SOLOPOS.COM - Demo buruh di Semarang, Rabu (3/10/2012). (Foto: JIBI/SOLOPOS/Antara)

Demo buruh di Semarang, Rabu (3/10/2012). (Foto: JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA–Hari ini, Rabu (3/10/2012) massa buruh yang berunjuk rasa di Jakarta di kabarkan akan mendatangi Monas pukul 15.00.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bila rencana itu dilaksanakan berarti hal itu berbeda dengan pemberitahuan yang diterima pihak kepolisian.

Sebelumnya, pihak Polda Metro menyebutkan dalam pemberitahuan yang masuk, aksi tersebut akan berakhir pada pukul 12.00.

“Mereka yang sudah memberitahukan rencana unjuk rasa. Rencananya dimulai pukul 08.00 WIB sampai sekitar pukul 12.00 WIB. Setelah itu mereka kembali bekerja,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto kepada wartawan.

Menyinggung kemungkinan terjadinya aksi massa yang mengganggu ketertiban umum, Rikwanto menyebutkan bahwa sejumlah antisipasi sudah disiapkan.

Ia menyebutkan, pihak kepolisian berharap aksi mogok kerja yang dilakukan buruh berlangsung tertib dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat, seperti memblolade jalan raya atau melakukan perusakan.

“Kami sudah antisipasi kalau memang terjadi hal itu, seperti menyekat jalan atau turun ke jalan tol. Jika melanggar hukum sudah disiapkan SOP (prosedur operasi standar) untuk menanganinya,” tegasnya.

Untuk pengamanan aksi buruh di Jakarta, sebanyak 15.020 personel dikerahkan untuk melakukan pengamanan. Aparat keamanan disebar ke sejumlah obyek vital di kawasan DKI Jakarta.

Menurut Rikwanto, aparat keamanan terdiri dari personel dari Polda Metro Jaya, BKO Mabes Polri, Polres, Brimob, dan BKO TNI.

Dia memperkirakan ada sekitar 23.000 buruh yang akan melakukan unjuk rasa. Sebanyak 10.000 menuju Bundaran Hotel Indonesia, Istana Negara, dan kawasan Monumen Nasional.

Adapun 10.000 buruh berunjuk rasa di kawasan industri, Jababeka, dan wilayah Bekasi lainnya, sedangkan sisanya berunjuk rasa di wilayah Depok, Jawa Barat.

Rikwanto menyampaikan beberapa elemen buruh dan pekerja yang melakukan aksi seperti Federasi Serikat Pekerja Metal (FSPMI) maupun Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) sudah memberitahukan aksi mogok buruh esok hari.

Sementara berdasar pantauan di jalanan, pada sekitar pukul 11.00 sampai 11.45 situasi arus lalu lintas di Depok Margonda nyaris lengang. Sejumlah mal juga nampak terkesan sepi. Situasi berbeda terjadi di wilayah Cimanggis-Jalan Raya Bogor.

Pemandangan yang agak menggelitik terjadi di perempatan Kuningan-Mampang. Sebuah mobil polisi nampak mengawal sekelompok kecil massa berkendaraan motor yang membawa bendera organisasi pekerja ke arah timur melewati ruas Gatot Subroto-perempatan Pancoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya