Songsong Generasi Emas, 34 Sekolah di Jateng Ikuti Program Gesid

Danone Indonesia bersama Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) Surakarta melakukan kick off program Generasi Sehat Indonesia (Gesid) di Kabupaten Klaten, Kabupaten Magelang, dan Kota Semarang.

 Kick off program Gesid digelar secara online, Sabtu (13/8/2022). Program GESID digulirkan sebagai edukasi kesehatan dan pembentukan karakter remaja. (tangkapan layar)

SOLOPOS.COM - Kick off program Gesid digelar secara online, Sabtu (13/8/2022). Program GESID digulirkan sebagai edukasi kesehatan dan pembentukan karakter remaja. (tangkapan layar)

Solopos.com, KLATEN — Danone Indonesia bersama Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) Surakarta melakukan kick off program Generasi Sehat Indonesia (Gesid) di Kabupaten Klaten, Kabupaten Magelang, dan Kota Semarang. Program itu digulirkan sebagai salah satu upaya memastikan bahwa remaja menjadi generasi emas Indonesia.

Kick off program Gesid digelar secara online, Sabtu (13/8/2022). Hadir dalam kick off tersebut Kasi SMA/SLB Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Jawa Tengah, Toenggoel Harso Poernomo dan Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah, Widwiono.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo, menjelaskan Indonesia bakal mendapatkan bonus demografi pada 2045 mendatang. Bonus demografi adalah kondisi komposisi penduduk usia produktif (15-64 tahun) lebih besar dibandingkan dengan penduduk usia nonproduktif.

Hanya, bonus demografi itu tidak bisa diperoleh jika tak disiapkan mulai saat ini. Apalagi, saat ini ada sejumlah permasalahan kesehatan remaja seperti malnutrisi serta anemia.

“Dalam jangka panjang ini akan berdampak terhadap masa depan Indonesia karena remaja merupakan penerus bangsa. Apabila remaja mengalami kondisi kesehatan tersebut, berisiko melahirkan anak yang stunting,” kata Karyanto.

Baca Juga: Jelang HUT Kemerdekaan RI, Ini Deretan Film Bertema Perjuangan

Sebagai salah satu mitra strategis BKKBN, Danone Indonesia berkomitmen mengatasi permasalahan kesehatan di Indonesia. Salah satunya membuat program Gesid, edukasi gizi dan kesehatan serta pendidikan karakter.

“Di Jateng kami sangat aktif dan bekerja sama dengan LPTP Surakarta. Program ini sukses diimplementasikan di Boyolali, Klaten, dan Wonosobo. Pada 2022, program ini dijalankan menjangkau Kabupaten Klaten, Kabupaten Magelang, dan Kota Semarang. Semoga kick off ini bisa memberikan manfaat bagi semua,” kata Karyanto.

Pada 2022, program itu akan menyasar ke 34 SMP serta SMA/SMK di Kota Semarang, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Magelang. Selain itu ada satu perguruan tinggi di Semarang. Ditargetkan, ada 400 siswa yang menjadi duta Gesid dan 68 guru pendamping.

Sekretaris Badan Pengurus LPTP Surakarta, Sumino, mengatakan program Gesid pada 2022 menyasar ke wilayah baru.

Baca Juga: Dirjen Dikdasmen Kunjungi SMPN 1 Jogonalan Klaten, Persiapan PTM?

“Tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini program berjalan dengan lebih mantap karena bisa secara offline sehingga interaksi langsung bisa dilakukan secara intensif,” kata Sumino.

Widwiono mengatakan presiden jauh hari sudah mencanangkan program peningkatan SDM dengan peningkatan kesehatan balita serta menurunkan angka stunting. Kelompok remaja menjadi bagian penting menuju generasi emas pada 2045.

Lantaran hal itu, Widwiono mengapresiasi bergulirnya program Gesid. Selain mengedukasi kesehatan kepada remaja, program tersebut sekaligus menjadi media pembentukan karakter.

Selain kick off program tahun ini, kegiatan diisi dengan talkshow yang menghadirkan narasumber dari Danone Indonesia, Kepala SMPN 1 Jogonalan Klaten, Endah Sulistyowati; guru pendamping SMKN 1 Kalibawang Wonosobo, Ahmad Mangshur; dan duta Gesid 2021 dari SMKN 1 Mojosongo Boyolali, Maryono.

Baca Juga: Saat Gubernur Ganjar Pranowo Diajak Nyanyi Lagu Tulus di SMAN 1 Klaten

Dalam paparannya, Kepala SMPN 1 Jogonalan Klaten, Endah Sulistyowati, menjelaskan program Gesid sudah berjalan di SMPN 1 Jogonalan sejak 2021 dan berkelanjutan hingga kini. Gesid melengkapi program yang sudah bergulir di SMPN 1 Jogonalan, yakni sekolah sehat.

“Di sekolah sehat itu ada aksi bergizi dengan sasaran siswa mengetahui program isi piringku, makan pagi rutin sejak 2019 sudah melakukan itu, setiap Jumat rutin ada pemberian TTD [tablet tambah darah] dan ini sudah berjalan sejak 2019. Dengan program Gesid ini, siswa terlibat dalam mengampanyekan kesehatan remaja,” kata Endah.

Endah menjelaskan duta Gesid terus berkembang di SMPN 1 Jogonalan dan mendukung kampanye yang dilakukan di sekolah termasuk kampanye antiperundungan. Gesid sudah menjadi ekstrakurikuler dan berkembang dalam program masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Percepatan Pemulihan Pascapandemi Jadi Tema ISETH ke-8 UMS

      Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan menyelenggarakan International Summit on Science, Technology, and Humanity (ISETH) pada Senin-Selasa (5-6/12/2022) mendatang.

      UMK 2023 Klaten Diusulkan Naik 6,78%, Jadi Rp2,1 Juta

      Nilai upah minimum kabupaten (UMK) 2023 Klaten diusulkan Rp2.152.322,94 atau naik sekitar 6,78 persen dibandingkan UMK 2022.

      Gending Bertema Persis Solo akan Dibawakan saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo mempersiapkan gending (lagu dari gamelan) bertema Persis Solo dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Pidato Tuntas Subagyo saat DBLA di Purbayan Sukoharjo Membius Ribuan Orang

      Pidato Pendiri sekaligus Ketua Umum Dewan Pembina YSNW, Tuntas Subagyo, membius 6.000-an anggota organisasi itu saat DBLA di Desa Purbayan, Baki, Kabupaten Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      ISI Solo Siapkan 2 Grup Karawitan di Pernikahan Kaesang-Erina

      Dua grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo akan tampil dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Tanpa Dukungan Penuh Pemkab, Wonogiri Sulit Capai Target Bebas AIDS Tahun 2030

      Target bebas acquired immune deficiency syndrome (AIDS) pada 2030 di Wonogiri sulit tercapai jika tidak ada dukungan serius dari Pemkab setempat.

      Fakta-Fakta Penangkapan Terduga Teroris di Sukoharjo Pada Kamis Pagi

      Fakta-fakta penangkapan terduga teroris di empat lokasi wilayah Kabupaten Sragen, Kamis (1/12/2022).

      Sudah 40 Persen, DPU BMCK Jateng Hentikan Pekerjaan Jembatan Ganefo Sragen

      DPU BMCK Jateng menghentikan kontrak pembangunan Jembatan Ganefo Sragen. Penghentian proyek tersebut disebabkan adanya revisi desain bawah jembatan.

      Menjelajahi Geopark Dunia di 7 Geosite Wonogiri

      Wonogiri menyimpan keindahan situs taman Bumi yang indah serta kekayaan arkeologi di zaman purbakala.

      Membeludak! Ribuan Orang Ikut Doa Bersama Lintas Agama di Purbayan Sukoharjo

      Ribuan orang anggota organisasi dan tamu undangan Tuntas Subagyo dari berbagai daerah memadati Taman Ratu Maulidya di Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      Truk Uruk Tol Solo-Jogja Terguling di Ceper Klaten, Tak Ada Korban Jiwa

      Kecelakaan lalu lintas melibatkan satu unit mobil dan satu unit truk terjadi di ruas jalan Ceper-Besole, Desa Ceper, Kecamatan Ceper, Jumat (2/12/2022) sore.

      Pelat Baja Diganti Baru, Getaran di Jembatan Mojo Berkurang Drastis

      Penggantian pelat jembatan dengan sistem baja ortotropik di Jembatan Mojo bertujuan menambah ketahanan terhadap beban kendaraan bermotor.

      Tenyata Ada 2 Warga Pendatang yang Pernah Ditangkap Densus 88 di Ngruki RT 01

      Tercatat ada dua warga pendatang di Dukuh Ngruki RT 01/RW 16, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo yang pernah ditangkap Densus 88 Antiteror.

      Penanggulangan HIV di Wonogiri Masih Terkendala Stigmatisasi

      Penanggulangan human immunodeficiency virus/acquired immune deficiency syndrome (HIV/AIDS) di Wonogiri masih terhalang stigmatisasi.

      Wonogiri Terhindar dari Penghentian Siaran TV Analog, Warga Masih Waswas

      Warga di perbatasan Wonogiri mengaku tetap waswas meski Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memastikan analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi (TV) analog tak terjadi di Kabupaten Sukses.