Solopos Virtual Talkshow: Siap dengan Perubahan, Tiki Kian Banyak Beri Layanan Digital

Tiki juga memberikan layanan jemput online (Jempol), di mana Tiki akan menjemput barang ke rumah dan kemudian mengantarkannya ke tempat tujuan.

 
Tangkapan layar Solopos Virtual Talkshow: Berani Berubah Berdigital, Kamis (23/9/2021) yang disiarkan melalui media sosial Solopos. (Akhmad Ludiyanto/Solopos)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar Solopos Virtual Talkshow: Berani Berubah Berdigital, Kamis (23/9/2021) yang disiarkan melalui media sosial Solopos. (Akhmad Ludiyanto/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Teknologi digital yang sudah berkembang di masyarakat sejak beberapa tahun lalu diyakini akan mengubah tatanan pada masyarakat di masa depan. Namun tiba-tiba muncul pandemi Covid-19 yang dimulai 2020.

Kondisi ini memaksa masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah dan harus beradaptasi dengan dunia digital, misalnya sekolah dari rumah, bekerja dari rumah, dan berbelanja dari rumah. Semua itu memanfaatkan teknologi digital.

Membicarakan perubahan ini, Solopos yang didukung oleh Tiki, perusahaan jasa pengiriman, mengadakan Solopos Virtual Talkshow: Berani Berubah Berdigital, Kamis (23/9/2021) yang disiarkan melalui media sosial Solopos.

Talkshow dalam rangka HUT ke-51 Tiki ini menghadirkan Marketing Executive Tiki Solo, Cahyo Asmoro, General Manager Logistic Sritex Logistic, Arif Sanjaya, pemilik Bikhoir Group, Didit Ardiyanto, Founder Batik Jumputan Inten, Intani Asih Wonodewi, dan Digital Marketing Anthusiast, Bella Zadithya. Talkshow dipandu Redaktur Pelaksana Solopos.com, Danang Nur Ihsan.

Baca Juga: Kuliah Perdana ITNY : Generasi Z Harus Bisa Berkompetisi dalam Perkembangan Teknologi

Menjemput Barang ke Rumah

Dalam kesempatan itu, Cahyo Asmoro mengatakan Tiki sudah selalu siap dengan perubahan-perubahan, termasuk di era teknologi digital saat ini. Kebutuhan masyarakat pun dipenuhi dengan berbagai layanan baru. “Dengan adanya kegiatan masyarakat yang kini banyak dilakukan dari rumah, mereka menggunakan teknologi untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya untuk berbelanja. Kami pun hadir antara lain dengan aplikasi Tiki App yang berisi beragam layanan yang bisa diakses melalui ponsel dari rumah,” ujarnya.

Cahyo menambahkan, selain ada aplikasinya, Tiki juga memberikan layanan jemput online (Jempol), di mana Tiki akan menjemput barang ke rumah dan kemudian mengantarkannya ke tempat tujuan. Sehingga pelanggan tak perlu lagi datang ke kantor Tiki untuk membawa barang yang akan dikirimkan.

Bahkan, kini Tiki mulai merambah jasa pengantaran makanan dengan layanan Jemput Antar (Putar). Layanan ini sudah ada di Solo dan melayani area Solobaru, Colomadu, dan Kartasura. “Tarif flat 14.000 per kilogram dengan estimasi waktu tiba 3 jam,” imbuhnya.

Di sisi lain, Tiki juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pelayanan jasa pengiriman, salah satunya melalui acara talkshow Solopos ini dan pelatihan-pelatihan bagi pelaku UMKM.

Baca Juga: Harga BBM di Indonesia Paling Murah Se-Asia Tenggara? Cek Perbandingannya

Sementara itu, Arif Sanjaya dari Sritex Logistic mengatakan digitalisasi bisnis sudah menjadi keharusan. Menurutnya, Toko Sritex yang ia dirikan merupakan salah satu jawaban atas kebutuhan masyarakat saat ini. “Toko Sritex dibuat agar masyarakat bisa mengakses produk Sritex dalam jumlah kecil. Dan karena kami sudah punya tim IT, punya bisnis logistik, maka kami create bisnis ini dalam dua pekan dan berjalan sampai sekarang,” ujarnya.

Sedangkan Intan dari Batik Jumputan Inten mengatakan dirinya memulai penjualan 2014 dengan konsep penjualan digital/online. “Penjualan online untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan luar Solo untuk beli batik di Solo. Jasa logistik berperan penting, karena ketepatan waktu pengantaran, jaringan distribusi luas, harga kompetitif sangat mempengaruhi keputusan customer,” ujarnya.

Sementara itu, Didit Ardiyanto dari Bikhoir Group mengatakan pengguna jasa e-commerce semakin bertambah dan Tiki sangat berperan di dalam bisnisnya. “Tiki berperan dalam bisnis kami yang tadinya konvensional sekarang beralih digital. Sangat membantu saya dalam suport pengiriman,” ujarnya.

Sedangkan Digital Marketing Enthusiast, Bella Zadithya antara lain memaparkan tentang peran jasa pengiriman dan tips-tips dalam bisnis online.
“Mengetahui profiling pasar sangat penting bagi UMKM untuk membidik calon pelanggan. Misalnya dengan menilik respons iklan yang dipasang di beberapa media sosial,” ujarnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

EMI Bergabung, PLN Targetkan Dekarbonisasi 117 Juta Ton CO2 hingga 2025

Usai bergabung dengan PLN, pendapatan EMI ditargetkan mencapai lebih dari Rp8 triliun pada 2025.

Tingkat Kepuasan Tamu Best Western Premier Solo Baru Terbaik di Asia

Best Western Premier Solo Baru menerapkan prokes ketat, vaksinasi lengkap seluruh karyawan, serta adanya aplikasi PeduliLindungi yang sekarang menjadi syarat wajib untuk memasuki hotel.

Ekspedisi Energi 2021 Berikan 9 Rekomendasi Ini untuk Pemerintah

Bila berbicara ekonomi, dua hal utamanya yaitu pangan dan energi dan ekspedisi dilakukan untuk memotret peta energi di Jateng.

Kemenkeu Beri Keringanan Utang 1.292 Debitur Kecil Senilai Rp20,48 M

Kemenkeu memberikan keringanan utang kepada 1.292 debitur kecil senilai Rp20,48 miliar dengan nilai outstanding sebesar Rp80,42 miliar per 15 Oktober 2021.

Inilah Capaian Pemerintah dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Saat Pandemi

Terkait program pemulihan ekonomi nasional, Airlangga menjabarkan per 15 Oktober 2021 anggaran PEN telah terealisasi sebesar Rp428,21 triliun atau 57,5 persen dari pagu Rp744,77 triliun. 

Insan Perhotelan Suarakan Aspirasi Soal CHSE kepada Pemprov Jateng

Kali ini sertifikasi CHSE tidak lagi difasilitasi pemerintah, sehingga masing-masing hotel harus mengupayakan secara mandiri dan berbiaya.

Sambut Investasi, Keandalan Listrik di Papua Terus Berlanjut Pasca PON

Berakhirnya PON XX Papua bukan berarti pembangunan selesai. PLN Berkomitmen untuk terus meningkatkan keandalan suplai listrik Tanah Papua.

Astra Life Luncurkan Kampanye #BetterSandwichGen

BPS menyebutkan bahwa 78.27% sumber pembiayaan rumah tangga lansia ditopang oleh anggota rumah tangga yang bekerja.

Naik Lagi Nih! Simak Harga Emas Pegadaian, Jumat 22 Oktober 2021 

Harga emas hari ini di Pegadaian, Jumat (22/10/2021) untuk logam mulia Antam ukuran 2 gram mencapai Rp1.853.000.

Banting Setir, Atlet Bulutangkis Ini jadi Pengusaha Warung Gongso Solo

Warung Gongso merupakan usaha yang ide Dhaka Yudha Sakti datang dari kegemaran keluarga terhadap resep menu makanan yang dimasak dengan cara digongso.

Krisis Energi Melanda Dunia, Ini Pengaruhnya untuk Indonesia

Tingginya permintaan energi seiring dengan pemulihan ekonomi tapi tak dibarengi dengan ketersediaan pasokan memadai, membuat harga gas alam dan batu bara melonjak.

Dipesan Tamu World Superbike, Hotel di Mataram Hampir Fully Booked

sejumlah hotel di Mataram sudah menerima reservasi atau pesanan kamar dari tamu kegiatan World Superbike (WSBK) yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, 19-21 November 2021.

Pertashop Dorong Bangkitnya Ekonomi di Tengah Pandemi

Pertashop Pertamina diharapkan bisa jadi upaya mendorong pemerataan akses energi dengan tujuan membangkitkan kembali ekonomi di tengah pandemi.

Dukung Percepatan Digitalisasi Daerah, Grab & OVO Rilis Patriot di Solo

Program Akselerasi Transaksi Online Pemerintah (Patriot) diresmikan di Solo, Kamis (21/10/2021). Patriot merupakan program yang diluncurkan Grab bekerja sama dengan OVO.

Jumlah Wisatawan Meningkat, Pemkot Jogja Batasi Pengunjung

Pada PPKM Level 2 di DIY, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengantisipasi kemungkinan meningkatkan jumlah wisatawan.

Aturan Baru: Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Naik Pesawat dan Kereta

Anak usia di bawah 12 tahun bisa diajak naik pesawat hingga kereta api antarkota namun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.