laga krusial di kompetisi domestik, mereka masih “direcoki” dengan turnamen lain seperti Liga Champions dan Piala FA. Klub yang berhasil melewati tekanan April diyakini bakal keluar sebagai kampiun di Negeri Ratu Elizabeth.

Liverpool pun langsung disodori laga tricky saat harus melawat ke markas Southampton di St. Mary’s, Sabtu (6/4/2019) dini hari WIB. Meski terpaut 14 peringkat di klasemen, Southampton bisa membuat The Reds merana apabila kurang waspada.

Oriol Romeu dkk. memang bertransformasi menjadi klub dengan daya kejut tinggi seusai dilatih Ralph Hasenhuttl pada Desember 2018. Sejak pergantian tahun, Soton mampu merebut 16 poin di kompetisi domestik yang membuat mereka sementara lolos dari zona degradasi. Klub seperti Arsenal dan Tottenham Hotspur bahkan dipaksa pulang dari St. Mary’s dengan tangan hampa.

“Saya pikir mereka ada di peringkat delapan klasemen sejak dia [Hasenhuttl] masuk. Itu artinya mereka bertarung keras untuk liga. Itu sudah cukup memberimu informasi tentang intensitas yang akan muncul di laga nanti,” ujar Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, seperti dilansir liverpoolfc.com, Kamis.   

The Saints memang layak menatap laga melawan Liverpool dengan kepala tegak. Tiga kemenangan dari empat laga terakhir di Liga Premier menunjukkan Nathan Redmond dkk. tengah dalam form yang bagus untuk menjinakkan tim manapun. Eks striker Liverpool, Danny Ings, menjadi striker berbahaya di Soton lewat koleksi tujuh golnya sejauh ini. Namun The Reds juga memiliki deretan catatan impresif jelang melawat ke St. Mary’s.

Jordan Henderson dkk. tak terkalahkan dalam 13 laga terakhir di semua kompetisi, dengan tiga laga terkini berakhir kemenangan. Liverpool juga selalu menang tanpa kebobolan dalam tiga partai terakhir melawan Soton di Liga Premier, mencetak delapan gol. Musim lalu The Reds menang 2-0 di St. Mary’s lewat gol Roberto Firmino dan Mohamed Salah. Bagi Salah, lawatan ke markas Soton musim ini bisa menjadi pemecah kebuntuannya. Pemain Timnas Mesir itu memang tak pernah lagi mencetak gol sejak menjebol gawang Bournemouth, 9 Februari.

Sementara itu, bek Southampton, Ryan Bertrand, mengatakan timnya bakal mengeksploitasi kelemahan Liverpool untuk meraih tiga kemenangan beruntun di Liga Premier. Posisi Soton memang belum aman karena mereka hanya berjarak lima poin dari Cardiff City di zona merah. Sayang ambisi Soton untuk mencari kelemahan Liverpool tampaknya bakal sulit menyusul kabar kembalinya Virgil van Dijk dari cedera. Namun Bertrand tak mempermasalahkannya.

“Selalu bagus untuk bermain menghadapi pemain terbaik. Mereka sedang bertarung untuk titel liga yang sudah lama tak dimenangi, sedangkan kami butuh poin untuk bertahan. Ini akan menjadi laga yang kompetitif,” ujar Bertrand dilansir The Independent.

 

Perkiraan Starting XI

Southampton (4-2-2-2): Gunn; Valery, Yoshida, Bednarek, Bertrand; Romeu, Hojbjerg; Ward-Prowse, Armstrong; Redmond, Ings. Manajer: Ralph Hasenhuttl (Austria)

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, van Dijk, Matip, Robertson; Wijnaldum, Fabinho, Keita; Salah, Firmino, Mane. Manajer: Jurgen Klopp (Jerman)

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten