Tutup Iklan

Solopos Institute, Gumun, dan Balai Bahasa Luncurkan Program Menulis 1.000 Esai

Program Menulis 1.000 Esai terbuka untuk seluruh guru di Indonesia yang tergabung di Gumun.

 Tangkapan Layar saat Direktur PT Aksara Solopos Suwarmin membuka acara workshop, Senin (21/12/2020). (Solopos.com/Sholahuddin)

SOLOPOS.COM - Tangkapan Layar saat Direktur PT Aksara Solopos Suwarmin membuka acara workshop, Senin (21/12/2020). (Solopos.com/Sholahuddin)

Solopos.com, SOLO -- Solopos Institute bersama Guru Mengajar untuk Nusantara (Gumun) serta Balai Bahasa Jawa Tengah (BBJT) belum lama ini meluncurkan program Menulis 1.000 Esai. Program tersebut diperuntukkan bagi para guru yang tergabung di Gumun di seluruh penjuru Tanah Air.

Ketua Panitia Menulis 1.000 Esai, Arrie Widhayani, menjelaskan program ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru melalui publikasi ilmiah. “Selain itu juga untuk mengimplementasikan praktik pemanfaatan teknologi informasi komunikasi guna mengembangkan profesi guru di masa Pandemi Covid-19 ini,” ujarnya kepada Solopos.com, Kamis (31/12/2020).

Program Menulis 1.000 Esai ini diawali dengan workshop penulisan esai secara daring pada 21-22 Desember lalu. Workshop yang digelar Lembaga pelatihan jurnalistik di Solopos Group, Solopos Institute, ini diikuti oleh 909 pendaftar, khususnya dari kalangan guru. Workshop dibuka oleh Kepala BBJT Jawa Tengah Ganjar Harimansyah, Direktur PT Aksara Solopos Suwarmin, serta Ketua Gumun Sri Wahono.

Solopos Institute Menguji Kompetensi Wartawan NTB

Pada workshop tersebut peserta mendapatkan materi terkait penulisaan esai. Antara lain Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Esai yang disampaikan oleh Ganjar Harimansyah, Pengenalan Esai dalam Media Massa oleh Tirto Suwondho dari Balai Bahasa Yogyakarta, serta Teknik Penulisan Esai dan Tips Lolos Publikasi di Media Massa disampaikan oleh Redaktur Opini Solopos, Ichwan Prasetyo.

Usai mendapatkan materi, guru wajib menulis esai. Esai-esai karya para guru ini akan diterbitkan dalam buku antologi esai. “Alhamdulillah sampai hari ini sudah 50 persen peserta yang mengirimkan esainya,” jelas Arrie.

Dalam proses penulisan esai para guru didampingi oleh para instruktur. Para instruktur ini akan menilai dan sekaligus memutuskan kelulusan dalam program ini. Esai yang memenuhi kriteria yang ditetapkan akan dibukukan oleh penerbit ber-ISBN. Tiga karya esai terbaik peserta akan dimuat di Harian Solopos.

Solopos Institute: Ruang Publik Perlu Narasi Keberagaman

Peningkatan Literasi

Direktur PT Aksara Solopos, Suwarmin, menyambut baik program ini. Selama ini Solopos Institute sering berkolaborasi dengan dunia pendidikan untuk peningkatan literasi baik untuk guru maupun siswa. Dia berharap kerja sama yang baik ini akan terus berlangsung untuk program-program yang lain. Baik Gumun, Balai Bahasa Jawa Tengah maupun Solopos Institute, ujarnya, punya komitmen yang sama untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam dunia penulisan.

Saat memberi sambutan, Kepala BBJT Ganjar Harimansyah banyak memotivasi guru untuk terus menulis karena menulis sangat penting bagi kehidupan. Ganjar mengutip beberapa pendapat ahli tentang mulianya menjadi seorang penulis. “Kita tidak perlu menunggu inspirasi itu, kita sendirilah yang menciptakannya,” ujarnya mengutip kata-kata Stephen King, seorang penulis kontemporer asal Amerika Serikat.

Sedangkan Ketua Gumun, Sri Wahono, berharap workshop penulisan 1.000 esai ini dapat meningkatkan profesionalisme para pendidik dalam dunia penulisan.

Solopos Institute Luncurkan Program Literasi Keberagaman untuk Sekolah

Arrie menyampaikan terima kasih kepada Solopos Institute yang mau bergabung dalam program ini. “Alhamdulillah. Masya Allah ilmu dan pengetahuan baru bagi kami yang sangat bermanfaat. Terima kasih Solopos,” katanya.


Berita Terkait

Berita Terkini

UMK Wonogiri Naik 0,07%, SPSI: Harusnya Lebih dari Inflasi 1%

UMK Wonogiri naik sekitar 0,07% disbanding tahun lalu.

Masalah Adminduk Persulit Advokasi Orang dengan HIV/AIDS di Wonogiri

Masalah administrasi kependudukan mempersulit Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Wonogiri untuk mengadvokasi orang dengan HIV/AIDS.

Sukses di Bendosari, Bazar Tani Ditiru 11 Kecamatan Lain Se-Sukoharjo

Kecamatan Bendosari dianggap sukses menggelar bazar tani sehingga Distankan Sukoharjo meminta semua kecamatan mengadakan kegiatan serupa.

Naik Kelas Tipe C, RS Waras Wiris Andong Boyolali Berbenah

Saat ini, RS memiliki kapasitas 101 tempat tidur, fasilitas CT Scan 128 slide, rontgen panoramic hingga USG 4 Dimensi.

Jalan Setapak ke Situs Watu Genuk Kragilan Boyolali bakal Dicor

Hasil ekskavasi yang digelar Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah lalu membikin peluang pengembangan kawasan wisata di sana makin terbuka.

Makin Wah, Tirto Mili Klaten bakal Dilengkapi Embung dan Pulau Buatan

Pemancingan Tirto Mili di Desa Pasung, Wedi, Klaten, bakal ditingkatkan dengan membangun embung dilengkapi pulau buatan.

KSP Sejahtera Bersama Solo Bermasalah, Anggota Minta Atensi Pemerintah

Pemerintah diharapkan bisa hadir dan membantu memberikan solusi atas kasus gagal bayar koperasi simpan pinjam seperti yang terjadi di KSP Sejahtera Bersama Solo.

Optimalkan Pajak Galian C, Pemkab Klaten Gandeng Desa di Lereng Merapi

Bupati Klaten Sri Mulyani berharap warga ikut membantu mengendalikan aktivitas pertambangan galian C.

Umur Kurang 1 Bulan, Perempuan Menangis Gagal Daftar Perdes Wonogiri 

Seorang perempuan warga Pokoh Kidul sampai menangis tidak bisa mendaftar perangkat desa sebab umurnya kurang satu bulan.

Pasar Legi Solo Segera Ditempati, Gibran: Aturannya bakal Lebih Ketat!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan membuat aturan baru yang lebih ketat di Pasar Legi untuk mencegah terulangnya kebakaran pada 2018 lalu.

Pakar Pengupahan UNS Solo: Penetapan UMK 2022 Untungkan Pengusaha

Pakar pengupahan yang juga akademisi UNS Solo menilai penetapan UMK 2022 yang berdasarkan PP No 36 lebih berpihak pada kalangan pengusaha ketimbang pekerja.

Ini Poin-Poin SE Wali Kota Solo Terkait Pengetatan Jelang Libur Nataru

SE Wali Kota Solo tentang PPKM yang terbit pada Selasa (30/11/2021) mengatur sejumlah pengetatan aktivitas masyarakat sebagai antisipasi libur Nataru.

Pelaku Begal Payudara di Klaten Ditangkap, Mengaku Beraksi 10 Kali

Pelaku berinisial F, 31, warga Kecamatan Klaten Tengah, ditangkap di rumahnya, Selasa (30/11/2021) pagi.

Keseruan Berebut Ayam dalam Tradisi Mondosio Pancot Tawangmangu

Pelepasan ayam menjadi ciri khas yang hanya ada dalam tradisi Mondosio yang digelar di Dusun Pancot, Kelurahan Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar.

PLN bakal Bangun Stasiun Pengisi Daya Kendaraan Listrik di Solo Baru

PLN menargetkan ekosistem kendaraan listrik di Soloraya terbentuk pada 2026, salah satu upayanya dengan membangun stasiun pengisi daya di Solo Baru, Sukoharjo.