SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan matahari melintas tepat di atas Kakbah, Senin (15/7/2019) dan Selasa (16/7/2019). Fenomena alam ini akan terjadi sekitar pukul 16.26 WIB atau 17.26 WITA.

Saat fenomena alam itu terjadi, bayangan benda apa saja yang berdiri tegak lurus akan mengarah tepat ke Kakbah. Dengan demikian, garis bayangan tersebut dapat dijadikan sebagai patokan arah kiblat. Menurut informasi BMKG, fenomena alam tersebut hanya bisa diamati di wilayah Indonesia barat dan tengah. Sementara di wilayah Indonesia timur tidak bisa teramati karena matahari sudah tenggelam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak lupa, BMKG memberikan panduan mengecek ulang arah kiblat. Mau tahu caranya? Simak ulasannya berikut:

1. Tancapkan lidi atau penggaris kayu panjang secara tegak lurus di tanah sebelum matahari berada tepat di atas Kakbah pukul 16.26 WIB. Pastikan lidi tersebut terkena sinar matahari agar menghasilkan bayangan.

2. Tandai arah bayangan yang dihasilkan oleh lidi yang telah disediakan pada 16.26 WIB.

3. Arah kiblat mengarah dari ujung bayangan menuju batang yang disediakan.

Fenomena alam tersebut bakal terulang setiap tahun pada 27-28 Mei dan 15-16 Juli. Khusus di wilayah Indonesia timur dapat melakukan pengamatan matahari tepat di antipoda (di sebalik arah) Kakbah yang terjadi setiap 16 Januari pukul 06.29 WIT dan 28 November pukul 06.09 WIT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya