SOLOPOS.COM - Mantan Ketua HIPMI Bahlil Lahadalia tiba di Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). (Antara-Puspa Perwitasari)

Solopos.com, JAKARTA -- Sejumlah tokoh hadir ke Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019), menjelang pengumuman kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Salah satunya adalah mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia yang datang ke Istana guna memenuhi panggilan Presiden Jokowi.

Promosi Jadi Merek Bank Paling Berharga di RI, Nilai Brand BRI Capai US$5,3 Miliar

Bahlil datang mengenakan kemeja putih seperti halnya para tokoh yang datang ke Istana sejak Senin (21/10/2019). Lalu apa kiprah Bahlil Lahadalia selama ini?

Bahlil Lahadalia yang lahir di Maluku Utara 7 Agustus 43 tahun silam adalah mantan Ketua Hipmi periode 2015-2019. Latar belakang pria itu berangkat dari keluarga dengan ekonomi kurang mampu.

Bahlil sudah membantu perekonomian keluarga sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar dengan berjualan kue. Saat SMP, Bahlil sempat menjadi kondektur dan menjadi sopir angkot saat duduk di bangku SMEA.

Bahlil Lahadalia menghabiskan masa kuliahnya di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura, Papua.

Semasa kuliah, dia dikenal aktif menjadi pengurus senat mahasiswa hingga bergabung di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang membawanya menduduki posisi puncak sebagai Bendahara Umum PB HMI.

Pada 2003, nama Bahlil Lahadalia terdaftar di Hipmi tingkat kabupaten, provinsi, hingga ke pengurus pusat.

Setelah memiliki berbagai pengalaman dalam organisasi dan memiliki pekerjaan bergaji tinggi, Bahlil memutuskan keluar dari pekerjaannya dan mendirikan perusahaannya sendiri.

Dengan melihat begitu banyak sumber daya alam yang melimpah di tanah Papua, dia menjadikan peluang untuk membuka usahanya. Saat ini Bahlil memiliki 10 perusahaan di berbagai bidang di bawah bendera PT Rifa Capital sebagai holding company.

Pada 2015, karier Bahlil Lahadalia sebagai pengusaha lengkap saat Munas Hipmi, di mana peserta memilihnya menjadi Ketua Umum Hipmi periode 2015–2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya