SOLOPOS.COM - Logo Sony (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Sony bakal fokus mengembangkan kamera dan Play Stasion. Apakah dengan kebjiakan ini  Sony bakal menghentikan produksi smartphone?

Solopos.com, TOKYO – Perusahaan elektonik asal Jepang, Sony, berencana meningkatkan laba operasional 25 kali lipat dalam waktu tiga tahun dengan fokus pada sensor kamera dan unit Play Station-nya yang berarti sektor produksi lain seperti TV dan smartphone berpotensi untuk dihentikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabar ini diungkapkan oleh CEO Sony, Kazuo Hirai,  yang mengatakan Sony kini tak lagi mengejar pertumbuhan penjualan di sejumlah bidang seperti smartphone yang saat ini bersaing ketat dengan saingan asal Asia yang lebih murah, seperti Samsung.

Sony akan memfokuskan pengeluaran pada bisnis yang lebih menguntungkan seperti sensor kamera, video game, dan hiburan untuk kembali tumbuh, setelah perusahaan tersebut diprediksi akan mengalami kerugian dalam enam hingga tujuh tahun mendatang.

“Strategi yang dimulai pada tahun bisnis berikutnya berkisar tentang menghasilkan keuntungan dan investasi untuk pertumbuhan,” kata Hirai, seperti dilansir Antara dari Reuters, Kamis (19/2/2015).

Hirai menambahkan Sony akan diberikan otonomi yang lebih besar untuk membuat keputusan bisnis mereka sendiri. Saat ditanya tentang TV dan unit smartphone, Hirai mengatakan ia akan tetap mempertimbangkan jalan keluar. Pernyataan yang paling jelas dari Sony sampai saat ini adalah tentang kemungkinan menjual atau mencari mitra memperjuangkan unit tersebut.

Sony berada di tengah-tengah restrukturisasi yang sejauh ini telah membuatnya menjual divisi komputer pribadi dan spin off bisnis TV, yang menyebabkan Sony harus memberhentikan ribuan pekerjanya.

Saham Sony meningkat tajam hingga lebih dari 80 persen tahun lalu dikarenakan investor menyambut baik restrukturisasi tersebut, yang dipercepat sejak Hirai menunjuk Kenichiro Yoshida sebagai  chief strategy officer pada akhir 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya