SOLOPOS.COM - Peluncuran Diler Duta Hino Kendal, Jalan Urip Sumoharjo, Wonosari Ngaliyan Semarang. (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kurangnya kemahiran dan kewaspadaan sopir truk dalam mengemudi jumlahnya cukup banyak. Data tersebut diperkuat dengan temuan investigasi kecelakaan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (NKT).

Oleh karenanya, produsen truk Hino, menyiapkan teknologi yang bisa mematau kemahiran dan kewaspadaan pengemudi truk. Nama teknologi itu adalah Hino Telematik, Teknologi ini akan diterapkan di truk keluaran Hino.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

“Jadi melalui teknologi yang namanya Hino Telematik, dengan alat yang terpasang di truk ini, nanti dapat menyatukan pergerakan di jalanan. Misal seperti sopirnya mengerem atau menginjak gas terlalu cepat, melajunya sembarangan, dan bagimana. Jadi jika muncul kesalahan, maka dia perlu melakukan pelatihan ulang,” kata COO Director PT Hino Sales Motors Indonesia, Santiko Wardoyo, usai Peluncuran Diler Duta Hino Kendal, Jumat (10/6/2022).

Tak hanya sampai disitu, masih adanya sopir yang belajar otodidak dari seniornya dinilai bisa menimbulkan masalah.  Sebab, teknologi diyakini selalu berkembang ke depan.

Baca Juga: 10 Berita Terpopuler: Kecelakaan Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

“Selain itu kan, truk memiliki karakteristik kendaraan dan ciri khas masing-masing. Jadi perlu untuk meningkatkan keterampilan para sopir truk secara terus menerus,” imbuh dia.

Peningkatan tersebut, jelas Santiko, para sopir truk harus dibekali peningkatan kemampuan dalam berkendara. Salah satunya safety driving serta pengetahuan mengecek kondisi mesin dan pengereman pada truk.

“Karena kan, mencegah lebih baik daripada terlambat. Itu (safety driving) yang kita tekankan. Supaya para sopir paham,” jelas dia.

Santiko menambahkan, pihaknya pun menyediakan alarm khusus untuk memeriksa kondisi mesin yang perlu diberi perawatan. Hal itu, agar para pengemudi tidak abai dengan kondisi mesin tiap truk yang dikemudikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya