SOLOPOS.COM - Logo Soloraya Creative Expo 2014 (JIBI/Solopos/Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Panitia pelaksana Soloraya Creative Expo (SCE) 2014 menargetkan kehadiran 20.000 pengunjung selama acara tersebut berlangsung, Rabu-Minggu (15-19/10/2014). Selain tiket digratiskan, ada pula hadiah seekor sapi dan tiket pesawat Solo-Jakarta bagi pengunjung yang beruntung.

Ketua panitia pelaksana SCE 2014, Daryono, menyampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali memberi fasilitas berbagai macam kegiatan menarik juga disiapkan bagi pengunjung. Meski gratis, pengunjung diwajibkan untuk mengisi biodata tiket tanda masuk untuk kemudian diundi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Akan ada satu ekor sapi dan tiga tiket Citilink Solo-Jakarta pergi-pulang. Kami memilih sapi sebagai hadiah karena Boyolali terkenal dengan sapi,” ungkap Daryono saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (14/10/2014).

Pada acara tersebut akan ada 150 stan untuk 200 usaha kecil menengah (UKM). Sebanyak 90 stan diberikan free kepada UKM asalkan sesuai dengan kriteria dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Boyolali.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo juga menyediakan 40 stan dan 20 stan untuk kuliner. UKM yang mengikuti SCE kali ini diutamakan yang bergerak di bidang industri kreatif seperti handicraft, fashion, kuliner dan seni pertunjukan.

Dia menyampaikan tidak ada target transaksi pada pameran tersebut. Menurut dia, pameran di daerah biasanya untuk meningkatkan kesadaran dan daya saing pengusaha lokal. Apalagi pada tahun depan, ada masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) sehingga persaingan yang terjadi sudah antarnegara. “Melalui SCE ini kami berharap Soloraya lebih dikenal sebagai destinasi wisata industri kreatif sehingga memberi peluang pertumbuhan industri kreatif,” ujarnya.

Buyer Luar Negeri
Menurut dia, pelaku UKM yang mengikuti kegiatan tersebut antara lain berasal dari Soloraya, Jateng, Jatim, Jakarta, dan Bandung. Buyer yang datang tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga luar negeri, seperti Thailand dan Malaysia. Mereka sudah memberi konfirmasi akan menghadiri acara yang akan diadakan di Alun-Alun Kemiri tersebut.

Khusus untuk buyer, Daryono mengatakan akan fam trip untuk berkeliling melihat potensi wisata dan industri kreatif Boyolali. Sentra-sentra kerajinan itu antara lain usaha tembaga dan kuningan di Tumang Cepogo; sentra industri abon, dendeng, dan susu di Ampel; sentra industri fashion; boneka; desa wisata Samiran Selo, dan lain-lain.

Dia juga menjelaskan pada pembukaan yang diadakan pada Rabu (15/10/2014) pukul 19.00 WIB tersebut akan dihadiri 500 undangan dan dibuka oleh Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya