SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ANEKA RASA: Aneka rasa yoghurt Magic Moo. (foto: Hendra Saputra/SPFM)

[SPFM], Ide dan kreasi makanan selalu muncul dari mana saja. Mulai dari ide yang sederhana hingga yang rumit pun, selalu bermunculan. Bahkan dari satu bahan dasar saja, dapat menghasilkan berbagai hasil dan kreasi menu baru. Seperti yang dilakukan oleh  Stefany Esti Mulatsasi, yang menjadi creator dari Magic Moo Yogurt. Stefany dan kedua rekanya menjalani bisnis Yogurt sejak dua bulan yang lalu. Stefany saat ditemui mengatakan, ide awal dirinya membuat Yogurt adalah karena dirinya tidak suka minum susu. Namun tetap ingin menikmati manfaat dari susu. Hal itu yang memicu Stefany untuk membuat produk dari susu segar, yang dapat dinikmati orang yang tidak suka susu. Stefany menuturkan, untuk membuat Yogurt tersebut, dirinya belajar secara otodidak melalui internet. Stefany hanya membutuhkan waktu 2 pekan untuk berhasil membuat Yogurt, dan diberikan kepada teman-temannya untuk dicoba sekaligus sebagai promosi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Disiplin takaran dan waktu

Modal awal untuk memulai bisnis Yoghurt mencapai puluhan juta rupiah. Stefany menuturkan, sebagaian modalnya memang digunakan untuk membeli peralatan, dan bahan-bahan untuk membuat yogurt itu. Pada mulanya, pihaknya hanya memproduksi yogurt 5 liter setiap harinya. Stefany mengungkapkan, tantangan terbesar dalam  membuat yogurt adalah kedisiplinan. Sebab, semua takaran bahan campuran dan waktu fermentasi untuk membuat yogurt harus tepat. Jika tidak maka produksi yogurt tidak akan jadi. Stefany menjelaskan, saat ini memiliki lebih dari 11 rasa yogurt.  Seperti original, durian, mocca,strawberry, guava, mango, cappuccino, melon. Bahkan selain itu, dirinya juga membuat ice cream yougurt dan es lilin yogurt. Dengan harga mulai dari seribu rupiah untuk es lilin, dan 3500 rupiah untuk ice cream,serta  7500 rupiah untuk 250ml yogurt, Stefany yakin mampu bersaing dengan produk-produk yang lain. Alasannya adalah, produk yogurt yang dibautnya menggunakan susu murni yang berkualitas, serta bahan-bahan penunjunag lainya juga nomor satu. Selain itu, harga yang terjangkau juga membuat produk ini laris dipasaran. Kini dalam 1 hari Stefany mampu menjual lebih dari 30 botol yogurt.

Dari CFD ke bazaar

Untuk pemasaran produk sendiri, Stefany telah menggunakan berbagai cara. Diantaranya adalah, berjualan di Solo Car Free Day, mengikuti sejumlah bazar-bazar, dan menjalin kerjasama dengan sejumlah sekolah. Selain itu, pihaknya juga menggunakan dunia maya atau internet untuk ajang promosi. Stefany menambahkan, pihanyak ingin produk Magic Moo tersebut dapat dinikmati oleh semua kalangan. Oleh sebab itulah, dirinya menjual yogurt tersebut tidak terlalu mahal. selain itu, Stefany juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat akan manfaat dari yogurt terhadap kesehatan. Stefany menjelaskan, jika Yogurt dikonsumsi secara rutin, akan mampu menghambat kadar kolestrol dalam darah. Sebab yoghurt mengandung bakteri lactobasillus. Lactobasillus berfungsi menghambat pembentukan kolestrol dalam darah, yang berasal dari makanan yang kita makan seperti jeroan atau daging.,

Saat ini Stefany terus berusaha agar usahanya semakin berkembang. Promosi pun terus dilakukan, agar masyarakat semakin mengenal produknya. Stefany menuturkan, bahkan dalam waktu dekat ini dirinya telah diajak kerjasama dengan seorang dari Klaten. Dengan adanya kerjasama itu, maka pihaknya harus mampu menghasilakan 50 liter yogurt setiap harinya.  Oleh sebab itulah, kedepan Stefany ingin membuat tempat produksi yang lebih besar lagi. Stefany menuturkan, pangsa pasar yogurt di Solo memang masih cukup luas, sehingga peluang usaha ini memang sangat menjanjikan.  

Alamat Magic Moo Yogurt: Jalan Arifin nomor 98 Kepatihan, Solo. [SPFM/hen]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya