Sosok Sabdo Palon, Tokoh yang Dikenal Sebagai Penguasa Tanah Jawa

Inilah sosok Sabdo Palon yang dikenal sebagai tokoh penguasa Tanah Jawa.

 Ilustrasi Sabdo Palon. (Facebook/ Bali Share)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sabdo Palon. (Facebook/ Bali Share)

Solopos.com, SOLO — Sosok Sabdo Palon dikenal sebagai tokoh misterius penguasa Tanah Jawa. Hal itu membuat banyak orang bertanya siapa Sabdo Palon sebenarnya.

Dikutip dari laman Pemrpov DIY, tokoh Sabdo Palon dikenal dengan ramalannya yang populer terutama kalangan masyarakat Jawa. Sabdo Palon dan Noyo Genggong disebutkan menjadi referensi utama dan penting. Namun, beberapa pendapat menyebut keduanya ialah satu orang yang memiliki kepribadian ganda.

PromosiMengenang Kerusuhan Mei 1998 di Solo, Ratusan Toko Dibakar Massa

Wikipedia menyebut Sabdo Palon ialah tokoh legendaris yang juga pandita dan Penasihat Raja Majapahit terakhir Brawijaya V. Serat Darmagandhul dikisahkan tidak terima Brawijaya digulingkan tentara Kerajaan Demak oleh bantuan Walisanga pada 1478, meski sumber sejarah lain menyebut Brawijaya digulingkan Girindrawardhana.

Baca Juga: Selain Ki Semar, Petilasan Pengawal Prabu Siliwangi Juga di Gunung Ini

Sosok Sabdo Palon merupakan ingkarnasi dari Semar dan dikisahkan akan kembali saat korupsi merajalela, bencana melanda, untuk menghilangkan Islam dari Tanah Jawa, dan mengembalikan agama dan kebudayaan Jawa seperti masa terdahulu.

Serat Darmagandul, Serat Damarwulan, dan Serat Blamabangan mengisahkan Sabdo Palon mengklaim agama orang Jawa yaitu Budhi atau ajaran Budha yang berdampingan dengan ajaran Hindu. Tokoh Sabdo Palon dihormati umat Hindu di Jawa dan kalangan tertentu penghayat Kejawen.

Berdasarkan Jurnal Ilmiah Jumantara yang ditulis Moh. Taufiqul Hakim, Sabdo Palon dan Noyo Genggong merupakan orang yang mampu menghibur dan melindungi majikannya yang tak lain Brawijaya V.

Baca Juga: Kisah Amangkurat I yang Bermesraan Dengan VOC

Sabdo Palon dan Noyo Genggong juga dijelaskan sebagai sosok yang hampir melayani semua kebutuhan majikan dan juga dapat menasehati majikannya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Fajar Kebangkitan Industri Penerbangan Makin Terang

Pemulihan industri penerbangan telah mulai di sejumlah negara. Mudik Lebaran 2022 menjadi laksana fajar merekah pertanda pemulihan industri penerbangan domestik Indonesia.

Sosok Lin Che Wei, Pembongkar Kasus Lippo yang Terjerat Kasus Migor

Analisis Lin Che Wei sempat menuai kontroversial karena membongkar skandal di Bank Lippo pada 2003.

Dea Onlyfans Hamil dan Minta Tak Ditahan, Ini Aturan Hukumnya

Dea OnlyFans meminta polisi tidak menahannya karena dirinya sedang berbadan dua.

Keren! Pemilik Miyago Naknan Dapat Suntikan Dana dari Menteri Investasi

Bukan hanya pemilik Miyago Naknan, terdapat tiga mahasiswa lainnya yang juga memperoleh suntikan dana segar dari Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.

Pulau Terkecil di Dunia Ternyata di Indonesia, di Sini Lokasinya

PBB mengakui Pulau Simping di Singkawang Kalimantan Barat merupakan pulau terkecil di dunia.

Pentagon Buka Suara Soal UFO, Bukan Fiksi dan Jadi Ancaman Serius

Setelah puluhan tahun Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) bungkam mengenai fenomena UFO (Unidentified Flying Object) atau benda terbang tak dikenal, akhirnya mereka buka suara pada audiensi publik pertama, Selasa (17/5/2022), yang dapat ditarik kesimpulan bahwa fenomena tersebut bukan fiksi dan dianggap sebagai ancaman serius.

Kinerja Kabinet Jokowi Kian Terpuruk karena Menteri Sibuk Kampanye

Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta mengatakan manuver politik para menteri Jokowi tidak hanya menimbulkan persoalan moral dan etika, tapi juga kontradiksi kompleksitas sistem presidensial.

Kisah Pilu Medusa, Wanita Cantik Jelita yang Dikutuk Berambut Ular

Dalam mitologi Yunani, Medusa dikenal sebagai sosok wanita cantik jelita yang dikutuk berambut ular namun memiliki kekuatan yang mematikan.

Semangat Merdeka Belajar untuk Pemulihan Pendidikan Asia Pasifik

Sistem pengajaran yang memerdekakan adalah jalan terbaik memulihkan sektor pendidikan di kawasan Asia Pasifik. Semua negara di kawasan ini harus bekerja sama memulihkan sektor pendidikan.

Hadir di UKSW, Menteri KKP Ungkap Strategi Ekonomi Biru dan Riset PT

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono hadir dalam ajang Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Leaders Forum hari ke-2 yang berlangsung di Balairung Universitas.

Mengintip Isi Cawet, Desa Nan Indah di Pemalang

Inilah pemandangan indah di Desa Cawet, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

PT BSI (BRIS) Akan Right Issue Kuartal III/2022, Segini Nilainya

Kuartal III/2022, PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk. (BRIS) akan melakukan right issue sebagai upaya penambahan modal.

Siapa Wirda Mansur yang Bilang Paytren Baik-Baik Saja?

Di Paytren Wirda Mansur menjabat Direktur Inovasi & Pengembangan.

Ketika Pemain Kendang Mengacau, Humor dan Dagelan ala Srimulat

Film Srimulat: Hil yang Mustahal diawali adegan kelompok lawak Srimulat yang sedang populer terganggu penampilannya karena kemunculan pemain kendang yang lebih lucu bernama Gepeng (Bio One).

Wirda Mansur dan Kuasa Hukum Paytren Beda Suara, Siapa yang Bohong?

Pernyataan Wirda Mansur itu berbeda dengan pengakuan kuasa hukum Paytren yang menjadi wakil dalam perundingan tripartit atas gugatan 14 karyawan di Kantor Disnaker Bandung.

Tripartit Yusuf Mansur Berlanjut 25 Mei, Karyawan Tuntut Gaji Dibayar

PT VSI melalui kuasa hukumnya, Carlos menyatakan perusahaan milik Yusuf Mansur itu tidak punya dana cukup untuk membayar karyawan.