Tutup Iklan

SOUTHAMPTON VS CHELSEA : Menguji Formasi 3 Bek Ala Conte

SOUTHAMPTON VS CHELSEA : Menguji Formasi 3 Bek Ala Conte

SOLOPOS.COM - Antonio Conte (Reuters / Scott Heppell)

Laga Southampton vs Chelsea akan menjadi ujian seberapa tangguh formasi 3 bek ala Conte di Liga Inggris.

Solopos.com, SOUTHAMPTON -- Chelsea cepat beradaptasi dengan formasi back three alias tiga bek yang menjadi favorit pelatih Antonio Conte. Terbukti, Chelsea meraih kemenangan dalam tiga laga terbaru mereka di Liga Premier musim ini sejak konsisten memakai pakem 3-4-3.

Tim asal London Barat itu pun akan memakai skema yang sama ketika melawat ke markas Southampton di St. Mary’s Stadium, Southmapton, Minggu (30/10/2016) malam ini pukul 23.00 WIB. Inilah kesempatan Chelsea meraih streak empat kemenangan di Liga Premier sejak April 2015 silam.

Conte diprediksi lebih memilih menempatkan Cesar Azpilicueta, David Luiz, dan Gary Cahill sebagai tiga bek sejajar di barisan belakang timnya. Mantan pelatih Juventus dan Timnas Italia tersebut sebenarnya sempat menjajal memasukkan kapten John Terry dalam formasi back three ketika Chelsea bertemu West Ham United di babak 16 besar Piala Liga, Kamis (27/10/2016) dini hari WIB.

Sayangnya, Terry melakukan eror dan Chelsea tersingkir dengan kekalahan 1-2. Formasi back three sepertinya masih asing bagi kapten Chelsea tersebut.

“Saya tidak suka bicara tentang individu. Kami menang bersama dan kami kalah bersama di setiap laga. Sangat logis John baru pulih dari cedera dan tidak mudah untuk memulai kembali serta menemukan bentuk terbaiknya. John tetap pemain penting bagi kami, saat dia bermain atau saat dia tidak bermain, untuk ruang ganti, untuk rekan-rekan setimnya, untuk klub ini,” jelas Conte, seperti dilansir worldsoccertalk.com, Sabtu (29/10).

Peran pemain sayap juga sangat fundamental dalam skema tiga bek yang menjadi andalan Conte sejak membesut Italia dan Juventus itu. Di Chelsea, Conte memainkan Marcos Alonso dan Victor Moses sebagai bek sayap yang mampu menopang serangan timnya dari belakang.

Peran Eden Hazard sebagai pemain No. 10 pun menjadi lebih optimal. Pemain asal Belgia itu telah menggelontorkan empat gol dalam sembilan laga bersama The Blues di Liga Premier musim ini. Jumlah itu menyamai koleksi golnya saat turun dalam 31 pertandingan di Liga Premier musim lalu.

"Dia bisa bermain ke kiri, ke kanan, dan saat melawan Manchester United, dia sangat fenomenal," jelas mantan pemain Tottenham Hotspur, Jamie Redknapp, dalam ulasannya di skysports.com.

Meski demikian, Southampton bakal menjadi ujian berat bagi formasi tiga bek Chelsea itu. Tim berjuluk Soton tersebut tertinggal enam poin dari Chelsea pada klasemen sementara. Namun, tim polesan Claude Puel itu telah membuktikan mampu meredam tim-tim besar. Terakhir, Soton sukses menahan imbang 1-1 Manchester City besutan Josep “Pep” Guardiola yang juga mengandalkan skema back three dalam duel di Stadion Etihad, akhir pekan lalu.

Meski barisan bek mereka direcoki masalah cedera, Southampton mendapat tren impresif dengan hanya menelan sekali kekalahan dalam 10 laga terbaru di semua kompetisi. Terbaru, tim yang juga biasa disebut The Saints tersebut menyingkirkan Sunderland dari babak 16 besar Piala Liga dengan materi pemain lapis kedua. Kabar bagusnya, eks bek Chelsea, Ryan Bertrand, dilaporkan telah sembuh dari cedera dan siap bereuni dengan mantan timnya.

“Selama tiga musim terakhir, kami finis di peringkat kedelapan, ketujuh, dan keenam di Liga Premier. Finis keenam itu luar biasa! Kami memanfaatkan performa buruk Chelsea, Liverpool, dan Manchester United. Musim ini, semua klub-klub besar melakoni start dengan baik, mereka akan mempertahankan posisi,” jelas Puel, seperti dilansir espnfc.com.

Berita Terkait

Berita Terkini

Keren! Film Animasi Nussa Bakal Tayang di Korea Selatan

Film animasi Nussa ini awalnya tayang di YouTube setiap pekan, lalu diangkat ke layar lebar.

Tak Sekadar Viral, ShopeePay Talk Bagikan Rahasia Ubah Tren Jadi Bisnis Kompeten

ShopeePay bersama Bittersweet By Najla, PVRA dan Komunitas Tangan Di Atas bagikan tips pertahankan bisnis di tengah berbagai tren kekinian.

Dialog Interaktif DPRD Jawa Tengah: Salat Id Dan Penyembelihan Hewan Kurban Harus Taat Prokes!

Warga Jawa Tengah diminta menerapkan protokol kesehatan saat Salat Iduladha maupun penyembelihan hewan kurban menyusul tingginya kasus corona

KPPOD Dukung Revisi UU Perimbangan Keuangan dan Pajak Daerah

Pemerintah daerah masih kesulitan dalam mengoptimalisasi pendapatan asli daerah (PAD). Terutama yang berasal dari pajak dan retribusi daerah.

Honda Hadirkan N7X di Semarang, Begini Tampilannya

Setelah tampil di Kota Bandung pada pekan lalu, kini Honda N7X Concept hadir di Hall A, DP Mall, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) selama tiga hari.

Kasus Covid-19 Klaten Meledak Hingga 125 Orang Sehari, Terbanyak Gantiwarno

Penambahan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten meledak sebanyak 125 kasus dalam sehari pada Jumat (18/6/2021).

Ini Perbedaan Gejala Virus Corona Varian Alpha, Beta dan Delta

Tiga varian corona yang saat ini sudah dikenal dunia memiliki gejala yang sedikit berbeda.

Prediksi Swedia Vs Slovakia: Potensi Kejutan Si Kuda Hitam

Laga Swedia kontra Slovakia ini diprediksi berlangsung ketat karena kedua tim punya modal bagus dari pertandingan pertama.

Ini Identitas 11 Penumpang Bus Sumber Selamat yang Luka

Bus Sumber Selamat dari arah timur menghindari truk peti kemas yang melintang di jalan akhrinya terguling ke sisi kiri jalan.

Waduh! Puluhan Dosen Dan Mahasiswa UNS Solo Terpapar Covid-19

Puluhan dosen dan mahasiswa UNS Solo terkonfirmasi positif Covid-19, ada yang isolasi mandidri ada juga yang dirawat di rumah sakit.

Kegiataan Keagamaan Dibatasi, Pengajian hingga TPA di Wonogiri Tak Boleh Digelar

Kemenag Wonogiri berharap kegiatan keagaamaan di Wonogiri seperti TPA dan pengajian ditiadakan terlebih dahulu mengingat kasus Covid-19 di Wonogiri tengah naik.

Pengusaha Tahu di Boyolali Terus Berinovasi

Pengusaha tahu di Dusun Kanoman, Desa Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali kini terkendala harga kedelai yang makin mahal dan kesulitan mencari pekerja.