Solopos Raih Penghargaan KPU Solo Kategori Pendidikan Pemilih Pilkada 2020
Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, menyerahkan piagam penghargaan kategori pendidikan pemilih kepada Redaktur Solopos, Ahmad Mufid Aryono, di Adhiwangsa Hotel dan Convention Solo, Selasa (16/2/2021) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Harian Umum Solopos meraih penghargaan kategori pendidikan pemilih dalam Pilkada Solo 2020 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo.

Piagam penghargaan diserahkan Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, kepada redaktur Solopos, Ahmad Mufid Aryono, di Atma Mini Ballroom Adhiwangsa Hotel dan Convention Solo, Selasa (16/2/2021) siang. Selain Solopos, KPU Solo juga memberikan penghargaan kepada beberapa media massa yang selama ini aktif memberitakan tahapan dan dinamika Pilkada 2020. Nurul mengatakan pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada media Solo.

Sebab keberadaan dan peran media massa dalam memberitakan Pilkada 2020 sangat membantu tugas-tugas KPU Solo. Salah satunya dalam memberikan pendidikan kepada calon pemilih tentang tahapan, paslon, serta serba serbi pesta demokrasi 2020.

Baca juga: Pendapatan Retribusi Pasar Rp13,7 Miliar, Pemkot Solo Tambah Layanan Transaksi

Tidak terkecuali tentang penerapan protokol kesehatan (prokes) di setiap tahapan pilkada agar masyarakat tidak merasa takut untuk mencoblos. Sebab Pilkada 2020 berlangsung di masa pandemi Covid-19. Apalagi kekhawatiran tentang tingkat partisipasi yang sangat rendah sempat membayangi pelaksanaan pilkada serentak ini. “Pemberitaan dari media massa menjadi bentuk sosialisasi tahapan Pilkada 2020 yang sangat membantu tugas-tugas kami,” ujar dia.

Tak Capai Target

Walau pada akhirnya tingkat partisipasi pemilih Pilkada Solo 2020 tidak mencapai target 77,5%, namun menurut Nurul masih di angka yang tidak mengecewakan. Sebab tingkat partisipasi pemilih di masa pandemi global Covid-19 di angka 70,52%.

Lebih dari itu, menurut Nurul, penyelenggaraan Pilkada 2020 terbilang aman karena tidak muncul klaster Covid-19. Capaian tersebut salah satunya karena pemberitaan yang gencar dari media massa agar peserta pilkada dan para pemilih menerapkan prokes.

Baca juga: Perhatikan! Ini Alur dan Syarat Tes GeNose di Stasiun Solo Balapan

Dalam kesempatan yang sama KPU Solo juga memberikan penghargaan kepada KPPS di TPS 110 Mojosongo, Jebres. Ini karena tingkat partisipasi pemilih di TPS itu menjadi yang tertinggi dari total 1.231 TPS, yaitu 91,21 persen. Jumlah calon pemilih di TPS itu ada 387 orang.

Penghargaan juga diberikan kepada KPPS di TPS 039 Kelurahan/Kecamatan Banjarsari dan KPPS di TPS 014 Jajar, Laweyan. Mereka tampil all out saat pemungutan suara Pilkada 2020 dengan memakai seragam khusus dan unik.



Berita Terkini Lainnya








Kolom