SOLOPOS.COM - Ilustrasi Menenun Kain Lurik (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Menenun Kain Lurik (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Menenun Kain Lurik (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyiapkan jenis kerajinan unggulan yang bakal dipamerkan dalam ajang Soloraya Creative Expo 2013 yang digelar di  Benteng Vastenburg, Solo pada 20-24 November mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu kerajinan yang diunggulkan Klaten yakni kerajinan lurik.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepastian keikutsertaan Klaten dalam Soloraya Creative Expo 2013 itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disperindagkop dan UMKM) Klaten, S. Sapto Aji.

Menurutnya lurik yang diproduksi dengan alat tenun bukan mesin (ATBM) itu menjadi unggulan karena pasaran dan kualitasnya sudah sangat luas. Bahkan, lurik khas Klaten kini telah memiliki banyak perkembangan dari segi desain. Sentra industri lurik ATBM di Klaten di antaranya berada di Bayat, Cawas dan Pedan.
Selain itu, pihaknya juga harus menyeleksi berbagai macam jenis kerajinan unggulan lain. Klaten juga mengunggulkan batik tulis yang menjadi potensi kerajinan di wilayah Bayat.  Saat ini, Klaten memiliki banyak potensi kerajinan di antaranya furnitur, gerabah dan keramik Melikan, kerajinan payung Juwiring, kipas dan sungu di Polanharjo.

“Potensi industri kerajinan itu tersebar di 26 kecamatan, nantinya kami seleksi mana yang ditampilkan dalam Soloraya Creative Expo November mendatang,” ungkap Sapto Aji kepada wartawan di Klaten, akhir pekan kemarin.

Gelaran Soloraya Creative Expo 2013 sendiri merupakan kegiatan promosi bersama yang menitikberatkan pada potensi produk-produk kreatif unggulan di sektor industri, perdagangan, jasa, pariwisata maupun investasi se-Soloraya.  Kegiatan itu digelar oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo. Pihaknya berjanji akan menyiapkan semua potensi yang menjadi ciri khas Klaten dalam Soloraya Creative Expo 2013. “Sebab, dalam ajang itu semua kabupaten/kota se-Soloraya ikut memamerkan keunggulan kerajinan mereka,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya