SOLOPOS.COM - Bus baru Trans Jogja berwarna biru siap mengaspal, Rabu (25/5/2016). (Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja)

Kru Trans Jogja diharapkan menjunjung tinggi semangat siap melayani.

Harianjogja.com, JOGJA— Demi meningkatkan pelayanan bagi penumpang, para kru bus Trans Jogja diberikan pembinaan tentang ketertiban berlalu lintas dan peneguhan semangat untuk mengabdi.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Pembinaan dilakukan agar masyarakat semakin mencintai moda angkutan umum yang pertama kali diluncurkan pada 2008 silam itu. Kepala UPT Trans Jogja Dinas Perhubungan DIY Sumariyoto yang menjadi salah satu pemateri meminta seluruh kru yang hadir pada kesempatan itu untuk terus meneguhkan apa yang tertera pada seragam kuning yang dikenakan seluruh kru hari itu, yakni slogan Siap Melayani Dengan Baik.

Ekspedisi Mudik 2024

Slogan itu, ucapnya, harus selalu bisa dipertanggungjawabkan oleh setiap kru yang bertugas. Karena pada diri merekalah hidup dan matinya Trans Jogja dipertaruhkan. Ketika masyarakat merasa nyaman dan termuliakan, maka angkutan itu tidak akan hilang. Namun jika warga sudah antipati, maka pemerintah tidak akan segan-segan menghapus Trans Jogja.

“Saya minta kepada teman-teman semua karena tugas kita adalah melayani masyarakat, ya tolong mereka dimuliakan. Karena kita sudah dibayar. Yang penting masyarakat nyaman dan eksis di Trans Jogja,” himbaunya di Kantor Dinas Perhubungan DIY, Jalan Babarsari, Rabu (22/11/2017).

Salah satu caranya, imbuh Sumariyoto adalah dengan mengemudikan bus secara normal. Tidak ugal-ugalan dengan salip sana sini dan selalu menginjak pedal gas dalam-dalam. Hal itu tidak perlu lagi dilakukan, sebab mereka tak lagi dikejar setoran seperti saat mengemudikan bus perkotaan. Jadi tak perlu lagi buru-buru dan tetap santai. Penumpang pun akan merasa aman.

Ia juga menekankan, para petugas untuk senantiasa mengikuti Standard Operating Procedure (SOP) yang telah tersedia. Jika mendapat giliran tugas sore, hendaknya berangkat sore, ketika dapat giliran pagi, datanglah pagi. Singkatnya tepat waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya