SOLOPOS.COM - Ilustrasi Corona (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, WONOGIRI — Pasien positif virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Wonogiri yang telah sembuh bertambah dua orang. Jumlah pasien Covid-19 sembuh sebanyak tiga orang dari total 10 pasien.

Dua orang tersebut yakni Slamet Hadi Santoso, 70, warga Kadipaten RT 003/RW 002, Jendi, Selogiri yang bekerja sebagai pemulung dan Eko Eviyanto, 48, sopir asal Pandeyan, Jatisrono. Mereka dinyatakan sembuh setelah hasil dua kali tes swab negatif. Hasil tes kali terakhir diterima, Kamis (30/4/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri, Adhi Dharma, saat ditemui Solopos.com di kawasan kota Wonogiri, Jumat (1/5/2020), mengatakan saat ini hanya Slamet yang sudah dipulangkan. Sementara Eko masih menjalani rawat inap di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri.

Gaji 6 Bulan Belum Dibayar, 150 Pegawai Rumah Sakit Marga Husada Wonogiri Merasa Ditelantarkan

Eko masih dirawat karena penyakit penyertanya masih membutuhkan penangangan. Adhi belum dapat menyampaikan penyakit penyerta yang diderita Eko. Dia hanya menyebut penyakit dalam. “Sebenarnya Pak Slamet juga memiliki penyakit penyerta. Tapi dia dalam kondisi baik, sehingga bisa pulang,” kata Adhi.

Dia melanjutkan Slamet dan Eko selama dirawat menjalani empat kali tes swab. Dua kali tes awal hasilnya mereka positif terinfeksi Covid-19. Dua kali tes berikutnya hasilnya negatif yang berarti infeksi di tubuh mereka sudah sembuh.

Meski sudah sembuh dan boleh pulang, Slamet harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari dan menerapkan pola hidup sehat. Dia tak boleh keluar rumah terlebih dahulu agar tidak tertular Covid-19 lagi.

Berusaha Kabur, Pelaku Penjambretan Didor Aparat Polres Boyolali

“Sebelumnya Pak Slamet menjalani RDT [rapid diagnostic test atau rapid test]. Hasilnya nonreaktif [antibodi tak bereaksi atau tak terjadi infeksi]. Setelah dites swab hasilnya positif [terinfeksi Covid-19]. Ada juga kasus hasil RDT reaktif [antibodi bereaksi atau terjadi infeksi], tapi hasil tes swab negatif,” imbuh Adhi.

Enam Masih Dirawat

Dia menginformasikan pasien Covid-19 yang belum sembuh ada enam orang dari jumlah akumulasi 10 pasien. Dua orang di antaranya menjalani karantina mandiri secara ketat di rumah masing-masing. Empat pasien lainnya dirawat di RSUD Wonogiri, RS Bhayangkara Semarang, dan RSUD dr. Moewardi Solo. Seperti diketahui, satu pasien Covid-19 di Wonogiri meninggal dunia.

Cerita Pasien Covid-19 Sembuh di RSUP Kariadi Semarang: Kumis Saya Dicukur Perawat

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari Pos Komando dan Pengendalian (Poskodal) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, hingga Kamis (30/4/2020) pukul 21.00 WIB tercatat jumlah akumulasi pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 46 orang yang terdiri atas 36 orang sembuh, satu orang meninggal dunia (negatif Covid-19), sembilan orang masih dirawat inap.

Sementara, jumlah akumulasi orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 607 orang yang terdiri atas 384 orang selesai dipantau dan 223 orang masih dipantau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya