Sosok Bripka Rustam, Terjang Banjir Grobogan Sambil Gendong Nenek-nenek

Bhabinkamtibmas Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Bripka Rustam, menggendong Mbah Nasiyem, 80, keluar dari rumahnya yang terendam banjir Senin (6/12/2021) siang.

 Bhabinkamtibmas Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Bripka Rustam menggendong Mbah Nasiyem, 80 tahun untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman, Senin (6/12/2021). (Espos/Arif Fajar Setiadi)

SOLOPOS.COM - Bhabinkamtibmas Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Bripka Rustam menggendong Mbah Nasiyem, 80 tahun untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman, Senin (6/12/2021). (Espos/Arif Fajar Setiadi)

Solopos.com, PURWODADI — Bhabinkamtibmas Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Bripka Rustam, harus menggendong Mbah Nasiyem, 80, keluar dari rumahnya yang terendam banjir Senin (6/12/2021) siang.

Bripka Rustam mengevakuasi Nasiyem ke tempat aman yang tidak terendam banjir. Banjir di Desa Lemahputih terjadi akibat hujan deras. Selian itu, aliran sungai terhambat sehingga menyebabkan tiga dusun di Desa Lemah Putih, Kecamatan Brati, yakni Dusun Mlakas, Dusun Lemahputih, dan Dusun Kepuhrubuh terendam banjir.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Baca Juga : 119 ODHA Karanganyar Putus Pengobatan

Bripka Rustam mendapat informasi jika rumah salah satu warga di Dusun Lemahputih, Nasiyem, terendam banjir. Nasiyem tinggal di rumah sendiri karena anaknya bekerja di luar kota.

“Kondisinya memprihatinkan karena tinggal sendiri dan butuh bantuan. Tidak berani mengungsi karena banjirnya cukup tinggi dan kondisinya tidak memungkinkan. Setelah saya datang dan menyampaikan maksud, akhirnya mau dievakuasi. Karena kondisinya tidak memungkinkan, akhirnya saya gendong ke lokasi yang lebih aman,” ujar Bripka Rustam seusai mengevakuasi warga, Senin (6/12/2021) siang.

Tidak hanya Mbah Nasiyem, Bhabinkamtibmas tersebut juga mengevakuasi Mbah Nasti karena bagian dalam rumahnya tergenang air. Kondisi Mbah Nasti sakit sehingga Bripka Rustam khawatir akan lebih sulit mengevakuasi jika hujan kembali deras.

Baca Juga : Hagglund PMI Bantu Evakuasi Erupsi Semeru, Tahan Hingga 60 ºC

“Semula mbah Nasti enggan dievakuasi, namun setelah diberi pemahaman sama Bu RT 004 juga akhirnya mau. Dievakuasi ke rumah anak perempuannya yang lebih aman,” tutur Bripka Rustam.

Hujan deras menyebabkan 150 rumah warga dan 200 hektare sawah di Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, terendam banjir, Senin (6/12/2021).

Sekretaris Desa (Sekdes) Lemahputih, Darja, menyampaikan penyebab banjir yang melanda tiga dusun karena aliran sungai terhambat.

Baca Juga : Banjir Landa Brati Grobogan, 150 Rumah dan 200 Hektare Sawah Terendam

“Jadi endapan lumpur anak Sungai Lusi yang berada di sisi barat Desa Lemahputih sudah tinggi. Sehingga aliran sungai tidak lancar masuk ke Sungai Lusi. Akibatnya sekitar balai desa dan tiga dusun terdampak. Ada sekitar 150 rumah terendam paling tinggi 80 sentimeter [cm], kalau di areal sawah sekitar 1 meter,” jelas Darja saat mengecek banjir depan balai desa, Senin.

Sekdes Lemahputih menyampaikan areal pertanian sudah terdampak banjir sekitar 25 hari. Akibatnya, tanaman padi berusia 10 hari busuk. Kawasan perumahan warga sudah terendam air sejak dua hari hingga empat hari ini.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

1,7 Juta Bayi Belum Imunisasi, Black Campaign Picu Kesenjangan Imunitas

+ PLUS 1,7 Juta Bayi Belum Imunisasi, Black Campaign Picu Kesenjangan Imunitas

Pada periode 2019-2021, Kementerian Kesehatan mencatat 1,7 juta bayi belum memperoleh imunisasi dasar. Black campaign antiimunisasi yang disampaikan terang-terangan melalui seminar maupun talkshow melahirkan kesenjangan imunitas di kalangan anak-anak.

Berita Terkini

Kecamatan Terpadat di Jateng Ternyata Kaya Akan Bangunan Bersejarah

Kecamatan terpadat di Jawa Tengah atau Jateng rupanya memiliki banyak bangunan bersejarah seperti Keraton Kasunanan Surakarta dan Benteng Vastenburg.

Kecamatan Terpadat di Jateng Ternyata Ada di Kota Ini

Berikut fakta kecamatan terpadat di Jawa Tengah atau Jateng yang ternyata ada di bagian selatan Pulau Jawa.

Holywings di Semarang yang Tutup Ternyata Pernah 3 Kali Disegel

Holywings di Semarang yang saat ini ditutup imbas promo miras di Jakarta ternyata pernah disegel tiga kali oleh Satpol PP.

Satpol PP Kota Semarang Gelar Razia, 18 PSK Terjaring

Belasan PSK terjaring razia yang digelar Satpol PP di empat lokasi di Kota Semarang, Selasa (28/6/2022) malam.

Operasi Patuh Candi, Angka Kecelakaan di Klaten Tertinggi se-Jateng

Data Ditlantas Polda Jateng menyebutkan angka kasus kecelakaan lalu lintas di Klaten tertinggi se-Jateng selama pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2022.

Kilas Balik Teror Bom Ledakkan Patung Buddha dan Stupa Candi Borobudur

Sembilan dari 72 stupa yang di dalamnya terdapat patung Buddha di Candi Borobudur Magelang pernah menjadi sasaran teror bom yang diledakkan pada Senin, 21 Januari 1985.

Tumpahan Minyak Cemari Sungai di Cilacap, Ini Kata Pertamina

Tumpahan minyak mentah milik Pertamina Cilacap tumpah dan mencemari Sungai Donan di Kabupaten Cilacap.

Beli Minyak Goreng Pakai Pedulilindungi, Ini Kata Bakul Pasar Semarang

Pedagang atau bakul pasar di Kota Semarang menilai penerapan penggunaan aplikasi Pedulilindungi untuk beli minyak goreng dinilai menyusahkan.

Anak Main Korek Api, Rumah Warga Godong Nyaris Terbakar

Rumah milik warga Godong, Kabupaten Grobogan nyaris terbakar gegara anak laki-lakinya bermain korek api di kamar, Selasa (28/6/2022).

12 Gerai Holywings di Jakarta Ditutup, Begini Nasib yang di Semarang

Gerai Holywings di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dikabarkan juga ikut ditutup imbas promo miras yang dilakukan Holywings Jakarta.

Operasi Patuh di Jateng Berakhir, Ini Daerah Pelanggaran Tertinggi

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho, menyebut Kendal menjadi daerah dengan angka pelanggaran lalu lintas tertinggi selama Operasi Patuh Candi 2022.

Kreatif! Warga Semarang Lukis Bung Karno dengan Padi di Sawah

Petani Desa Bergas Lor, Kabupaten Semarang, membuat lukisan Bung Karno dengan media padi di area persawahan untuk menyambut Bulan Bung Karno.

Terima 5.000 Dosis Vaksin PMK, Disnakkan Grobogan: Masih Kurang

Terima 5.000 dosis vaksin PMK dinilai masih kurang banyak mengingat jumlah hewan ternak sapi dan kerbau di Grobogan mencapai 207.000 ekor.

Simak! Ini Beda Congyang Semarang dengan Ciu Bekonang Sukoharjo

Ciu Bekonang Sukoharjo dengan congyang asal Semarang dua minuman keras atau miras produk dalam negeri atau lokal yang memiliki sederet perbedaan.

Pesugihan Nyi Blorong di Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong di Kebumen, Jawa Tengah, menyimpan kisah misteri tentang ritual pesugihan Nyi Blorong.

Waduh! Bayi Stunting di Salatiga Bertambah, Ini Sebabnya

Angka stunting pada bayi di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), mengalami peningkatan selama tahun 2021.