SOLOPOS.COM - Ilustrasi surat suara (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, JOGJA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja akan mengerahkan 50 orang untuk menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2014.

Adapun surat surat suara yang diperkirakan baru akan sampai 5 Maret mendatang itu berjumlah 1 juta surat suara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami rasa dengan 50 orang sudah cukup. Estimasi kami, penyortiran dan pelipatan surat suara akan selesai 7-10 hari. Apalagi kami sudah melakukan simulasi dan hasilnya tidak ada masalah,” kata Ketua KPU Kota Jogja, Wawan Budiyanto, Rabu (26/2/2014).

Menurut dia, pelipatan dan penyortiran surat suara akan dilangsungkan di gudang KPU Jalan Ngeksigondo, Kotagede. Mereka terbagi dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 10 orang.

Dia menuturkan, untuk mempermudah koordinasi dan pengawasan mereka dibagi dalam kelompok-kelompok. Menurut dia, mereka yang terlibat dalam pelipatan dan penyortiran surat suara tersebut sebagian besar sudah berpengalaman ikut melipat kartu suara pada Pilkada maupun Pemilu 2009.

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, para pelipat surat suara tersebut masing-masing diberikan tanda pengenal.

“Mereka juga akan kami periksa saat keluar gudang, untuk memastikan tidak membawa surat suara. Untuk surat suara yang rusak kami masih menunggu petunjuk dari KPU pusat, apakah nanti mau dihanguskan atau seperti apa,” jelasnya.

Dia menambahkan, selain menunggu surat suara, saat ini KPU Kota tengah melakukan perakitan kotak suara. Pihaknya menargetkan perakitan selesai dalam jangka waktu 10 hari.

“Sampai kini dari 3.800 kotak suara, telah ada 1.000 kotak suara yang berhasil dirakit dan dipindahkan dari gudang KPU di Jalan Tegal Turi ke gudang Jalan Ngeksigondo,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya