SOLOPOS.COM - Satu porsi Soto Garingan di Klaten (Instagram/@makankeliling).

Solopos.com, KLATEN -- Jika pada umumnya soto disajikan berkuah, berbeda dengan di Klaten dan Boyolali, Jawa Tengah, Anda akan menemuka soto garingan.

Namun, tak semua warung soto di Klaten menyajikan kuliner unik satu ini. Bagi yang penasaran, bisa merapat ke Pasar Delanggu, Klaten atau tepatnya di Soto Garing Bu Yanti.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Angkringan Kapal Bu Marmi Tenda Hijau, Jadi Langganan Mahasiswa di Solo

Berdasarkan unggahan video pengelola akun Instagram @makankeliling yang diunggah ulang oleh @ojokngiler, terlihat perempuan yang diduga pemilik warung menyajikan soto tanpa kuah alias garingan. Secara isian sama saja dengan soto pada umumnya, namun yang membedakan tidak memakai kuah.

Letak perbedaan lainnya adalah soto garingan Klaten ini disajikan dengan kecap asin. Namun, jika dirasa aneh dan tidak terbiasa dengan soto garingan, pembeli juga bisa meminta untuk sotonya disiram kuah, seperti pada umumnya.

Selain Menabung, Ini Cara Simpel Mengajarkan Anak Hemat Sejak Dini

"Mboten ngangge mboten nopo. Nanti pakai kentelan sekedek mawon dan pakainya kecap asin [Enggak pakai kuah tidak apa-apa. Nanti pakai kentelan sedikit saja dan pakainya kecap asin]," ujar pemilik warung di video tersebut.

Masyarakat setempat kerap menyebut kuliner unik tersebut dengan Toring, singkatan dari soto garing.

Makan Nasi Goreng dengan Timun Ternyata Berbahaya, Kenapa Ya?

"Mie ayam pesen kering udah biasa, lah ini soto kering alias tanpa kuah. Serius nih ... khas delanggu - klaten. Di area sana dikenal TORING. Bukan TORING DE PARIS tapi singkatan SOTO GARING," ujar pengelola akun @ojokngiler.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #ojokngiler / #janganngiler (@ojokngiler) on

Ada Juga di Boyolali

Berdasarkan penelusuran Solopos.com pada Senin (7/9/2020), selain di Klaten, soto garingan juga ada di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah.

Salah satu yang menjual menu tersebut adalah Soto Gendon. Warung ini buka setiap hari dari pukul 06.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Plesiran Lur ke Telaga Claket Wonogiri, Kerap Dibilang Miniaturnya Ranu Kumbolo

Di akun Instagram resmi milik Soto Gendon, @soto_gendon, ada food vlogger dengan akun Instagram @angelliadora yang mengulas cita rasa dari soto unik tersebut.

"Halo gaes, ini aku lagi di Soto Gendon di Sawit. Ini soto kering tanpa kuah sama sekali ya. Dan rasanya jujur banget enak banget enggak bohong," ucap dia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Spesial Soto Ayam (@soto_gendon) on

Lapar di Tengah Malam? Yuk Coba Kuliner Murah Soto Ayam Kampung Pak Timbul di Solo



Kunyit Diklaim Bisa Membunuh Virus Tertentu, Termasuk Corona?

Rekomendasi Kuliner Klaten Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya