Sosok Sabdo Palon, Tokoh yang Dikenal Sebagai Penguasa Tanah Jawa

Inilah sosok Sabdo Palon yang dikenal sebagai tokoh penguasa Tanah Jawa.

 Ilustrasi Sabdo Palon. (Facebook/ Bali Share)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sabdo Palon. (Facebook/ Bali Share)

Solopos.com, SOLO — Sosok Sabdo Palon dikenal sebagai tokoh misterius penguasa Tanah Jawa. Hal itu membuat banyak orang bertanya siapa Sabdo Palon sebenarnya.

Dikutip dari laman Pemrpov DIY, tokoh Sabdo Palon dikenal dengan ramalannya yang populer terutama kalangan masyarakat Jawa. Sabdo Palon dan Noyo Genggong disebutkan menjadi referensi utama dan penting. Namun, beberapa pendapat menyebut keduanya ialah satu orang yang memiliki kepribadian ganda.

PromosiSejarah Kecil Kekerasan Militer Belanda pada Era Perang Kemerdekaan

Wikipedia menyebut Sabdo Palon ialah tokoh legendaris yang juga pandita dan Penasihat Raja Majapahit terakhir Brawijaya V. Serat Darmagandhul dikisahkan tidak terima Brawijaya digulingkan tentara Kerajaan Demak oleh bantuan Walisanga pada 1478, meski sumber sejarah lain menyebut Brawijaya digulingkan Girindrawardhana.

Baca Juga: Selain Ki Semar, Petilasan Pengawal Prabu Siliwangi Juga di Gunung Ini

Sosok Sabdo Palon merupakan ingkarnasi dari Semar dan dikisahkan akan kembali saat korupsi merajalela, bencana melanda, untuk menghilangkan Islam dari Tanah Jawa, dan mengembalikan agama dan kebudayaan Jawa seperti masa terdahulu.

Serat Darmagandul, Serat Damarwulan, dan Serat Blamabangan mengisahkan Sabdo Palon mengklaim agama orang Jawa yaitu Budhi atau ajaran Budha yang berdampingan dengan ajaran Hindu. Tokoh Sabdo Palon dihormati umat Hindu di Jawa dan kalangan tertentu penghayat Kejawen.

Berdasarkan Jurnal Ilmiah Jumantara yang ditulis Moh. Taufiqul Hakim, Sabdo Palon dan Noyo Genggong merupakan orang yang mampu menghibur dan melindungi majikannya yang tak lain Brawijaya V.

Baca Juga: Kisah Amangkurat I yang Bermesraan Dengan VOC

Sabdo Palon dan Noyo Genggong juga dijelaskan sebagai sosok yang hampir melayani semua kebutuhan majikan dan juga dapat menasehati majikannya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Solopos Hari Ini: Sinyal Batal Naik

Nilai keekonomian bahan bakar minyak (BBM) terus melambung. Meski demikian, belum ada tanda-tanda pemerintah memutuskan kenaikan harga BBM di dalam negeri, khususnya Pertalite dan solar.

Kata-kata Ucapan Hari Kebangkitan Nasional yang Diperingati 20 Mei

Berikut ini terdapat rekomendasi 10 kata-kata ucapan selamat Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati pada 20 Mei setiap tahunnya.

Sastra di Solo, Ekspor Serat Nanas, Lubang Hitam, dan Elektabilitas

Kota Solo pernah menjadi pesemaian sastra patriotik dan revolusioner. Yang dimaksud revolusioner adalah mendobrak penjajahan dari segala segi yang mungkin.

Kota Solo Pernah Jadi Pesemaian Sastra Patriotik dan Revolusioner

Kota Solo pernah menjadi pesemaian sastra patriotik dan revolusioner. Yang dimaksud revolusioner adalah mendobrak penjajahan dari segala segi yang mungkin.

7 Orang Meninggal, Ini Kronologi Kecelakaan di Jl. Purwasari Karawang

Polisi mengungkap kronologi kecelakaan maut yang menyebabkan tujuh orang meninggal di Jl. Raya Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Minggu (15/5/2022).

Kecelakaan Maut di Jl. Raya Purwasari Karawang, 7 Orang Meninggal

Sebanyak tujuh orang meninggal dunia dan sepuluh orang lainnya luka-luka dalam peristiwa kecelakaan di Jl. Raya Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (15/5/2022).

Beri Dukungan Airlangga Jadi Capres, Begini Penjelasan Ridwan Kamil

Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pertemuannya dengan Ridwan Kamil yang berlangsung sekitar 30 menit itu juga diwarnai guyonan-guyonan.

Pengamat: Koalisi Golkar, PAN, dan PPP Tinggal Tentukan Capres-Cawapres

Qodari melihat ini adalah koalisi yang paling nyata hari ini menuju 2024 karena gabungan ketiga parpol sudah memenuhi syarat pencalonan Pilpres 2024 mendatang.

Terkait Pilpres, Ridwan Kamil Ungkap Dukungan untuk Airlangga

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menerima silaturahim Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu (15/5/2022).

14 Orang Meninggal Laka Bus di Tol Surabaya, Ini yang Dilakukan Pemkot

Pemkot Surabaya membantu menyiapkan pemakaman warga Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal yang menjadi korban kecelakaan bus di Tol Surabaya-Mojokerto atau Tol Sumo pada Senin (16/5/2022).

Tak Kuat Nanjak, Mikrobus Bawa Rombongan Warga Hantam 2 Mobil di Bantul

Kecelakaan yang melibatkan tiga kendaraan terjadi di Jalan Raya Imogiri-Dlingo, tepatnya di Dusun Sukorame, Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo, Bantul.

14 Nyawa Melayang di Tol Surabaya, Sopir Bus Diduga Mengantuk

Kecelakaan Bus Ardiansyah di KM 712+400 jalur A Tol Surabaya - Mojokerto (Sumo), Jawa Timur, pada Senin (16/5/2022) pagi sekitar pukul 06.15 WIB mengakibatkan 14 nyawa melayang

Berkoalisi dengan Golkar dan PPP, Sekjen PAN: Tidak Ada Inisiator

Sekjen PAN Eddy Soeparno menyebut tidak ada inisiator terkait pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu yang terdiri dari PAN, Golkar dan PPP.

Bertambah Satu, Korban Meninggal Laka Bus di Tol Surabaya Jadi 14 Orang

Korban  jiwa akibat kecelakaan maut Bus Ardiansyah di KM 712+400 jalur A Tol Surabaya - Mojokerto (Sumo), Jawa Timur, pada Senin (16/5/2022) pagi bertambah menjadi 14 orang.