Soto Gunting Klaten, Pembeli Leluasa Potong Jeroan dan Daging sesuai Selera

Soto Gunting Pak Randi menjadi salah satu menu soto yang terkenal di sepanjang jalan raya Solo-Jogja.

 Suasana warung soto gunting Pak Randi di tepi jalan raya Solo-Jogja Desa Klepu, Kecamatan Ceper, Kamis (6/10/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Suasana warung soto gunting Pak Randi di tepi jalan raya Solo-Jogja Desa Klepu, Kecamatan Ceper, Kamis (6/10/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENSoto gunting Pak Randi menjadi salah satu menu soto yang terkenal di sepanjang jalan raya Solo-Jogja. Lokasinya berada di tepi jalan nasional tersebut tepatnya di Desa Klepu, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten.

Warung soto itu terlihat sederhana dengan bangunan tua. Warung berlantai cor semen dengan dinding bercat putih kusam serta menghitam karena jelaga.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Meja ditata saling berhimpitan dengan tempat duduk berupa bangku panjang. Suasananya teduh oleh pohon waru di halaman. Sesekali semilir angin berembus di warung yang bersebelahan dengan area persawahan itu.

Suasana warung dimeriahkan dengan alunan musik organ tunggal di depan warung. Pengunjung bisa request hingga bernyanyi bareng di tempat tersebut.

Semangkuk hidangan soto disajikan dalam kondisi hangat. Cita rasa kuah soto sapi itu gurih dan menghangatkan.

Baca Juga: Nikmatnya Soto Legendaris Mbok Dele Klaten, Jujukan Para Artis-Seniman Kondang

Sajiannya seperti soto sapi pada umumnya terdiri dari nasi, irisan daging, tauge, seledri, serta bawang goreng yang disiram kuah.

Namun, ada keunikan dari warung soto tersebut yang membikin beda dengan warung soto lainnya. Pengunjung bisa menikmati hidangan aneka jeroan dan daging sapi sesuai selera.

Hidangan itu disajikan dalam piring yang ditata pada meja warung. Untuk mengambil serta memotong jeroan dan daging, disediakan garpu serta gunting pada setiap piring.

Oleh karena itu, warung tersebut dijuluki soto gunting. Selain sajian jeroan dan daging, ada pilihan lauk lainnya yakni tempe goreng.

Baca Juga: Mulai Dikepung Warung Soto sejak 2015, Klaten Bisa Menjelma Jadi Kota Soto

Salah satu pengelola warung soto Pak Randi, Sri Handayani, 38, menjelaskan warung soto itu sudah ada sejak lama. Dulu, warung itu dirintis oleh kakeknya kemudian dilanjutkan Randi.

Kini, warung soto tersebut dikelola oleh Sri Handayani bersama saudaranya. Soal pencetus soto gunting, Sri Handayani menjelaskan ide itu muncul dari adiknya.

“Kalau warung sotonya sudah lama. Dulu itu soto ayam kemudian berganti soto sapi dan ada ide soto gunting itu,” kata Sri Handayani saat ditemui Solopos.com, Kamis (6/10/2022).

Sri Handayani mengatakan banyak warga sekitar yang menjuluki warung soto itu dengan nama soto rakyat. Alasannya, hidangan soto di warung itu cocok dengan lidah banyak orang. Selain itu, harga menu di warung itu terjangkau.

Baca Juga: Keistimewaan Satai Pak Kamto Jatinom Klaten, Daging Empuk dan Bumbu Meresap

Untuk satu mangkuk soto kini dihargai Rp7.000 per mangkuk. Sementara, untuk sajian jeroan seharga Rp4.000 per iris.

Jenis jeroan yang disajikan mulai dari iso, babat, lima, kikil, dan lain-lain. Sementara, harga tempe goreng Rp1.000 per biji. Warung itu buka saban hari mulai pukul 04.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Kini ada dua warung soto gunting Pak Randi. Lokasinya berjarak kurang dari 100 meter dari warung pertama dan sama-sama berada di tepi jalan raya Jogja-Solo.

Sri Handayani menjelaskan warung soto yang baru itu masih dikelola satu keluarga. Ketika pembeli di warung soto pertama penuh, pengunjung diarahkan menikmati soto gunting di warung satunya lagi.

Baca Juga: Ketjeh Resto Wangen Klaten, Sensasi Makan dengan Merendamkan Kaki di Dalam Air

Salah satu pengunjung, Adhitama, 20, mengatakan hidangan soto di warung tersebut nikmat. Apalagi ada sensani menggunting irisan jerohan sesuai selera.

“Yang jelas rasanya nikmat dan harganya terjangkau,” kata warga Desa Glagahwangi, Kecamatan Polanharjo tersebut.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Jagong Nikahan Kaesang, Prabowo Subianto Menginap 2 Hari di Hotel Alila Solo

      Ketum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dipastikan menghadiri acara nikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

      DAPM Karanganyar Sumbang Rp19 Juta bagi Korban Gempa Cianjur

      Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kabupaten Karanganyar menyerahkan bantuan Rp19 juta untuk korban gempa bumi di Cianjur melalui PMI

      Kaum Boro Bikin Tingkat Partisipasi Pemilih di Pilkades Wonogiri Tak Optimal

      Mayoritas warga yang absen atau tak menggunakan hak pilihnya di Pilkades Wonogiri berstatus kaum boro.

      STB Mahal dan Langka, Politikus Golkar Henry Indraguna Menduga Ada Penimbunan

      Politikus Partai Golkar Henry Indraguna menduga ada mafia yang sengaja menimbun set top box atau STB sehingga kini menjadi barang langka dan harganya mahal di mana-mana.

      Mobil Damkar & Derek Disiagakan di Jl. Solo-Jogja saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Mobil Damkar Klaten disiagakan di sepanjang jalan raya Solo-Jogja selama putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

      Persiapan Seleksi, Pesantren Mahasiswa UMS Siapkan 180 Kuota Santri Baru

      Pesantren mahasiswa (Pesma) K.H Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) siap menyambut 180 kuota mahasantri baru 2023/2024.

      Nikahan Kaesang-Erina, 32 Pesawat Carter Mendarat di Bandara Adi Soemarmo

      Bandara Adi Soemarmo Solo mendapatkan konfirmasi lebih dari 30 pesawat carter atau jet pribadi akan mendarat di bandara tersebut mengangkut tamu acara nikahan Kaesang-Erina.

      Hilang Hampir Sebulan, Warga Jatisrono Wonogiri Ditemukan Meninggal di Hutan

      Seorang pria lanjut usia ditemukan meninggal dunia dalam keadaan membusuk di Kawasan Hutan Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Perhutani Plalar, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Kamis (8/12/2022) malam.

      Boyolali Segera Punya Perda Kawasan Tanpa Rokok, Sanksi Tegas Bagi Pelanggar

      Boyolali segera miliki Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

      Satpol PP Klaten Copoti Banner Dukungan Pencapresan Ganjar Pranowo

      Satpol PP dan Damkar Klaten mencopoti sejumlah banner dukungan pencapresan Ganjar Pranowo di Jl. Jogja-Solo, Jumat (9/12/2022).

      Batal Angkut Tamu Nikahan Kaesang di Solo, Tukang Becak Merasa Dianaktirikan

      Tukang becak di Kota Solo mengaku merasa dianaktirikan setelah dipastikan batal dipakai untuk mengangkut tamu nikahan Kaesang, Minggu (11/12/2022).

      Kreatif! Siswa SDN 5 Juwangi Boyolali Bikin Gaun "Mewah" dari Barang Bekas

      SDN 5 Juwangi yang tergabung dalam komunitas Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Boyolali mengadakan School Expo, Kamis (8/12/2022)

      Tak Bayar Upah Sesuai UMK 2023, Pengusaha di Sragen Bisa Dipidana

      Disnaker Sragen menyosialisasikan UMK 2023 kepada pihak terkait. Perusahaan diminta taat dengan membayar upah sesuai UMK 2023 mulai tahun depan.

      Selamat! Kiai Haji Hartoyo Jadi Ketua MUI Klaten Periode 2022-2027

      Kiai Haji (KH) Hartoyo terpilih sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Klaten periode 2022-2027.

      Berkah Nikahan Kaesang bagi Wulan, Dapat Order Karangan Bunga Sejumlah Kedubes

      Salah satu toko bunga di Pasar Kembang, Solo, mendapatkan berkah dari acara nikahan Kaesang-Erina karena mendapat banyak pesanan dari kedutaan besar sejumlah negara.