Soto Budhe Djiman Boyolali, 31 Tahun Gratis untuk Anak Yatim Piatu

Pasangan suami istri pemilik Warung Soto Budhe Djiman, Jiman, dan Sri Arbaini, selalu menggratiskan makan dan minum bagi anak yatim, piatu, dan yatim piatu sejak tahun 1991.

 Pemilik Warung Soto Budhe Djiman, Sri Arbiani dan Jiman, bersama anak yang diasuhnya sejak 2010, Tory Nugroho Bicaksana, 32, di warungnya, Rabu (17/8/2022). Tory menerima uluran tangan dari Sri dan Jiman sejak 2010. (Solopos.com/Ni’matul  Faizah).

SOLOPOS.COM - Pemilik Warung Soto Budhe Djiman, Sri Arbiani dan Jiman, bersama anak yang diasuhnya sejak 2010, Tory Nugroho Bicaksana, 32, di warungnya, Rabu (17/8/2022). Tory menerima uluran tangan dari Sri dan Jiman sejak 2010. (Solopos.com/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI – Pasangan suami  istri pemilik Warung Soto Budhe Djiman, Jiman, dan Sri Arbaini, selalu menggratiskan makan dan minum bagi anak yatim, piatu, dan yatim-piatu sejak tahun 1991.

Kegiatan pemberian makan gratis itu dilakukan setiap kali ada anak yatim-piatu datang ke warungnya.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Sri Arbaini mengungkapkan biasanya anak yatim-piatu yang datang ke warungnya datang saat masih berusia belum mapan. Ia mengatakan yang ia lakukan hanya bisa memberi semangkuk soto.

“Saya tak bisa memberikan rumah singgah, tapi mereka kalau datang saya persilakan makan gratis, makan nasi sendiri, teh ambil sendiri. Kalau butuh apa, saya hanya bisa semampunya,” kata Sri Arbaini saat berbincang dengan Solopos.com di warungnya, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: Santuni Yatim Piatu, Bupati Blora: Jangan Sampai Putus Sekolah

Sri Arbaini mengatakan untuk saat ini, hanya ada tiga anak yatim-piatu yang datang ke warungnya untuk makan gratis. Namun, ia mengatakan sudah puluhan anak yatim-piatu yang pernah makan gratis di warungnya.

Sri menjelaskan biasanya mereka akan berhenti datang ke warungnya untuk makan gratis ketika sudah mapan, menikah, atau pindah dari desa.

Pemberian semangkuk soto itu, kata Sri, tak hanya diberikan untuk anak yatim-piatu. Namun, kepada anak yang ia anggap sedang mengalami kesulitan.

“Ada yang pergi terus tidak ada kabar, ada yang balik tiba-tiba ngasih bingkisan, ngasih uang, tapi saya sama sekali enggak minta,” kata ibu dari lima anak tersebut.

“Pernah juga anak yang ikut pelatihan dekat sini, orang Lampung enggak ada uang, saya kasih gratis, tapi kadang dia bayar berapa saya terima. Tiba-tiba pas sudah ke Jepang, dia mengirimkan bingkisan kepada saya,” kata ibu dari lima anak tersebut.

Baca juga: LKSA Aisyiyah Bunda Umi Chaltsum Tulung Klaten Siap Tampung Yatim Piatu

Sementara itu, saat disinggung mengenai apa tidak rugi jika terus memberikan gratis, sang suami, Jiman, percaya rezeki adalah milik sang pemberi hidup.

Ia berprinsip jika ada anak yatim-piatu atau pun anak yang mengalami kesulitas makan gratis di warungnya. Maka, itu sebenarnya adalah rezeki mereka yang disalurkan lewat tangannya.

“Biasanya teman-teman anak saya, enggak khusus anak yatim atau kurang mampu, siapapun itu yang ke sini setelah warung tutup maka ambil makan sendiri, minum sendiri, gratis. Jadi pas mereka ke sini setelah warung tutup artinya saya tidak sedang berjualan kepada mereka,” kata dia.

Lebih lanjut, salah satu anak asuh Sri Arbiani dan Jiman, Tory Nugroho Bicaksana, 32, mengaku sudah ikut makan gratis di warung soto mereka sejak 2010 setelah sang ayah tiada.

Ia awalnya adalah teman dari putra kedua Sri dan Jiman. Namun, ia mengaku sering diberikan makan gratis oleh mereka. Ia pun sudah menganggap Sri dan Jiman sebagai orang tuanya.

Baca juga: Suasana Antik, Warung Soto Mbah Gito Birun Diminta Tak Diubah-Ubah

Tory mengatakan dirinya juga merekomendasikan kebaikan Sri dan Jiman kepada teman-temannya yang membutuhkan. Ia ingin kebaikan kedua orang tua asuhnya tersebut dirasakan teman-temannya yang membutuhkan

“Jadi rumah bapak dan ibu ini sudah seperti rumah saya. Saya bertumbuh di sini dan jadi bagian dari hidup saya. Dulu saya sempat jualan roti, nemplek di warung ibuk gratis, waktu dulu juga hampir kebutuhan hidupku dipenuhi ibu,” kata dia

“Kalau tidur bisa di rumah sendiri atau teman, tapi kalau lapar saya ke sini,” kata dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kenalkan Dunia Kerja, Solocom Adakan Kunjungan Industri ke Solopos

      Kunjungan Solocom diikuti sebanyak 22 peserta Program Kecakapan Kerja (PKK) dimana ini merupakan program kursus komputer gratis dari pemerintah.

      Solopos Hari Ini: Bertaruh Keselamatan di Bengawan

      Kehadiran jembatan sasak yang menghubungkan Solo dan Sukohario menjadi dilema karena berisiko tinggi, namun juga menjadi jalur alternatif di tengah macetnya lalu lintas akibat pembangunan fisik yang nyaris tanpa jeda.

      Mantap Nih! Farel Prayoga bakal Tampil di Perayaan Hari Batik Nasional di Solo

      Penyanyi cilik ternama Farel Prayoga djadwalkan memeriahkan perayaan Hari Batik Nasional di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Kemendikbudristek Tetapkan Manuskrip Imam Tabbri Jadi WBTB Pertama Asal Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon Imam Tabbri menjadi WBTB pertama di Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon asal Sragen Diusulkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

      Kitab Primbon Haji Tabbri dulunya disampaikan dalam tradisi sorongan di Pondok Pesantren Haji Tabbri di Desa Donoyudan, Kecamatan Kalijambe.

      Agenda Solo Hari Ini: Event Batik di Mana-Mana, Ada Acara Makan Gratis juga

      Agenda Kota Solo hari ini, Sabtu (1/10/2022), cukup padat dengan berbagai acara memperingati Hari Batik Nasional yang digelar di beberapa tempat.

      Harga Pertamax di Sragen Turun, Pengelola SPBU Lakukan Penyesuaian Totem

      Pengelola SPBU di Sragen langsung menyesuaikan di seluruh peralatan SPBU setelah ada pengumuman penurunan harga Pertamax mulai Sabtu (1/10/2022).

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022, Tak Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022, Siang Hujan Lebat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Hujan Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Sabtu 1 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Sabtu 1 Oktober, Hujan Lagi Siang sampai Malam

      BMKG dalam prakiraan cuaca untuk hari Sabtu (1/10/2022) memprediksi Solo bakal hujan lagi sejak siang hingga malam.

      Jangan Lupa Bawa Payung! Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini akan Hujan Lebat

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Sabtu (1/10/2022) yakni berawan pada pagi hari, kemudian hujan lebat mulai sore hingga malam hari.

      Hati-Hati di Jalan Ya, Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Hujan sejak Siang

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini pada Sabtu (1/10/2022) menurut prakiraan BMKG dimulai berawan hujan sejak siang hari

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Sabtu Ini: Hujan Skala Sedang Sore-Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Sabtu 1 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.