Sopir Angkutan Umum dan Tukang Ojek di Sragen akan Dapat BLT Subsidi BBM

Pemkab Sragen berencana menyalurkan bantuan sosial subsidi BBM untuk para pengemudi ojek, sopir angkutan, dan pemilik perahu motor. Namun kapan waktunya belum pasti

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 150 sopir angkutan umum pedesaan/perkotaan dan 245 nelayan yang memiliki perahu motor akan mendapat bantuan langsung tunai (BLT). Nilainya Rp150.000/bulan untuk Oktober-Desember 2022.

Begitu pula dengan pengemudi ojek baik pangkalan maupun online (ojol) juga akan mendapatkan BLT dengan nilai yang sama. BLT tersebut diberikan oleh Pemkab Sragen.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen, Catur Sarjanto, mengatakan BLT subsidi kenaikan harga BBM dan bantuan sembako itu diberikan untuk mengantisipasi dampak inflasi. Pemerintah daerah diminta mengalokasikan 2% dari dana pusat yang ditransfer ke daerah. Angka 2% tersebut setelah dihitung nilainya setara dengan Rp5,2 miliar.

“Yang menjadi wewenang Dishub itu berupa BLT di bidang transportasi umum. Selain itu, dana 2% itu juga bisa digunakan untuk penciptaan lapangan kerja dan operasi pasar. Subsidi pembelian BBM untuk angkutan umum diberikan kepada sopir angkutan pedesaan/perkotaan serta pemilik perahu di Waduk Kedung Ombo (WKO),” ujarnya.

Catur mengatakan BLT untuk sopir angkutan umum pedesaan/perkotaan senilai Rp450.000/orang untuk tiga bulan atau Rp150.000/bulan. Subsidi pembelian BBM itu juga diberikan dengan nilai yang sama utuk pemilik perahu.

Baca Juga: Mudah, Begini Cara Cek Bansos BLT BBM dari Kemensos Lewat Ponsel

“Untuk pemilik perahu di WKO nanti dikerjasamakan dengan SPBU terdekat. Jumlah angkutan umum ada 150 unit dan jumlah perahu ada 245 unit,” ujarnya.

Catur menerangkan Dishub juga mengambil kebijakan tambahan untuk menggratiskan uji kendaraan berpelat kuning selama Oktober-Desember 2022 yang diproyeksikan untuk 1.535 unit kendaraan.

Dia mengatakan yang digratiskan itu restribusi pokoknya yang nilainya bervariasi tergantung jenis kendaraan, yakni antara Rp65.000-Rp85.000/unit. Bagi kendaraan pelat kuning yang buku uji kir hilang juga dibantu Dishub dengan sasaran sebanyak 900 unit.

“Subsidi ini bagian dari misi keselamatan bagi kendaraan angkutan barang dan angkutan penumpangan berpelat kuning supaya laik jalan dengan cara uji kendaraan bermotor,” jelasnya.

Baca Juga: Seribuan Driver Ojek dan Sopir Angkutan Umum di Karanganyar bakal Dapat BLT

Sementara untuk bansos bagi ojek online (ojol) dan ojek pangkalan, sebut Catur, sasarannya sebanyak 627 orang yang terdiri atas 587 orang ojol dan 40 ojek pangkalan. Dia mengatakan data itu diserahkan ke Dinas Sosial dan distribusi bansosnya oleh Dinsos.

“Kapan realisasinya masih menunggu proses anggaran,” jelasnya.

Pengendalian Inflasi

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengatakan Pemkab sudah berdiskusi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bank Indonesia untuk pengendalian inflasi. Dia menyampaikan  inflasi di Sragen hanya 0,35%, masih terkendali dengan baik.

Kendati demikian, kata dia, Pemkab menyiapkan dana yang sewaktu-waktu bisa digunakan untuk operasi pasar, untuk penciptaan lapangan kerja atau padat karya, bantuan sosial, dan subsidi angkutan umum.

Baca Juga: Pembagian BLT di Gondang Sragen, Ngadiyem: Alhamdulillah Bisa Beli Beras

“Nilai anggarannya Rp5,2 miliar yang diambilkan dari 2% dana transfer. Kami siapkan dulu anggarannya karena situasi inflasi di Sragen masih terkendali. Operasi pasar pun belum dilakukan karena harga kebutuhan pokok belum melambung tinggi. Yang akan dikerjakan kemungkinan pekerjaan padat karya,” jelasnya.

Bila sampai Desember 2022 nanti, jelas dia, inflasi di Sragen dan Jateng terkendali maka dana itu akan menjadi sisa lebih pelaksanaan anggaran (Silpa) 2022. Sampai sekarang Bupati belum berani menggunakannya karena belum ada dasar regulasi untuk menggunakan dana itu.

“Artinya apakah ketika inflasi mencapai rata-rata inflasi nasional baru boleh digunakan. Atau dana itu boleh digunakan untuk mencegah terjadinya inflasi? Semua itu belum ada kejelasan,” katanya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (4/10/2022), bisa disimak di sini.

      Ustaz Adi Hidayat akan Isi Pengajian Muktamar Muhammadiyah Solo Akhir Pekan Ini

      Tabligh Akbar itu bakal diikuti warga persyarikatan Muhammadiyah se-Soloraya secara daring dan luring. Diperkirakan ada 100.000 jemaah yang bakal mengikuti acara.

      Agenda Solo Hari Ini: Fashion Show By Sosialita di SBF, Krenova di STP

      Agenda Kota Solo hari ini, Rabu (5/10/2022), akan ada Fashion Show By Sosialita di Solo Batik Fashion, Krenova Subosukawonosraten di Solo Technopark dan wayang orang di GWO Sriwedari.

      Stok Vaksin Covid-19 di Solo Habis, Ini Langkah Wali Kota Gibran

      Stok vaksin Covid-19 di Solo habis sejak awal Oktober dan sudah mengajukan stok ke Dinkes Jateng

      Tekan Inflasi, Klaten Galakkan Tanam Sejuta Pohon Cabai

      Pemkab Klaten menggalakkan menanam sejuta pohon cabai sebagai upaya menekan inflasi.

      Berlokasi di Perbatasan Sukoharjo-Karanganyar, Pasar Sedayu Milik Sukoharjo

      Pasar Sedayu terdapat 34 pedagang kios dan 132 pedagang los yang mayoritas menjajakan busana, bahan makanan berupa sayuran, makanan ringan, dan kebutuhan pokok, serta hewan ternak.

      Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

      Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

      Kabel PT Telkom Senilai Puluhan Juta Rupiah Dicuri, Begini Cara Pelaku Beraksi

      Sindikat pencuri kabel Telkom membawa beragam peralatan seperti linggis, kapak, pasak hingga balok kayu untuk mempermudah mengangkat gulungan kabel.

      HUT Ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo Undang Tukang Becak Makan Bersama

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini: Berawan lalu Gerimis saat Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (5/10/2022), diprediksi berawan saat pagi hingga siang kemudian hujan dengan intensitas ringan saat sore.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Aman! Berawan Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Rabu (5/10/2022) diprediksi berawan sepanjang hari menurut BMKG.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022, Lebih Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022, Dominan Berawan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Solo Rabu 5 Oktober: Berawan Sepanjang Hari dan Tidak Hujan

      Prakiraan cuaca Kota Solo pada Rabu (5/10/2022) ini menurut prakiraan cuaca dari BMKG akan berawan sepanjang dan tidak ada potensi hujan.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Rabu Ini: Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Rabu Ini: Berawan Pagi-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.