SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta-– Pentolan teroris Abu Tholut alias Mustofa alias Pranata Yudha, alias Imron Baihaki yang diyakini sebagai otak perampokan Bank  CIMB Niaga di Medan dibekuk di Kudus, Jawa Tengah Jumat (10/12) pagi tadi. Abu Tholut langsung dibawa ke Jakarta.

“Sore ini akan tiba di Jakarta, karena tim sedang dalam perjalanan,” kata Kepala Bidang Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Polisi Boy Rafli Amar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu disampaikan usai serah terima jabatan dengan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya dengan Komisaris Besar Polisi Baharuddin Jafar di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (10/12).

Penggerebekan Detasemen Khusus 88 di RT 4 RW III Desa Bae Pondok, Kecamatan Bae, Kudus, Jawa Tengah mengakhiri aksi buron Abu Tholut. Penangkapan terjadi sekitar pukul 08.30 WIB.

Abu Tholut adalah salah satu residivis buron kasus dugaan tindak pidana teroris. “Yang bersangkutan tidak melakukan perlawanan saat ditangkap,” ujar Boy.

Saat ini Abu Tholut sedang dalam perjalanan menuju Jakarta. Menurut Boy, penangkapan Abu Tholut merupakan rangkaian dari pengembangan kasus tindak pidana teroris. Mulai dari kegiatan militer di Aceh sampai perampokan Bank Niaga Medan Sumatera Utara.

Apakah akan dibawa ke Markas Komando Brimob Kelapa Dua Depok atau Mabes Polri? “Kami belum bisa memastikan. Namun, dia akan dibawa ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Boy.

Abu Tholut merupakan salah satu tokoh penting dalam organisasi jaringan teroris di Indonesia. Tidak tertutup kemungkinan pengembangan akan terus dilakukan untuk mencari tersangka lainnya.

vivanews/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya