SOLOPOS.COM - Warga melintasi kawasan Alun-alun Karanganyar, Jumat (16/1/2015). Saat ini Pemkab Karanganyar menata pedagang kaki lima (PKL) di kawasan tersebut. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Soloraya Creative Expo 2015 digelar di Alun-alun Karanganyar November mendatang.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 60 buyer asing ditargetkan akan menghadiri gelaran Soloraya Creative Expo (SCE) 2015 yang diadakan di Alun-alun Karanganyar pada pertengahan November mendatang.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Wakil Ketua Organisasi dan Kerjasama, M. Farid Sunarto, selaku Streering Commite (SC) SCE 2015, mengatakan kegiatan bertaraf nasional yang diadakan kali ketiga ini tidak berbeda jauh dari penyelenggaraan sebelumnya.

Dia mengatakan SCE masih fokus menghadirkan produk unggulan masing-masing daerah dan diharapkan mampu menembus pasar internasional. Oleh karena itu, buyer dari luar negeri pun diundang untuk menghadiri acara tersebut.

“Kami berharap SCE bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas produk UMKM [usaha mikro, kecil, dan menengah]. Apalagi akhir tahun sudah memasuki MEA [Masyarakat Ekonomi ASEAN] sehingga diharapkan daya saing pelaku usaha lokal terus meningkat,” ujar Farid saat ditemui wartawan disela acara peluncuran SCE 2015 di Adhiwangsa Hotel & Convention Hall, Kamis (13/8/2015) malam.

Dia mengatakan akan ada sekitar 150 UMKM yang mengikuti acara tersebut. Kegiatan ini pun diikuti UMKM binaan beberapa kementerian mengingat acara ini sudah diikutsertakan ke dalam agenda kementerian.

“Pada acara tersebut juga akan ditampilkan potensi pariwisata. Buyer juga akan diajak untuk mengunjungi langsung sentra industri yang ada di Karanganyar,” kata dia.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan kegiatan tersebut sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait sejak tahun lalu.

Pihaknya berharap kegiatan ini bisa diikuti sekitar 1.000 UMKM sehingga ekonomi di Karanganyar akan menggeliat dan berkelanjutan. Juliyatmono juga akan mendorong masyarakat untuk menciptakan pasar dengan membuat produk baru.

“Diharapkan SCE bisa menjadi peluang untuk membuka pasar baru dengan menonjolkan produk pertanian dan kreatif lainnya,” ujarnya.

Dia menyampaikan dana senilai Rp800 juta telah disiapkan untuk kegiatan yang rencananya diadakan pada pertengahan November, yakni 12-15 November 2015 dan meramaikan ulang tahun Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya