SOLOPOS.COM - Pentas ketoprak Ki Ageng Suryomentaram. (JIBI/Harian Jogja/Kurniyanto)

Pentas ketoprak Ki Ageng Suryomentaram. (JIBI/Harian Jogja/Kurniyanto)

JOGJA—Perjalanan hidup Ki Ageng Suryomentaram diangkat ke dalam sebuah panggung pertunjukan ketoprak oleh kelompok Ringkes Tjap Tjontong di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Sabtu dan Minggu, (29-30/12/2012) malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pementasan bertajuk “Ki Ageng Suryomentaram” ini tidak sekadar memberikan suguhan informasi kepada para penonton mengenai sisi lain Ki Ageng Suryomentaram di kala masih hidup. Pertunjukkan berdurasi 150 menit tersebut juga sarat pesan filosofis kepada para penonton dalam mengarungi sebuah kehidupan.

Pertunjukkan yang dimulai sejak pukul 20.00 WIB itu sendiri mengundang perhatian ratusan pecinta ketoprak Jogja. Seluruh kursi yang disediakan panitia terisi. Maklum saja, lakon Ki Ageng Suryomentaram ini kabarnya merupakan kali pertama diangkat ke dalam format ketoprak.

“Sejauh yang saya tahu sosok Ki Ageng Suryomentaram memang belum pernah diangkat ke dalam pementasan ketoprak,” kata Susilo Nugroho, sutradara sekaligus pemeran Ki Ageng Suryo Mentaram kepada Harian Jogja, Sabtu, (29/12/2012) usai pentas.

Menurut pria yang akrab disapa Den Baguse Ngarso itu, salah satu alasan yang mendasari dirinya untuk mengangkat Ki Ageng Suryo Mentaram karena merupakan sosok yang begitu fenomenal. Putra ke 55 Sri Sultan Hamengkubuwono VII ini, ungkap dia memiliki kontribusi luar biasa terhadap Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya