SOLOPOS.COM - Festival Ayo Membaca (FAM) 2020

Solopos.com, SOLO -- Solopos Group kembali menghadirkan ajang unjuk kebolehan pelajar Indonesia melalui kegiatan Festival Ayo Membaca (FAM) 2020. Berbeda dibandingkan FAM tahun-tahun sebelumnya, kegiatan yang bakal berlangsung 5 Januari hingga 3 Februari 2021 ini tampil full virtual.

Hal yang membedakan lainnya adalah ada tiga lomba yang saling terkait. Lomba utama FAM 2020 adalah Lomba Cerdas Cermat (LCC) virtual. Pelajar SMA/SMK dan sederajat di seluruh Indonesia bisa mengikuti LCC virtual dengan mendaftar terlebih dahulu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

LCC virtual didukung dua lomba lainnya, yakni lomba menulis artikel dan lomba video kampanye sesuai tema yang ditentukan panitia. Tema FAM 2020 yang didukung penuh Bank Indonesia (BI) Solo dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo ini adalah “Ekonomi dan Keuangan Digital Menuju Indonesia Maju”.

Cerita Ketua Bawaslu Sragen Awasi Coblosan Pasien Covid-19: Tidak Asal Pakai APD

Ketua Panitia Festival Ayo Membaca 2020, Danang Nur Ihsan, mengatakan di tengah pandemi Covid-19, FAM 2020 tampil beda dengan sentuhan teknologi. FAM akan digelar secara virtual dan ditayangkan live di media sosial Solopos Group.

“Secara umum hanya ada satu lomba yaitu Lomba Cerdas Cermat atau LCC virtual. Namun, untuk mengikuti LCC virtual, peserta harus ikut dulu lomba menulis artikel dan membuat video kampanye sesuai tema. Saat ini kami sudah membuka pendaftaran sampai 4 Januari 2021. Setelah 5 Januari 2021, tahapan lomba akan dimulai,” jelas Danang kepada Solopos.com, Jumat (11/12/2020).

Dia menjelaskan peserta LCC virtual adalah pelajar SMA/SMK sederajat se-Indonesia. Satu tim peserta lomba terdiri atas dua orang. Satu tim harus mewakili satu sekolah, artinya tidak diperkenankan ada lebih dari satu tim dari sekolah yang sama.

Saat Solo Menutup Diri dari Kunjungan Wisatawan Luar Kota, Jogja Justru Beri Karpet Merah

Link Pendaftaran

Peserta Festival Ayo Membaca bisa mendaftar dengan mengirimkan formulir ke alamat email panitia atau melalui nomor WhatsApp yang bisa disimak detailnya di link festivalayomembaca.solopos.com.

Setelah mendaftar semua peserta akan diundang mengikuti technical meeting yang direncanakan digelar pada 5 Januari 2020 melalui Zoom. Berikutnya adalah waktu berkompetisi.

“Peserta harus mengirim artikel maksimal 12 Januari 2021. Semua artikel kiriman peserta akan ditayangkan serentak di Solopos.com untuk dipersaingkan sebagai artikel terfavorit. Tentunya ada hadiah uang tunai yang kami sediakan bagi artikel favorit disamping hadiah untuk pemenang LCC virtual,” jelas dia.

Dorong Edukasi Daur Ulang Sampah, Tetra Pak Buka Booth di Taman Pintar Yogyakarta

Selain artikel, peserta Festival Ayo Membaca juga ditantang membuat video kampanye sesuai tema. Waktu menggunggah video adalah 6-30 Januari 2021 di Instagram peserta yang sudah didaftarkan ke panitia. Untuk lomba ini, juga tersedia hadiah uang tunai bagi video kampanye terfavorit.

Danang menambahkan LCC virtual Festival Ayo Membaca rencananya digelar pada 27 Januari-2 Februari 2021. Lomba ini digelar virtual dan ditayangkan live melalui akun Facebook Solopos.com, Instagram @koransolopos, dan Youtube SoloposTV.

“Peserta LCC bergabung lewat Zoom untuk mengikuti lomba. Kami menyiapkan strategi untuk mencegah peserta curang. Jadi kami harap lomba yang akan mengasah pengetahuan dan kreativitas pelajar Indonesia ini akan menghasilkan para jawara yang dijamin keren,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya