Solopos Terima Dana Bantuan Google News Initiative
Google News Initiative (google.com)

Solopos.com, SOLO – Solopos menjadi salah satu dari 5.300 media di dunia yang menerima dana bantuan dari Google News Initiative (GNI) lewat program Journalism Emergency Relief (JER) Fund.

GNI JERFund merupakan dana bantuan masa pandemi Covid-19 untuk media-media di seluruh dunia. Pengumuman penerima dana ini dilakukan Jumat (29/5) lalu. Solopos mendapatkan dana bantuan sebesar US$12.500.

Dana ini diberikan berdasarkan review atau penilaian atas proposal yang diajukan ke GNI. “Dana ini sangat berarti untuk kami memproduksi jurnalisme berkualitas. Kami mengajukan proposal berupa program pemberitaan tentang Covid-19 yang didistribusikan lewat media cetak, online, dan Instagram,” jelas Pemimpin Redaksi Solopos, Rini Yustiningsih, Selasa (30/6).

Ditambahkan Manajer Solopos Institute, Sholahudin, di masa pandemi Covid-19 kebutuhan informasi masyarakat ternyata meningkat. Di sisi lain, keselamatan jurnalis juga menjadi hal utama. “Jurnalis harus melakukan protokol kesehatan tanpa mengurangi kualitas berita yang diproduksi. Berita seputar Covid-19 akan kami hadirkan dengan kredibel,” ujarnya.

Ada lebih dari 12.000 proposal yang diajukan media lebih dari 100 negara sejak program ini dibuka pada April 2020. Head of Google News Initiative Innovation, Ludovic Blecher, menyebut  90 persen media yang mengajuakan mempekerjakan kurang dari 26 jurnalis.

Review yang dilakukan meliputi wilayah kerja media atau media yang beroperasi lokal, menyasar kelompok geografis tertentu. Yang penting lainnya, media tersebut berkomitmen meneruskan kerja jurnalistik lewat program pendanaan ini.

Review tersebut menerjunkan 300 karyawan Google. Disebutkan dia, lebih dari separuh proposal yang masuk tidak memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan. Seperti perusahaan memperkerjakan jurnalis kurang dari dua orang, di samping itu berita yang diproduksi hanya untuk segmen tertentu saja.

Amerika Utara dari 3.050 pendaftar jumlah penerima 1.800 media, Eropa, Timur Tengah dan Afrika dari total 4.700 pengajuan yang diterima 1.550 media, Amerika Latin dari 2.350 pengajukan, lebih dari 1.050 media penerima bantuan, Asia-Pasifik termasuk Indonesia ada 800 media penerima dari 2.000 lebih pendaftar. Besaran dana yang dikucurkan bervariasi mulai US$5.000 hingga US$30.000 tergantung penilaian kebutuhan, skala dan rencana program media tersebut.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho